10 Fakta Unik Tentang Tubuh Manusia yang Jarang Diketahui

0
366

Tubuh manusia terdiri dari sel, jaringan, organ, dan sistem yang kompleks. Tak mengherankan jika bagian dan fungsi tubuh yang kita gunakan setiap hari ternyata memiliki fakta dan penjelasan yang tidak terduga.

Anatomi dan kemampuan khusus manusia, seperti otak besar dan ibu jari yang berlawanan, berperan penting dalam perkembangan di dunia ini. Nah Ini dia 10 Fakta Unik Tentang Tubuh Manusia yang jarang diketahui.

1 liter air liur dihasilkan setiap hari

gambar istimewa

Air liur membantu tubuh untuk menikmati rasa dalam makanan dengan membantu memecah makanan menjadi potongan kecil. Ini juga membantu menumbuk dan mencampur makanan, sehingga lebih mudah untuk ditelan dan dicerna. Taukah kamu berapa banyak tubuh kita memproduksi air liur?

Menurut Journal of Medicine and Life edisi Juli-September 2009 kita memproduksi air liur secara normal bervariasi antara 0,5 hingga 1,5 liter setiap harinya. Itu sama saja setara dengan 8 gelas air.

Mata berkedip sekitar 20 kali per menit

gambar istimewa

Berkedip membantu mata agar tetap sehat dengan menjaganya tetap teroksigenasi, lembab, serta membersihkan kotoran. Pernah kah kamu menghitungi berapa kali mata kita berkedip? Mengutip Healthline, rata-rata orang berkedip sebanyak 15 sampai 20 kali per menit loh.

Otot jantung tidak pernah lelah

gambar istimewa

manusia mempunya banyak sekali otot pada tubuhnya, dari otot tangan, kaki dan lain lainya. Otot otot tersebut pastinya akan merasakan kelelahan bila di gunakan secara berlebihan, tetapi ada otot di dalam tubuh manusia yang tidak pernah merasakan lelah. Taukah kamu otot apakah itu?

Benar sekali, yaitu otot jantung. Menurut BBC Science Focus Magazine, otot jantung terdiri dari sel-sel khusus yang disebut kardiomiosit. Tidak seperti sel otot lain dalam tubuh, kardiomiosit tidak pernah lelah. Otot jantung menahan kelelahan dengan sangat baik karena memiliki banyak mitokondria sebagai penghasil energi.

Kulit adalah organ tubuh terbesar

gambar istimewa

Manusia memiliki banyak sekali organ tubuh, tapi apakah kamu tahu organ manusia apa yang paling besar? Jawabanya adalah kulit, Jika di rentangkan, Kulit memiliki luas total sekitar 1,8 meter persegi. Wow cukup besar ya!

Tubuh membuat lebih dari 3,8 juta sel baru setiap detik

gambar istimewa

Setiap manusia memiliki berjuta juta sel dalam tubuhnya. Dilansir dari penelitian Nature Medicine menunjukkan bahwa lebih dari 3,8 juta sel baru dibuat oleh tubuh setiap detiknya. Sebagian besar sel tersebut adalah sel darah dan sel-sel di usus. Bila di hitung dalam satu hari sudah berpuluh juta sel di tubuh kita terbentuk, Sangat banyak bukan?

Otak dan jantung terdiri dari 73% air

gambar istimewa

Pada orang dewasa tubuh manusia membutuhkan 230 ml per hari atau total 2 liter air. Nah terdapat organ pada manusia yang membutuhkan air yang cukup besar yaitu otak dan jantung. Apa ya alasannya?

Menurut Journal of Biological Chemistry, otak dan jantung terdiri dari 73% air. Air membantu sel-sel otak berkomunikasi satu sama lain, membersihkan racun, dan membawa nutrisi. Air juga penting untuk kesehatan jantung agar dapat melakukan tugasnya dan lebih mudah memompa darah.

Telinga dan hidung selalu memanjang

gambar istimewa

Tubuh manusia mengalami puncak pertumbuhan rata rata pada umur 14-19 tahun. Nah taukah kamu mana bagian di tubuh kita yang terus bertumbuh tanpa batasan usia?

Melansir Discovery, telinga dan hidung selalu memanjang. Hal itu bukan disebabkan oleh pertumbuhan, melainkan karena gravitasi. Seiring bertambahnya usia, gravitasi menyebabkan tulang rawan di telinga dan hidung rusak dan berakibat memanjang. Penelitian memperkirakan bahwa telinga kita memanjang sebesar 0,22 milimeter per tahunnya.

Panjang pembuluh darah 2x lipat keliling bumi

gambar istimewa

Meskipun pembuluh darah relatif kecil, jaringannya luar biasa panjang. Faktanya, jika seluruh pembuluh darah dalam tubuh diletakkan dalam satu garis, panjangnya mencapai sekitar 96.500 kilometer atau 60.000 mil. Mengingat keliling Bumi adalah 40.070 kilometer, itu berarti pembuluh darah di tubuh setara dengan lebih dari dua kali keliling bumi.

Berat otak manusia 1.400 gram

gambar istimewa

Tanpa kita sadari, otak ternyata memiliki berat yang signifikan. rata-rata otak manusia dewasa memiliki berat 1.300 hingga 1.400 gram. Sedangkan, panjang otak rata-rata sekitar 15 sentimeter.

Pria cenderung memiliki otak yang lebih besar daripada wanita. Sedangkan pada wanita, bagian lobus frontal dan korteks limbik yang terkait dengan pemecahan masalah dan regulasi emosi malah cenderung lebih besar daripada pria.

Sekitar 50 hingga 100 helai rambut rontok setiap harinya

gambar istimewa

Menurut American Academy of Dermatology Association melaporkan, sekitar 50 hingga 100 helai rambut rontok setiap harinya. Rambut rontok merupakan bagian dari siklus pembaruan alami tubuh. Siklus ini berulang selama folikel rambut tetap aktif dan terus menghasilkan rambut baru.

Nah itulah 10 fakta untk tentang tubuh manusia yang jarang kita ketahui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!