25 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

Apakah Minum Kopi Bisa Menyebabkan Darah Tinggi atau Hipertensi?

Salah satu kekhawatiran penderita hipertensi adalah, apakah minum kopi bisa menyebabkan tekanan darah tinggi? Kekhawatiran ini beralasan. Pasalnya, kopi mengandung kafein yang selama ini dikenal sebagai zat stimulan. Tak pelak, sebagian orang jadi berdebar-debar sampai lebih konsentrasi ketika baru minum kopi. Simak penjelasan efek minum kopi pada tekanan darah berikut.

Apakah minum kopi bisa menyebabkan darah tinggi?

kopi

Efek minum kopi bisa menyebabkan darah tinggi atau tidak sangat tergantung kebiasaan seseorang mengonsumsi kafein dan banyaknya kafein yang dikonsumsi. Dilansir dari MayoClinic, minum kopi atau asupan berkafein lainnya memang bisa meningkatkan tekanan darah sementara.

Ada ahli lain yang beranggapan efek minum kopi membuat kelenjar adrenal melepaskan hormon adrenalin lebih banyak ke tubuh, sehingga tekanan darah naik dalam waktu tiga jam selang mengonsumsi asupan ini.

Tapi, efek ini tidak berlaku bagi beberapa orang yang terbiasa atau rutin minum kopi dan asupan berkafein seperti teh, cokelat, dll. Mereka cenderung bisa menoleransi efek kafein di dalam tubuh, sehingga minum kopi tidak bisa menyebabkan penyakit darah tinggi bagi kelompok ini. Selain itu, minum kopi baru bisa menyebabkan darah tinggi atau hipertensi apabila porsinya berlebihan.

Lantas, bolehkah penderita darah tinggi minum kopi?

kopi

Penderita darah tinggi atau hipertensi bisa atau boleh minum kopi, asalkan tidak berlebihan. Bagi penderita hipertensi atau penyakit darah tinggi, ada baiknya asupan kafein dibatasi maksimal 200 miligram, atau setara dua cangkir kecil, atau 237 mililiter per hari. Bagi orang tanpa hipertensi atau darah tinggi, Anda boleh minum kopi tapi sebaiknya tak lebih dari tiga cangkir atau 400 miligram kafein per hari.

Jika Anda khawatir apakah minum kopi bisa menyebabkan darah tinggi atau tidak, coba pantau tekanan darah sebelum dan 30 menit sampai 120 menit sesudah minum asupan berkafein ini. Jika tekanan darah naik antara lima sampai 10 poin, ada kemungkinan Anda sensitif terhadap kafein dan membatasi konsumsi asupan ini. Bila perlu, konsultasikan ke dokter takaran dosis kafein yang aman sesuai kondisi tekanan darah Anda.

Baca Juga :  INILAH 5 MAKAN YANG DAPAT MEMICU JERAWAT PUNGGUNG

Kopi dan efeknya pada penderita hipertensi

kopi

Menjaga tekanan darah normal bisa dilakukan dengan berhenti merokok, cukup tidur, rajin olahraga, dan memperhatikan pilihan makanan dan minuman. Salah satu konsumsi yang menjadi perhatian adalah kopi. Menurut situs Mayo Clinic , kopi yang mengandung kafein dapat meningkatkan tekanan darah cukup dalam waktu singkat. Efek ini juga dapat terjadi pada orang yang bebas hipertensi.

Tips aman minum kopi jika punya hipertensi

kopi

Langkah aman adalah konsultasikan hal ini terlebih dahulu dengan dokter Anda, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kebanyakan orang aman mengonsumsi 400 miligram kafein per hari.

Bagi Anda yang memiliki hipertensi, asupan kopi perlu dikurangi menjadi 200 mg per hari atau sekitar 1 hingga 2 cangkir kopi. Perlu Anda ingat bahwa setiap jenis kopi mengandung jumlah kafein yang berbeda-beda. Secangkir kopi seduh mengadung 96 mg kafein, espresso mengandung 64 mg kafein, dan kopi instan mengandung 62 mg kafein.

Hindari minum kopi di malam hari karena bisa membuat Anda susah tidur. Akibatnya, Anda bisa kekurangan tidur keesokkan harinya dan tekanan darah bisa melonjak naik. Jangan pula minum kopi dekat dengan waktu minum obat darah tinggi atau ketika Anda akan melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan tekanan darah secara alami, seperti olahraga.

Sebaiknya jika anda sensitif dengan kafein anda bisa mengurangi mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, agar tidak menyebabkan hipertensi.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles