25.6 C
Jakarta
Friday, April 12, 2024

Cara Menyimpan Obat Tetes Mata agar Efektivitasnya Tidak Berkurang

Obat tetes mata biasanya digunakan untuk meredakan iritasi ringan pada mata. Sebut saja beberapa keluhan seperti mata kering, kemerahan, gatal akibat alergi, udara, debu, polusi hingga mata memerah terkena paparan cahaya biru dari gadget. Barangkali ada beberapa orang yang merasa wajib memiliki persediaan obat tetes mata baik di rumah atau di dalam tasnya.

Hal itu dikarenakan obat tetes yang biasanya berisi cairan bening ini dapat dijadikan pertolongan pertama apabila mata mengalami infeksi ringan. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan adalah soal cara menyimpan obat tetes mata.

“Menyimpan obat tetes mata tidak boleh sembarangan. Karena kalau tidak sesuai anjuran efektivitasnya bisa berkurang,” jelas General Manager Marketing Eye Care Combiphar, Farah Feddia kepada Kompas.com.┬áMaka dari itu, simak 3 tips berikut ini tentang cara menyimpan obat tetes mata dengan baik dan benar.

Simpan di kulkas

obat tetes mata

Obat tetes mata dengan sensasi dingin mungkin menjadi preferensi beberapa orang. Alasan itulah yang membuat mereka sering menyimpan obat tetes mata di dalam kulkas. Sebenarnya tidak ada masalah ketika kita menyimpannya di lemari pendingin. Tetapi satu hal yang perlu diingat bahwa kulkas tidak dapat memperpanjang masa pakai obat tetes mata. Begitu sudah dibuka segel penutup botolnya, maka idealnya obat tetes mata hanya dapat digunakan dalam waktu satu bulan.

Jangan simpan di freezer

obat tetes mata

Kulkas menjadi tempat yang cukup aman untuk menyimpan obat tetes mata. Meski begitu, meletakkannya di freezer bukanlah pilihan tepat. “Kalau obat tetes mata disimpan di dalam freezer, nanti cairan obat di dalamnya bisa menyusut dan tidak efektif lagi,” jelas Farah.

Hindari paparan sinar matahari

obat tetes mata

Sebaiknya, menyimpan obat tetes mata sesuaikan dengan saran dan petunjuk dari kemasan. Cara paling mudah adalah simpan obat tersebut di suhu ruang dan terhindar dari sinar matahari langsung. “Obat tetes mata disimpan di suhu kamar tidak lebih dari 30 derajat celcius,” tambah Farah. Bila terkena sinar matahari atau suhu lingkungan yang lebih panas, maka itu bisa menurunkan efek obat di dalamnya.

Cara Memakai Obat Tetes Mata yang Benar

obat tetes mata

Selain cara penyimpanan, selama ini banyak juga orang yang keliru dengan cara penggunaan obat tetes mata yang benar. Kesalahan yang paling sering ditemukan adalah salah meneteskan cairan, yaitu di tengah bagian mata. Padahal seharusnya, obat mata diteteskan kelopak mata bagian bawah. Biar lebih aman dan mendapat manfaat penuh, ikuti tips mengaplikasikan obat tetes mata berikut:

  • Pastikan obat belum masuk masa kedaluwarsa, dan belum disimpan lebih dari satu bulan setelah dibuka. Obat tetes mata harus steril sebelum digunakan.
  • Cuci tangan dengan benar sebelum mulai meneteskan obat┬ámata.
  • Kemudian, dongakkan kepala dan tarik kelopak mata bagian bawah sebelum meneteskan cairan.
  • Secara perlahan, tekan kemasan obat tetes mata dan arahkan cairan ke kelopak bagian bawah mata. Ingat, bukan di bagian tengah mata.
  • Setelah itu kedipkan mata agar obat yang masuk dapat menyebar dengan sempurna ke seluruh bagian mata.
  • Pastikan pula ujung botol kemasan obat tetes tidak menyentuh ke bola mata. Karena hal itu malah bisa menyebabkan bakteri masuk ke dalam mata dan memperparah iritasi.

Jika obat tetes didapatkan dari resep dokter, pastikan pula kamu sudah mendapat arahan yang jelas sebelum menggunakan obat. Biar tidak bingung dan menghindari masalah karena obat tetes mata yang kedaluwarsa, ada baiknya untuk mencatat kapan pertama kali obat dibuka.

Setelah satu bulan, jangan lagi menggunakan obat yang sama dan jangan menyimpan obat tersebut. Sebagai gantinya, kamu bisa membeli obat tetes mata atau produk kesehatan lain.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles