25 C
Jakarta
Saturday, February 4, 2023

Inilah 7 Obat Alami yang dapat Atasi Diare

Mengalami diare rasanya tentu tidak enak. Selain membuat perut mulas tidak karuan, Anda juga capek harus bolak-balik untuk menuntaskan urusan di kamar kecil. Diare umumnya memang dapat sembuh dalam 2-3 hari dengan cukup minum air dan istirahat. Namun, tidak ada salahnya mencoba obat diare alami yang bisa bantu menyembuhkan mencret lebih cepat. Lantas, apa saja obat herbal yang aman untuk mengobati diare?

Obat diare alami racikan sendiri untuk redakan mencret di rumah

Masalah buang-buang air umumnya dapat diatasi dengan obat diare generik di apotek. Namun, mencret yang masih termasuk gejala diare ringan mungkin masih dapat ditangani dengan menggunakan obat alami di rumah.

Pengobatan alami juga kadang lebih dicari karena efek sampingnya dipercaya lebih sedikit bila dibandingkan dengan obat kimia. Selain itu, sebagian besar bahan alami ini tergolong aman digunakan untuk ibu hamil.

Air putih

air putih

Mengonsumsi cairan yang banyak bisa menjadi obat diare alami sekaligus mencegah dehidrasi. Pelan-pelan tingkatkan porsi cairan yang Anda minum, setidaknya 1 liter per jam selama 1-2 jam.

Meski termasuk cairan, alkohol dan kafein bukan obat alami untuk diare. Keduanya mengandung kafein yang bisa membuat Anda buang air kecil lebih sering sehingga bisa memperparah gejala diare.

Oralit buatan sendiri

oralit

Anda rentan kena dehidrasi selama diare karena tubuh kehilangan banyak cairan yang keluar bersama feses. Selain cairan, nutrisi dan mineral penting yang tersimpan dalam tubuh juga bisa hilang.

Untuk itu, selain minum air putih Anda juga dianjurkan untuk minum oralit. Oralit adalah obat yang berfungsi untuk menggantikan kadar elektrolit dan cairan tubuh yang telah hilang akibat diare. Dokter Donald Kirby, MD, direktur Pusat Cleveland Clinic’s for Human Nutrition pun membenarkan oralit sebagai obat yang ampuh untuk mengatasi mencret.

Baca Juga :  Pengertian, Faktor Resiko, Penyebab, dan Gejala Varises

Gula dan garam adalah mineral elektrolit yang bersifat menahan cairan. Garam dapat menahan simpanan cairan dalam tubuh, sementara gula membantu tubuh Anda menyerap garam. Dua kombinasi ini membantu tubuh terhindar dari kekurangan cairan yang bisa memperparah gejala diare Anda.

Nah, bila Anda tidak cukup kuat untuk pergi ke apotek dan membelinya sendiri, Anda bisa meracik oralit sendiri sebagai obat alami diare. Caranya mudah, Anda cukup larutkan 6 sendok teh gula pasir dan 1/2 sdt garam dalam 1 liter air. Aduk merata, dan minum segelas (250 ml) tiap 4-6 jam sekali.

Teh jahe

teh jahe

Jahe merupakan rempah yang telah banyak digunakan sebagai obat alami untuk menangani rasa tak nyaman di bagian perut. Bersifat antiradang, antinyeri, antibakteri, dan memiliki kandungan antioksidan, jahe bisa menenangkan perut yang melilit akibat diare.

Sebuah penelitian pernah menunjukan bahwa zat yang dimiliki jahe dapat bekerja untuk memblokir racun dari bakteri penyebab diare dalam perut. Jahe juga bantu mencegah cairan menumpuk di dalam usus. Sehingga, rasa mual, muntah, atau kejang perut berkurang ketika Anda mengonsumsinya.

Nah, untuk menggunakannya sebagai obat alami diare, Anda cukup memotong jahe menjadi beberapa irisan dan merebusnya dengan air. Anda juga bisa mencampurnya dengan teh, lemon, atau madu untuk menambah cita rasa.

Chamomile dan akar marshmallow

teh chamomile

Ada beberapa tanaman herbal yang bisa dijadikan sebagai obat mencret alami, salah dua di antaranya adalah chamomile dan akar marshmallow. Chamomile mengandung zat aktif antiperadangan yang bisa menenangkan perut dari perut mual dan kembung. Begitu juga dengan akar marshmallow yang biasanya digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi peradangan pada lapisan perut.

Baca Juga :  MANFAAT JAMBU MERAH UNTUK KESEHATAN TUBUH

Memang, tanaman ini belum cukup dikenal di Indonesia, tapi Anda bisa mendapatkannya lewat situs belanja daring. Untuk menggunakan chamomile sebagai obat alami diare, rebuslah beberapa tangkai bunga chamomile kering sampai mendidih. Tuangkan ke dalam gelas dan biarkan hingga sedikit mendingin, setelahnya teh chamomile siap diminum. Supaya lebih enak, boleh tambahkan madu dan perasan jeruk lemon.

Sementara untuk mengolah akar marshmallow, Anda hanya perlu menakar 2 sendok makan akar marshmallow kering dan campurkan dalam 1 liter air. Diamkan selama seharian, saring, dan minum layaknya teh.

Lada putih

lada putih

Anda memang pantang makan makanan yang pedas selama diare. Namun jangan salah, lada putih ternyata berpotensi untuk dijadikan obat mencret alami. Lada putih adalah biji lada yang diolah saat kondisinya sudah matang sempurna dan kemudian dikeringkan. Lada putih kering biasanya digunakan untuk mengobati sakit perut, diare, dan kolera karena mengandung piperine. Piperine dilaporkan dapat meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Pisang

pisang

Mengonsumsi pisang akan membuat tekstur feses menjadi lebih padat dan tidak berair. Kamu pun bisa bebas diare secepatnya. Kemampuan pisang sebagai obat diare alami karena buah tropis ini mengandung banyak pektin dan serat yang menyerap cairan dalam usus.

Kunyit

kunyit

Rempah yang satu ini sudah terkenal dengan banyak manfaatnya, tidak terkecuali sebagai obat herbal diare. Ini karena kunyit memiliki sifat antibakteri yang bisa membunuh bakteri penyebab buang-buang air besar yang kamu alami. Cukup rebus kunyit dengan air panas dan konsumsi sebanyak 3 kali sehari untuk hasil maksimal.

nah, jadi itulah 7 obat alami yang bisa mengatasi diare yang sedang anda alami.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles