33.6 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

4 Fakta Unik Internet Explorer yang Kalian Ketahui!

Para pengguna sistem operasi Windows punya lelucon legendaris kalau Internet Explorer hanya akan dibuka satu kali seumur hidup. Pas mau mengunduh browser lain. Ini mah bukan lelucon, tapi kebenaran universal.

Pengguna internet jadul, pasti sudah nggak asing dengan yang namanya Internet Explorer. Browser sejuta umat ini dulunya booming banget buat hampir semua pengguna internet. Bahkan, Internet Explorer ini dulunya sempat jadi salah satu produk ikoniknya Microsoft lho.

Apa Internet Explorer Masih Ada?

Ilustri Internet Explorer 

Faktanya, sekarang Internet Explorer sudah di-stop sama Microsoft guys. Microsoft resmi menonaktifkan Internet Explorer di bulan Juni 2022 ini. Sebelum resmi dinonaktifkan, Internet Explorer pernah dianggap sebagai browser dengan pengguna terbanyak di dunia. Browser ini meraih puncak kejayaannya di tahun 2002 dan 2003 di mana waktu itu Internet Explorer berhasil menguasai 95% pangsa pengguna.

Namun, semuanya mulai berubah ketika Mozilla Firefox hadir di tahun 2004, dan Google Chrome diluncurkan di tahun 2008. Sejak saat itu, pamor dan jumlah pengguna Internet Explorer terus merosot karena kalah saing dengan browser-browser anyar pesaingnya. Adapun 4 fakta unik Internet Explorer yang harus kalian ketahui. Simak artikel dibawah ini yaa!

Terkenal Jadi Bahan Meme!

Terkenal Jadi Bahan Meme!

Bisa dibilang nasib si Internet Explorer memang terbilang menyedihkan guys. Browser yang satu ini terkenal lemot banget, makanya sering jadi bahan ejekan pengguna lain via meme karena dianggap kalah jauh dibanding rivalnya seperti Firefox dan Chrome.

Nggak cuma sampai disitu, lucunya Internet Explorer ini juga sering jadi bahan meme gara-gara kerap dipakai orang untuk mengunduh browser lain.

Aneh kan? Masa download browser lain dari Internet Explorer yang notebene juga merupakan sebuah ‘browser.’ Apa ya nggak malu-maluin? Tapi, emang seperti itu faktanya. Hahaha.

Baca Juga :  Ericsson Ekholm Menyarankan RI dan G20 Bangun Jaringan Internet Super Cepat

Ada Gerakan Anti IE

Ada Gerakan Anti IE

Tahu nggak sih, ternyata selama ini ada lho gerakan ‘anti Internet Explorer.’ Gerakan tersebut dinamakan ‘No IE’ yang sesuai namanya, gerakan tersebut menentang pemakaian Internet Explorer.

Jadi, terciptanya gerakan ini gara-gara Internet Explorer diklaim ‘gudangnya masalah. Contohnya Internet Explorer dianggap sebagai sarang virus, nggak mengizinkan penggunanya buat resize ukuran teks, super lemot dibanding browser lainnya,

Parodi Iklan IE9

Parodi Iklan IE9

Sadar dengan citra produknya yang benar-benar ‘hancur’ di mata banyak orang, Microsoft akhirnya mencoba untuk memperbaiki citra Internet Explorer.

Yakni dengan membuat video yang waktu itu isinya untuk mempromosikan Internet Explorer 9. Tapi lucunya, video tersebut justru malah diparodikan. Salah satunya bisa kamu lihat dalam video di bawah ini. Ini adalah video yang memparodikan Internet Explorer 9.

Jadi, harusnya Internet Explorer 9 tampil ‘berwibawa’. Setelah diparodikan malah jadi ‘ancurrr’ wibawanya.

Moment komplain ke Operator

Internet Explorer

Internet Explorer nyatanya tidak hilang begitu saja dari hidupku. Fase awal kuliah aku begitu keranjingan buka 9gag, situs penyedia meme populer. Di sana, banyak sekali meme tentang betapa lambatnya Internet Explorer yang selalu sukses membuatku tertawa.

Akibatnya meski tidak pernah memakainya, peramban ini konsisten hadir di hari-hariku, berperan sebagai pihak yang teraniaya demi konten jenaka. Per hari ini, 15 Juni 2022, Internet Explorer resmi dimatikan. Posisinya kini digantikan oleh Microsoft Edge yang lebih muda, lebih modern, dan lebih canggih. Sebagai insan yang mudah terbawa perasaan.

Aku langsung sentimental mendengar kabar si korban “bully” netizen ini harus pamit. Walaupun tidak dengan fungsi semestinya, kehadiran browser ini setia menemani masa-masa awalku mengenal dunia digital.

Nah, Itulah kenapa Internet Explorer cuma berfungsi buat mengunduh browser lain jadi kalian harus tau ya!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles