29.2 C
Jakarta
Thursday, February 9, 2023

Inilah 5 Manfaat Black Garlic untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bawang hitam dibuat dari hasil proses fermentasi bawang putih. Jenis bawang ini punya banyak manfaat, mulai dari menjaga kesehatan jantung hingga meningkatkan fungsi otak.

Bawang hitam atau black garlic sebenarnya merupakan hasil fermentasi dari bawang putih segar yang masih mentah. Setelahnya, bawang akan disimpan pada suhu antara 60 sampai 77 derajat Celsius selama sekitar 30 hingga 90 hari.

Selama berada pada fase fermentasi, bawang putih akan mengalami perubahan warna menjadi hitam. Tak hanya itu, teksturnya juga lebih kenyal dan lembut, serta rasanya sedikit asam. Masyarakat kerap mengatakan bahwa rasa dari bawang hitam ini mirip dengan permen asam jawa.

Cara Membuat Black Garlic

  • Cara membuat black garlic dengan kompor pertama, siapkan bahan utama, yakni bawang putih segar secukupnya saja.
  • Kemudian cara membuat black garlic dengan kompor, siapkan perlengkapan yang diperlukan, yakni wajan tebal atau teflon serba guna dan alas dandang yang berubang-lubang.
  • Cara membuat black garlic dengan kompor terbilang paling sederhana dan mudah diikuti di rumah. Mulai cara membuat black garlic dengan kompor, susun bawang putih diatas alas dandang yang diletakkan di dasar wajan.
  • Apabila sudah siap, cara membuat black garlic dengan kompor selanjutnya tutup wajan, masak sekitar 30-60 menit pakai api lilin (api paling kecil) selama 20 hari.

Nah, itulah cara membuat black garlic yang bisa langsung dipraktikkan sendiri di rumah dengan mudah.

Manfaat Black Garlic untuk Kesehatan

Bawang hitam diyakini memiliki segudang manfaat untuk menunjang kesehatan tubuh berkat nutrisi yang dimilikinya. Beberapa manfaat black garlic tersebut di antaranya:

Menunjang Kesehatan Jantung

black garlic

Bawang hitam memiliki sifat antiperadangan dan antioksidan yang didapat dari senyawa bioaktif di dalamnya. Kedua sifat ini sangat baik untuk menunjang kesehatan jantung, dengan cara memberikan perlindungan terhadap sel yang berada pada sistem kardiovaskular.

Baca Juga :  Apakah Warna Darah Haidmu Normal? Cek di Sini!

Selain itu, senyawa tersebut juga berperan sebagai penghambat pembentukan protein dan enzim yang menjadi penyebab peradangan. Tak berbeda dengan bawang putih, black garlic juga membantu menurunkan trigliserida dan kolesterol dalam darah.

Studi dalam Frontiers in Physiology turut menyebutkan bahwa bawang hitam dapat membantu mengoptimalkan peredaran darah, sekaligus menurunkan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan kardiovaskular.

Mencegah Komplikasi Diabetes

black garlic

Studi lain dalam Molecules menuliskan, bahwa ekstrak black garlic dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu, disebutkan pula bahwa makanan sehat ini juga menurunkan trigliserida dan kolesterol. Ini diyakini karena kandungan antioksidan dan senyawa  SAC pada bawang hitam yang terbilang tinggi.

Kandungan antioksidan pada makanan telah lama dikaitkan dengan penurunan risiko yang berhubungan dengan diabetes, sekaligus mencegah munculnya komplikasi karena masalah kesehatan tersebut.

Baik untuk Pengidap Asam Lambung

black garlic

Pengidap asam lambung mungkin dianjurkan untuk tidak mengonsumsi bawang putih mentah. Sebaliknya, bawang hitam justru aman dikonsumsi pada seseorang dengan gangguan asam lambung. Senyawa SAC yang terdapat dalam bawang ini bersifat larut dalam air dan mudah diserap, sehingga membantu proses penyerapan allicin dengan lebih mudah.

Mengurangi Risiko Kanker

black garlic

Manfaat black garlic berikutnya adalah membantu mencegah sekaligus sebagai obat alternatif untuk penyakit kanker. Senyawa bioaktif dalam bawang ini bekerja dengan membunuh sel kanker. Senyawa tersebut juga dapat menghambat bertumbuhnya sekaligus menyebarnya sel tumor, menghentikan alur tumbuhnya sel, dan memicu pembentukan protein tertentu untuk membasmi sel kanker.  Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan hal tersebut.

Meningkatkan Fungsi Otak

black garlic

Tak banyak yang tahu kalau bawang hitam juga baik untuk kesehatan otak. Ini berkat kandungan antioksidan yang mencegah peradangan, sebagai dampak dari zat tambahan pada makanan maupun senyawa lain yang memiliki sifat merusak.

Baca Juga :  Sering Menahan Kentut Bisa Berbahaya, Inilah Penjelasan Lebih Lanjut

Efek ini diyakini memiliki potensi untuk meningkatkan kemampuan kognitif, termasuk memori. Selain itu, otak juga terlindung dari risiko berbagai penyakit serius, seperti penyakit Parkinson, demensia, dan Alzheimer.

Nah, itulah manfaat black garlic yang jarang diketahui. Supaya kamu mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, tentunya perlu diimbangi dengan pola hidup dan pola makan sehat. Selain itu, kamu juga perlu melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles