28.4 C
Jakarta
Monday, February 26, 2024

Kumpul Keluarga? Intip Pilihan Resep Bakaran Berikut Ini!

Kumpul keluarga selalu menjadi momen paling ditunggu saat memiliki waktu luang atau memperingati momen spesial. Orang-orang bahkan melakukan kumpul keluarga di tanggal dan bulan tertentu agar bisa meluangkan waktu mereka untuk bertemu. Perasaan nyaman dan bahagia juga menjadi salah satu alasan mengapa kumpul keluarga sering kali diadakan secara rutin.

Biasanya, kumpul keluarga dilakukan untuk melakukan kegiatan seperti setelah hari lebaran, arisan, ataupun hanya kumpul-kumpul biasa. Selain itu, momen yang paling seru adalah potluck makanan dan kegiatan memasak berbagai makanan dan minuman yang bisa dinikmati sambil bertukar kabar.

Memasak bersama bisa dilakukan dengan berbagai cara, ada yang membuat snack untuk banyak orang hingga memasak menu makanan bakar-bakaran. Ada banyak resep yang bisa Anda andalkan jika ingin melakukan bakar-bakaran dengan rasa yang nikmat. Jika Anda masih bingung untuk memilih resep apa yang tepat, berikut ini kami berikan rekomendasi pilihan resep bakaran untuk kumpul keluarga.

Sosis Bakar

Ilustrasi Sosis Bakar (Sumber: cookpad.com)

Siapa yang tidak suka sosis? Makanan yang satu ini banyak digemari oleh anak-anak dan orang dewasa. Selain karena rasanya yang enak, sosis selalu menjadi pilihan yang tepat saat ingin mengonsumsi makanan yang praktis. Ada berbagai jenis sosis yang bisa Anda pilih sesuai selera, mulai dari sosis sapi hingga ayam. Selain itu, ada juga sosis yang bisa langsung dimakan dan ada yang perlu dimasak terlebih dahulu.

Sosis bisa menjadi pilihan untuk menu bakar-bakar saat kumpul keluarga. Sosis bakar tidak kalah enak untuk menjadi santapan terutama jika ditambah dengan bumbu-bumbu yang nikmat sesuai selera. Membuatnya pun mudah, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan seperti margarin, kecap manis, bawang putih, dan saus BBQ. Setelah itu, oleskan bahan-bahan tersebut pada sosis dan Anda langsung bisa membakarnya. Rasanya dijamin nikmat, deh!

Bakso Bakar

Ilustrasi Bakso Bakso (Sumber: tripzilla – the.lucky.belly)

Bakso juga termasuk ke dalam makanan khas Indonesia yang digemari berbagai kalangan. Bentuknya bulat yang khas, tekstur kenyal, serta rasanya nikmat. Bakso yang kita makan sering kali dalam keadaan berkuah dan panas serta sering dicari saat musim hujan yang dingin. Namun, Anda bisa berkreasi dalam memasak bakso dengan cara lain yaitu menjadikannya bakso bakar untuk acara kumpul keluarga.

Bakso bakar memang tak kalah nikmat dengan bakso kuah yang biasanya kita makan. Tenang saja! Teksturnya tidak akan menjadi keras dan rasanya masih akan terasa nikmat saat dimakan. Untuk bumbunya cukup mudah, Anda cukup memakai cabai bubuk, kecap asin dan manis, serta madu. Setelah itu, tusukkan 3 buah bakso ke tusuk sate dan oleskan bahan-bahan tersebut di atasnya.

Sate Ayam

Ilustrasi Sate Ayam (Sumber: Lantip – canva.com)

Siapa yang tidak suka sate? Ada beberapa sate yang jadi favorit, mulai dari sate Madura, sate Padang, hingga sate lilit khas Bali. Biasanya, hidangan ini dibuat dari daging sapi dan kambing. Namun, selain sapi dan kambing, ayam juga biasa dijadikan olahan sate karena rasanya juga tidak kalah nikmat. Sate ayam juga banyak digemari oleh banyak orang dan sangat mudah ditemukan di mana-mana.

Membuat sate ayam sebagai menu bebakaran saat kumpul keluarga bisa jadi pilihan, lho! Dibandingkan membelinya, Anda bisa membuat momen seru dengan membakar sate ayam sendiri. Membuatnya juga cukup mudah, untuk potongan ayamnya, Anda bisa membelinya di pasar atau swalayan dan memotong-motongnya berbentuk dadu.

Untuk bumbunya, Anda bisa menggunakan kecap manis, air perasan lemon, bawang merah dan putih, serta gula dan garam. Campurkan bahan-bahan tersebut dan marinasi dengan ayam yang sudah Anda potong-potong. Untuk bumbu kacangnya, Anda dapat membuatnya dari kacang tanah dan menghaluskannya dengan blender. Setelah itu, Anda bisa langsung membakarnya hingga matang. Praktis, bukan?

Ayam Bakar

Ilustrasi Ayam Bakar (Sumber: Farrukh Aziz – www.cubesnjuliennes.com)

Menu yang satu ini mungkin terlihat sulit untuk dibuat, tetapi sebenarnya cukup mudah dan simpel kok untuk membuatnya! Ayam bakar selalu menjadi favorit banyak orang untuk mengisi perut lapar.

Selain enak dan mengenyangkan, ayam bakar juga memiliki kenikmatan tersendiri saat dimakan dengan nasi putih hangat. Apalagi harumnya ayam setelah dibakar, dikombinasikan dengan nasi putih dan sambal tomat, akan membuat Anda tidak sabar untuk menambah nasi!

Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan, Anda bisa mewujudkan menu spesial ini bersama keluarga tercinta. Ada banyak resep yang bisa Anda ikuti untuk memasaknya. Perlu diingat jika Anda kurang yakin dengan tingkat kematangan ayam setelah dibakar, Anda dapat memanggangnya terlebih dahulu di oven listrik agar tingkat kematangannya lebih merata.

Jagung Bakar

Ilustrasi Jagung Bakar (Sumber: Yasir Gürbüz – canva.com)

Jagung bakar adalah menu wajib yang harus ada saat melakukan bakar-bakar di rumah. Kenikmatan jagung yang dibakar dengan mentega pasti sangat menggoda siapa saja yang hadir di acara kumpul keluarga. Biasanya, menu ini menjadi santapan wajib untuk memeriahkan malam tahun baru dan acara-acara besar lainnya.

Membuatnya pun cukup mudah, Anda tinggal mengoleskan mentega cair di atas jagung kemudian membakarnya. Namun, Anda juga bisa mengkreasikan rasa jagung sesuai dengan selera menggunakan saus sambal, saus barbeque, ataupun saus lainnya. Selain mudah, membuat jagung bakar juga tidak memerlukan waktu yang lama, lho! Yuk, dicoba!

Kumpul keluarga selalu menjadi momen penting tersendiri bagi setiap orang. Adanya kegiatan bakar-bakar menjadikan kumpul-kumpul ini lebih istimewa dan berkesan. Itulah pilihan resep bakaran untuk kumpul-kumpul keluarga yang telah kami rangkum di atas. Semoga bermanfaat!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles