32.5 C
Jakarta
Thursday, April 25, 2024

18 Jet Tempur TNI AU Akan Membentuk Formasi Angka 77 di HUT RI

Salah satu atraksi yang dinanti oleh publik ketika menyaksikan detik-detik peringatan HUT RI setiap tahun di Istana Merdeka adalah fly past jet tempur milik TNI Angkatan Udara (AU). Sebab, demo itu memamerkan kekuatan matra TNI udara ke hadapan publik.

Dikutip dari keterangan tertulis Dinas Penerangan TNI AU, Selasa 16 Agustus 2022. Dalam HUT RI tahun ini, TNI AU bakal demo dan membentuk angka 77 di atas Istana Negara. Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengatakan, ada 18 jet tempur F-16 yang akan melakukan parade udara fly past di langit ibu kota Jakarta.

Selain itu, ada pula 12 helikopter yang bakal membawa Bendera Merah Putih berukuran  besar dan berada di langit Jakarta. “Direncanakan, ke-18 pesawat akan melaksanakan sejumlah demo udara. Sekaligus melaksanakan formasi terbang membentuk angka Tujuh Tujuh tepat di atas Istana Negara,” ungkap Indan.

Untuk lebih jauhnya, ia menjelaskan kedatangan 18 unit pesawat tempur F-16 Fighting Falcon TNI AU itu terbagi menjadi lima flight. Yaitu empat pesawat Dragon Flight, empat pesawat Garuda Flight, tiga pesawat Viper Flight, empat pesawat Excel Flight, dan tiga pesawat Valiant Flight dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi Madiun dan Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

Sama seperti tahun sebelumnya, formasi jet tempur yang bakal melakukan demo udara di atas Istana Negara diberi nama Garuda Flight. Sedangkan, 12 helikopter yang bakal mengibarkan Bendera Merah Putih berukuran besar menggunakan sandi Nusantara Flight.

Bagaimana persiapan akhir dari tim TNI AU untuk tampil pada hari ini? Yuk, langsung saja simak artikel berikut dibawah ini:

KSAU Tinjau Langsung saat Latihan dan Berpesan Harus Utamakan Keselamatan

Pesawat TNI saat melakukan manuver di udara (Sumber:Antara)

Sementara, ketika memasuki hari ketiga berlatih, Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyempatkan diri untuk meninjau kesiapan Garuda dan Nusantara Flight pada Senin, 15 Agustus 2022. Mereka lepas landas berlatih dari terminal selatan Lanud Halim Perdanakusuma.

Di dalam ucapannya, Fadjar mengaku bersyukur karena TNI AU kembali diberi kepercayaan untuk mengisi rangkaian HUT k-77. Ia juga mengapresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan Garuda dan Nusantara Flight. Sebab, mereka telah mendedikasikan waktunya selama tiga hari terakhir untuk berlatih demo udara di hari kemerdekaan.

Fadjar pun menekankan agar setiap pilot dan kru yang terlibat dalam penerbangan hari ini wajib menekankan faktor keselamatan. “Sebagai air crew dan insan aviasi, kita memiliki bahasa yang sama yaitu safety dan prosedur. Apapun yang telah dilatihkan, dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Tetap perhatikan faktor keselamatan atau safety dalam setiap pelaksanaan tugas,” ungkap Fadjar seperti dikutip dari keterangan tertulis Dispenau.

Arahan itu disampaikan usai pada 18 Juli 2022 lalu, TNI AU baru kehilangan satu pilot terbaiknya. Sebab, satu unit pesawat tempur latih T-50i Golden Eagle jatuh di kawasan hutan Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Saat itu, pesawat digunakan untuk melakukan latihan malam.

Dua Belas Helikopter yang Atraksi pada Hari Ini Berasal dari 3 Matra TNI dan Kepolisian

Gladi bersih demo udara 16 pesawat tempur F-16 yang akan membentuk formasi 77 di atas Istana Negara, Jakarta, pada 17 Agustus 2022. Gladi bersih dilaksanakan di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Senin (15/8/2022). (Sumber:KOMPAS.com)

Sementara, 12 unit helikopter yang ikut terlibat di dalam demo di puncak hari kemerdekaan berasal dari tiga matra TNI dan kepolisian. Jenis helikopter yang dilibatkan yakni EC-725 Caracal Skadron Udara 8 Lanut Atang Sendjaja Bogor, NAS-332 Superpuma Skadron Udara Lanud Atang Sendjaja Bogor, AH-64 Apache milik TNI Angkatan Darat, AS-565 Panther milik TNI Angkatan Laut, dan AW-169 milik Polri.

“Ini melambangkan kekompakan antar matra dengan kepolisian,” ungkap Indan.

Mereka juga melakukan gladi bersih dan gladi kotor sebelum tampil demo pada hari ini. “Latihan gladi kotor terbang formasi memiliki arti penting guna mengukur kesiapan personel, alutsista, alat peralatan, dan formasi terbang sehingga dapat dilakukan perbaikan serta penyesuaian guna kesuksesan kegiatan puncak di hari kemerdekaan RI,” tutur dia.

Sementara, puncak detik-detik peringatan HUT RI bakal dimulai hari ini pukul 10:00 WIB di Istana Negara.

KSAU Terima Rekor MURI atas Pengibaran Bendera Merah Putih Terbesar

TNI AU. Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia rencananya akan dimeriahkan dengan penampilan demo udara Garuda Flight yaitu flypast Pesawat F-16 TNI AU yang akan melintas di depan Istana Negara pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2022/TNI AU (Sumber:Kilat.com)

Pada Senin kemarin, KSAU Marsekal TNI Fadjar menerima penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk TNI AU atas rekor pengibaran bendera terbesar dengan helikopter.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh pendiri dan Ketua Umum MURI, Jaya Suprana. Rekor MURI tersebut diserahkan kepada Marsekal Fadjar di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Fadjar pun mengucapkan terima kasih kepada MURI atas penghargaan yang diberikan kepada TNI AU. “Apa yang telah diraih TNI AU merupakan keberhasilan seluruh kru dan pendukung serta sebagai dedikasi TNI AU kepada Bangsa Indonesia,” kata Fadjar.

Nah, jadi itulah persiapan tentang jet tempur TNI AU yang akan tampil hari ini pada puncak peringatan HUT-RI pada pukul 10.00 WIB. Jangan lupa untuk menyaksikan puncak HUT-RI ya!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles