29.2 C
Jakarta
Thursday, February 9, 2023

Inilah Alasan Rilis Uang Rupiah Baru Tahun Emisi 2022

Bank Indonesia resmi meluncurkan tujuh pecahan uang rupiah kertas edisi 2022 dengan desain baru. Peluncuran uang kertas tampilan terbaru itu dengan berbagai alasan seperti kebutuhan untuk lebih mudah dikenali, tujuan keamanan serta bahan yang lebih kuat.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlison Hakim menyebut BI secara periodik mengevaluasi uang beredar yang terakhir kali diubah pada 2016. Sejak diterbitkan hingga 2020, BI telah melakukan evaluasi terhadap edisi tersebut.

“Evaluasi ini berdasarkan masukan dari masyarakat, sejarawan, budayawan, tokoh agama, badan ideologi pancasila, memantau tingkat pemalsuan serta unsur masyarakat dan tuna netra,” ujarnya dalam diskusi dengan wartawan, Kamis (18/8).

Alasan penerbitan uang edisi baru ini didasarkan pada tiga aspek tujuan penguatan. Pertama, perubahan desain agar makin mudah dikenali. Ia menyebut masih banyak yang mengeluhkan sulitnya membedakan uang pecahan Rp 20.000 dengan Rp 2.000 pada edisi 2016. Terutama saat berada di pencahayaan yang minim.

Karena itu, salah satu perubahan yang dilakukan pada edisi baru ini yaitu pada warna yang lebih cerah dari sebelumnya berkonsep monokrom. Meski demikian, warna dasar masing-masing pecahan tidak diubah, seperti Rp 100.000 yang masih tetap berwarna merah, Rp 50.000 berwarna biru hingga Rp 2.000 yang berwarna abu-abu.

Dengan warna yang dibuat lebih kontras tersebut. Gambar pahlawan pada edisi terbaru ini juga jadi lebih jelas. “Pada edisi yang lama itu paling sering ditanya adalah gambar Tjut Meutia, karena ada gambar bayangan sehingga seolah-olah pakai sanggul, ini yang juga disempurnakan,” kata Marlison.

Perubahan juga dilakukan pada gambar watermark atau tanda air yang dibuat sama anatar gambar utama dengan gamabr watermark. Pada edisi lama, watermark dengan gambar utama berbeda.

Baca Juga :  Kecelakaan Maut Tol Pejagan-Pemalang Tewaskan Anak Jamintel

3 Alasan Bank Indonesia Mengeluarkan 7 Uang Baru

Gambar Bank Indonesia Mengeluarkan 7 Uang Baru

Berikut disajikan informasi tentang 3 alasan Bank Indonesia (BI) mengeluarkan 7 uang baru spesial perayaan HUT RI ke-77, 17 Agustus 2022. Perayaan HUT RI ke-77 17 Agustus 2022 menjadi momen yang sakral bagi bangsa Indonesia, begitupula dengan BI juga memanfaatkan momen ini untuk menerbitkan uang baru.

Ada tujuh uang baru yang diterbitkan oleh BI yakni Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2000, dan Rp1000.

Ada beberapa pembaruan di uang baru yang dikeluaran oleh BI mulai dari desain, bahan, hingga tingkat keamanan.

Mudah Untuk Dikenali

Gambar uang baru mudah di kenal
  • Desain yang digunakan tetap memadukan ciri khas Indonesia seperti gambar tarian, pemandanagn, flora dan fauna, hingga gambar pahlawan.
  • Menyeragamkan gambar watermark dengan gambar utama.
  • Melakukan standarisasi desain dan tata letak unsur pengaman.
  • Meningkatkan selisih ukuran panjang antar pecahan dari 2 mm menjadi 5 mm.

Menyulitkan pemalsuan

Ilustrasi untuk tidak menylitkan uang

Memanfaatkan pengunaan benang pengaman teknologi terkini (microlenses) sebagai best practice internasional dan tinta berubah warna berfitur magnetic ink. Ada juga penguatan unsur pengaman ultraviolet yang menunjukan keragaman warna.

Hal itu mengingat benang pengaman yang di pakai pada uang sebelumnya masih menggunakan benang pengaman yang berusia 20 tahun sehingga banyak yang berusaha memalsukan meski tidak pernah bisa menyerupai yang asli.

Masa edar lebih lama

Gambar Masa edar lebih lama
  • Penguatan unsur pengaman ultraviolet (UV) dengan perluasan sebaran luas area UV dan keragaman warna.
  • Pengunaan teknologi coating pada pecahan kecil Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000.

Lantas bagaimanakah dengan nasib uang lama baik kertas atau logam, masih berlakukah atau akan diadakan pencabutan?

“Adapun pengeluaran uang TE 2022 tidak memiliki dampak pencabutan dan atau penarikan uang rupiah yang telah dikeluarkan sebelumnya.” kata Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono. Dalam pernyataan tersebut bisa diartikan jika uang yang sebelumnya beredar masih tetap berlaku untuk alat pembayaran di Indonesia.

Nah, Itulah informasi tentang uang baru yang dikeluarkan oleh BI, semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles