28 C
Jakarta
Thursday, March 28, 2024

Diduga Ledakan dari Ukraina Mengguncang 2 Wilayah Rusia

Beberapa ledakan dilaporkan melanda 2 wilayah Rusia pada Jumat (19/8/2022). Ledakan pertama terjadi di Belgorod, dekat perbatasan Kharkiv, Ukraina. Gudang amunisi terbakar dan meledak hingga memaksa pemerintah mengevakuasi warga dua desa.

Ledakan kedua dilaporkan di terjadi di wilayah Krimea, dekat bandara militer Belbek. Pejabat Rusia mengatakan sistem pertahanan udara menembak jatuh pesawat tak berawak Ukraina. Tidak ada laporan korban dalam insiden tersebut. Berikut dibawah ini merupakan fakta-faktanya:

Pertahanan Udara Rusia Menangkis Serangan Ukraina

Kepulan asap dapat terlihat dari pantai di Saky setelah ledakan terdengar dari arah pangkalan udara Rusia Novofedorivka, di Krimea, pada 9 Agustus 2022 (Sumber: UGC via AP)

Rusia yang mencaplok Krimea pada 2014, telah menjadikan tempat itu sebagai salah satu basis militer. Krimea juga menjadi jalur pasokan penting untuk memenuhi kebutuhan pasukan Rusia yang menginvasi Ukraina dari selatan.

Di dekat bandara militer Belbek, kota pelabuhan Sevastopol, dilaporkan ada empat ledakan yang mengguncang. Kota Sevastopol merupakan markas Armada Laut Hitam Rusia. Kepala Sevastopol, Mikhail Razvozhayev mengatakan bahwa ledakan itu merupakan rudal antipesawat Rusia yang menembak jatuh pesawat tak berawak Ukraina.

Di kota Kerch, juga di Krimea, pejabat Rusia mengatakan bahwa sistem pertahanan udara telah diaktifkan untuk mencegah serangan hingga membuat langit menyala. Kerch adalah ujung timur Krimea. Kota itu memiliki jembatan panjang yang menghubungkan Krimea dengan Rusia dan selesai dibangun oleh Moskow pada 2018.

Depot Amunisi Rusia Terbakar dan Meledak

Pangkalan militer Rusia di Krimea diserang (Sumber:Reuters)

Persis sebelum laporan empat ledakan di Krimea, wilayah Belgorod juga mengalami kebakaran hebat pada Kamis. Belgorod merupakan wilayah barat Rusia yang berbatasan langsung dengan Kharkiv, Ukraina.

“Sebuah gudang amunisi terbakar di dekat desa Timonovo,” kata Vyacheslav Gladkov, gubernur wilayah tersebut. Desa Timonovo berjarak sekitar 50 kilometer dari perbatasan Ukraina.

Dalam video yang beredar di media sosial, api terlihat menyala di kegelapan malam disertai suara ledakan beberapa kali. Tidak ada laporan korban dari insiden terbakarnya depot amunisi tetapi penduduk dua desa telah dievakuasi ke tempat yang aman, kata gubernur. Pihak berwenang Rusia sedang melakukan penyelidikan penyebab kebakaran.

Eskalasi Konflik Terbuka yang Didorong AS dan Sekutu NATO

Personel militer AS dari negara-negara Sekutu yang dikerahkan ke Rumania mengambil bagian dalam upacara selama kunjungan Sekjen NATO dan Presiden Rumania di Pangkalan Militer Mihail Kogalniceanu pada 11 Februari 2022 di Mihail Kogalniceanu, Rumania. Kepala NATO Jens Stoltenberg memperingatkan pada 11 Februari 2022 tentang “risiko nyata untuk konflik bersenjata baru di Eropa” karena aliansi dan Rusia meningkatkan kehadiran pasukan mereka di sekitar Ukraina (Sumber:Tribunnews.com)

Ledakan dan kebakaran yang terjadi di Rusia, termasuk di Krimea yang dicaplok Moskow, merupakan tempat yang jauh dari garis pertempuran utama. Di Krimea sendiri, beberapa hari sebelumnya telah terjadi insiden ledakan yang menurut Moskow adalah tindakan sabotase.

Wakil menteri luar negeri Rusia, Sergei Ryabkov, dalam pidato Jumat, mengatakan bahwa serangan di fasilitas Krimea menandai eskalasi konflik secara terbuka yang didorong oleh Amerika Serikat (AS) dan sekutu NATO-nya.

“Kami tidak menginginkan eskalasi, kami ingin menghindari situasi di mana AS menjadi pihak dalam konflik, tetapi sejauh ini kami belum melihat kesiapan mereka untuk mempertimbangkan peringatan itu secara mendalam dan serius,” kata Ryabkov.

Pemerintahan Kiev tidak memberikan komentar resmi tentang insiden tersebut. Tapi, Rusia mengklaim bahwa pasukan Ukraina yang bertanggung jawab menggunakan senjata jarak jauh atau sabotase.

Nah, jadi itulah pembahasan mengenai ledakan dari Ukraina yang mengguncang 2 wilayah Rusia. Semoga informasinya bermanfaat ya!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles