32.1 C
Jakarta
Saturday, February 4, 2023

Inilah Legenda Asal Usul Terbentuknya Selat Bali

Selat Bali merupakan sebuah laut kecil yang memisahkan Pulau Jawa dan Pulau Bali. Menurut cerita rakyat, Selat Bali terbentuk karena perbuatan Manik Angkeran yang suka berjudi dan gila harta.

Sementara itu, menurut data Geologi, Selat Bali terbentuk sekitar 23 juta tahun yang lalu. Para ahli berpendapat bahwa terbentuknya Selat Bali diakibatkan oleh aktivitas gunung api di timur Pulau Jawa.

Legenda Selat Bali

Sidi Mantra dan Manik Angkeran

Menurut legenda, dahulu wilayah Bali dan Jawa merupakan suatu kesatuan daratan. Namun, karena adanya perjanjian antara Sidi Mantra dan Naga Basuki, Bali dan Jawa kemudian terpisah.

Cerita itu bermula ketika ada keluarga kaya raya, yakni keluarga Sidi Mantra yang memiliki kekuatan gaib. Sidi Mantra memiliki anak tunggal yang bernama Manik Angkeran. Ia merupakan anak manja yang suka berjudi.

Akibat ulah dari Manik Angkeran, keluarga Sidi Mantra yang sebelumnya kaya raya kemudian jatuh miskin. Hal itu disebabkan Sidi Mantra yang selalu menuruti segala permintaan dari sang anak, Manik Angkeran.

Karena jatuh miskin, Sidi Mantra kemudian pergi ke Gunung Agung untuk menemui Naga Basuki yang memiliki kekuatan gaib. Naga Basuki ini juga mampu memberikan perhiasan kepada mereka yang berdoa dengan benar.

Setelah sampai di Gunung Agung, Sidi Mantra lalu membunyikan lonceng yang dibawanya seraya memanjatkan doa. Tak lama kemudian, keluar berbagai perhiasan dari Naga Basuki. Sidi Mantra kemudian membawa pulang berbagai perhiasan tersebut.

Sidi Mantra Meminta Anaknya Untuk Berhenti Bermain Judi

Gunung Agung

Sesampainya di rumah, berbagai perhiasan tersebut kemudian diberikan kepada anaknya. Ia juga meminta anaknya berhenti berjudi. Awalnya, Manik menyanggupi permintaan sang ayah. Namun, ia kemudian melanggar janjinya dengan menghabiskan seluruh perhiasan untuk berjudi.

Baca Juga :  Mengenal Asal Usul Nail Art, Sudah Populer Sejak Zaman Mesir Kuno

Setelah itu, Manik pulang dan mencari tahu dari mana ayahnya mendapatkan berbagai perhiasan. Manik kemudian berhasil mengetahui bahwa sang ayah mendapatkannya dari Naga Basuki yang mendiami Gunung Agung.

Manik Angkeran kemudian pergi ke Gunung Agung setelah mencuri lonceng milik ayahnya. Sesampainya di Gunung Agung, Manik Angkeran bertemu dengan Naga Basuki untuk meminta berbagai perhiasan.

Naga Basuki mau memberikan berbagai perhiasan asalkan Manik mau berjanji berhenti berjudi. Manik pun menyanggupinya, tetapi ia melanggar janjinya. Tetapi, ia jutsru bersikap tamak untuk lebih menguasai harta.

Manik Angkeran kemudian berniat untuk membunuh Naga Basuki. Akan tetapi, rencana tersebut terlebih dahulu diketahui Naga Basuki. Akhirnya, Manik Angkeran dibunuh Naga Basuki. Mendengar anaknya terbunuh, Sidi Mantra sedih.

Sidi Mantra kemudian memohon kepada Naga Basuki untuk menghidupkan kembali anaknya tersebut. Naga Basuki yang melihat permintaan Sidi Mantra kemudian menyanggupi untuk menghidupkan lagi Manik Angkeran.

Namun, Naga Basuki memberi syarat supaya Sidi Mantra dan Manik Angkeran tinggal di tempat yang berbeda. Sidi Mantra setuju. Setelah Manik Angkeran hidup lagi, Sidi Mantra kemudian menggunakan tongkatnya untuk membuat batas wilayah.

Melalui tongkat tersebut dibuatlah garis pemisah yang kemudian mengalir air hingga menjadi sungai besar dan berubah menjadi selat. Selat tersebut kemudian dikenal dengan Selat Bali yang memisahkan Pulau Jawa dengan Pulau Bali.

Terbentuknya Selat Bali

Selat Bali

Pulau Bali terbentuk melalui proses yang sangat panjang. Sementara itu, menurut para ahli Geologi, Selat Bali terbentuk karena adanya aktivitas vulkanik. Pulau Bali diperkirakan terbentuk sekitar 23 juta tahun ketika ada aktivitas gunung api bawah laut di timur Pulau Jawa. Akibat aktivitas tersebut, magma panas keluar dari perut bumi, mengendap, dan mengalami pengerasan.

Baca Juga :  Arti Lambang Pramuka Indonesia, Beserta Asal-usul Tunas Kelapa sebagai Lambang Pramuka

Endapan magma yang membentuk Pulau Bali pun tidak hanya berasal dari satu gunung. Magma berasal dari lapisan bawah kulit bumi dan suhunya sangat panas sehingga melelehkan kerak bumi di atasnya atau yang dikenal dengan hotspot.

Selain itu, Pulau Bali juga dibentuk dari hasil endapan bawah laut yang diduga berasal dari erosi bebatuan di Pulau Jawa bagian timur. Hasil aktivitas bumi selama beberapa waktu akhirnya membentuk daratan yang kini dikenal sebagai Pulau Bali.

Nah, jadi itulah penjelasan mengenai legenda asal usul terbentuknya Selat Bali. Semoga informasinya bermanfaat ya!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles