32.5 C
Jakarta
Wednesday, June 19, 2024

6 Perbedaan Antara Kasti dan Rounders yang Wajib Untuk Diketahui!

Kasti dan rounders termasuk jenis olahraga permainan bola kecil. Kasti dan rounders merupakan 2 jenis permainan berbeda dengan teknik dan peraturan yang hampir sama dengan softball maupun baseball. Meski begitu, kasti terbilang lebih populer di Indonesia. Kasti dan rounders merupakan 2 jenis permainan berbeda dengan peraturan yang hampir sama.

Kasti dan rounders dimainkan secara beregu oleh dua tim berlawanan berisi 12 pemain. Tak hanya itu, pemain berperan sebagai pemukul dan penjaga. Meski demikian, permainan kasti dan rounders sangat berbeda.

Apa saja perbedaan antara kasti dan rounders? Yuk langsung saja disimak artikel berikut dibawah ini tentang 6 perbedaan antara kasti dan rounders yang wajib untuk diketahui:

Bentuk Lapangan

perbedaan bentuk lapangan antara permainan kasti dan rounders

Perbedaan kasti dan rounders dapat dilihat dari segi bentuk lapangan. Lapangan permainan kasti umumnya berbentuk persegi panjang.

Lapangan kasti dibagi menjadi beberapa daerah. Di antaranya satu ruang bebas, satu ruang pertolongan, dua ruang hinggap atau base, dan tiga pos sebagai tujuan lari tim pemukul usai sukses memukul bola.

Adapun lapangan permainan rounders memiliki bentuk segi lima beraturan dengan panjang masing-masing sisi 15 meter. Di dalamnya terdapat lima tempat hinggap berbentuk bujur sangkar, yaitu base I, II, III, IV, dan V.

Ukuran Lapangan

perbedaan ukuran lapangan antara permainan kasti dan rounders

Selain bentuk lapangan, ukuran lapangan juga mempengaruhi perbedaan kasti dan rounders. Pada permainan kasti, panjang lapangan berkisar antara 60-70 meter dengan lebar mencapai 30 meter.

Sebaliknya, masing-masing sisi lapangan rounders memiliki panjang 14 meter dan berukuran 40 x 40 cm. Dalam permainan rounders, posisi base V atau home base berada di depan pitcher base, tempat untuk melambungkan bola. Jarak antara home base dan pitcher base adalah 8 meter.

Tiang Hinggap (base)

perbedaan tiang hinggap antara permainan kasti dan rounders

Permainan kasti dan rounders memiliki peraturan untuk melewati pos-pos tertentu sebelum kembali ke home. Hanya saja, jumlah base menjadi perbedaan kasti dan rounders berikutnya. Tiang hinggap pada permainan kasti berjumlah tiga. Sementara permainan rounders memiliki empat tiang hinggap.

Alat Pemukul (bat)

perbedaan alat pemukul antara permainan kasti dan rounders

Alat pemukul atau bat termasuk aspek perbedaan kasti dan rounders selanjutnya. Pemukul kasti terbuat dari kayu berbentuk stik pemukul dengan panjang 50-60 cm dan diameter 5 cm. Di sisi lain, alat pemukul rounders hadir dengan ukuran panjang 50-80 cm. Sementara diameternya adalah 7 cm.

Berat Bola

perbedaan berat bola antara permainan kasti dan rounders

Baik permainan kasti maupun rounders menggunakan bola dengan lingkaran 19-22 cm. Meski begitu, berat bola menjadi faktor perbedaan kasti dan rounders selanjutnya. Berat bola kasti kira-kira 70-80 gram. Sementara berat bola rounders mencapai 80-100 gram.

Durasi Permainan

perbedaan durasi permainan antara kasti dan rounders

Ada perbedaan yang relatif signifikan dalam hal durasi permainan perbedaan kasti dan rounders ini dapat dinilai dari jalannya permainan kasti yang terdiri dari dua babak. Setiap babak pun berjalan selama 30 menit dengan waktu istirahat selama 10 menit.

Sementara jalannya permainan rounders berlangsung selama tiga inning atau babak. Setiap babak pun dinyatakan usai bila setiap regu sudah bergantian memukul dan berjaga.

Nah, jadi itulah penjelasan tentang 6 perbedaan kasti dan rounders yang wajib untuk diketahui. Perbedaan ini mencakup bentuk lapangan, ukuran lapangan, tiang hinggap, alat pemukul, berat bola, dan waktu permainan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles