32.1 C
Jakarta
Saturday, February 4, 2023

Inilah Sejarah dan Arti Filosofi dari Olahraga Golf

Golf saat ini dapat dikatakan sebagai salah satu olahraga yang banyak digandrungi. Tidak hanya di kalangan pebisnis, tetapi juga anak-anak muda. Bisa dilihat saat akhir pekan, lapangan golf sering dipenuhi oleh anak-anak muda.

Anggapan golf olahraga yang mahal belakangan tidak sepenuhnya benar. Jika kamu belum mampu membeli peralatannya, kamu bisa meminjam atau menyewa peralatan menggunakannya bersama teman-teman atau membeli peralatan bekas di pasaran. Harga sewa lapangan pun sudah tidak semahal dahulu.

Sebenarnya, dari manakah olahraga yang menggunakan tongkat untuk memukul bola ini berasal? Untuk mengenalnya, langsung saja di simak artikel berikut dibawah ini tentang sejarah dan filosofi dari olahraga golf:

Sejarah Golf Dikabarkan Berkembang di Skotlandia

olahraga golf dikabarkan berkembang di negara skotlandia

Asal mula golf masih simpang siur. Golf terinspirasi dari penggembala Skotlandia yang sering memukul batu-batu kecil menggunakan tongkat. Penggembala ini mengarahkan batu-batu kecil ke lubang yang menjadi sarang kelinci.

Di tempat inilah kemudian berkembang sebuah klub golf tertua bernama The Royal and Ancient Golf Club of St Andrews. Banyak versi yang berkembang. Seperti penelitian yang dilakukan Prof. Ling Hongling dari Universitas Lanzhou.

Ia menyebutkan bahwa golf mulai dikenal pada era Dinasti Tang Selatan di Cina. Ada juga yang mengatakan kalau olahraga ini sudah dimainkan masyarakat Belanda di Loenen aan de Vecht pada 26 Februari 1297.

Walaupun banyak versi, golf yang ditemukan di Skotlandia jadi cikal bakal permainan golf era modern seperti saat ini. Lapangan golf dengan delapan belas lubang juga dikembangkan di sana. Dari Skotlandia inilah golf mulai diperkenalkan ke Inggris hingga ke seluruh dunia.

Golf pada awalnya disebut dengan nama gouf. Istilah gouf ini kemudian berkembang lagi menjadi goulf, yang memiliki arti ‘memukul’. Uniknya, ada yang menyebut jika golf ini memiliki kepanjangan gentlement only ladies forbidden, di mana olahraga ini hanya diperuntukkan bagi kaum pria saja.

Baca Juga :  Sejarah Singkat Tahun Baru Islam dan Penetapan Kalender Hijriah

Pada awalnya, jumlah lubang pada permainan golf juga bukanlah 18, melainkan 11 lubang yang memiliki jarak berdekatan. Kemudian, pada tahun 1767 lapangan golf dibuat memiliki sembilan lubang. Jika dimainkan secara bolak-balik menjadi delapan belas lubang.

Stik atau tongkat pemukul yang pertama kali digunakan terbuat dari kayu, bukan dari logam seperti saat ini. Begitu juga dengan bolanya, pada awalnya terbuat dari kayu. Lalu, baru kemudian dikembangkan menjadi bola dengan inti dari campuran polimer dan karet.

Arti Filosofi dari Golf Mengajarkan Kejujuran

filosofi olahraga golf mengajarkan untuk jujur

Sebagai olahraga, golf memberikan manfaat untuk kesehatan bagi tubuh. Namun, di balik manfaat untuk kesehatan, ternyata golf memiliki filosofi untuk mengajarkan pemainnya berperilaku jujur, baik saat bermain biasa maupun saat pertandingan.

Setiap atlet harus jujur terhadap pencapaiannya di lapangan, tidak boleh mengubah-ubah data. Tidak boleh memberikan data-data yang tidak sesuai dengan tujuan terlihat memiliki hasil yang baik.

Jika seorang pemain, khususnya atlet golf berkelakuan tidak jujur, maka ia akan mendapatkan hukuman. Hukumannya beragam. Bisa pengurangan skor, diskualifikasi, hingga skorsing.

Nah, jika kamu berminat untuk mencoba bermain golf, sebaiknya kamu mencoba dahulu lapangan driving range. Lapangan ini khusus untuk belajar menggunakan stik golf. Perlu diingat, saat bermain golf kamu juga harus siap berjalan kaki setelah memukul bola ke lubang yang dituju. Itulah penjelasan mengenai sejarah dan arti filosofi dari olahraga golf

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles