26.2 C
Jakarta
Saturday, May 25, 2024

5 Cabai Pedas yang Paling Populer di Amerika Selatan

Cabai merupakan salah satu jenis bumbu masakan yang umum digunakan dalam berbagai macam masakan, khususnya masakan-masakan khas Amerika Selatan. Cabai memiliki banyak ragam, dari yang bentuknya lonjong sampai bulat, serta yang warnanya hijau sampai merah. Ada banyak cabai pedas yang paling populer di Amerika Selatan.

Selain bentuk dan rupanya yang beragam, rasanya juga berbeda-beda. Penasaran ada berapa jenis cabai pedas yang paling populer di Amerika Selatan? Yuk langsung saja simak artikel berikut dibawah ini:

Aji Límo

cabai pedas aji limo

Aji límo atau yang dalam bahasa Inggris disebut lemon drop pepper merupakan salah satu jenis cabai yang sangat populer di Peru. Ukuran cabai ini sekitar dua hingga tiga inci. Tak hanya itu, aji límo juga memiliki varian warna yang beragam, seperti oranye, kuning, dan merah.

Dikatakan memiliki rasa yang sangat pedas, cabai bernama ilmiah Capsicum baccatum ini diperkirakan memiliki tingkat kepedasan 30.000 – 50.000 SHU. Di Peru, cabai ini sering digunakan sebagai bumbu berbagai macam masakan, salah satu yang paling populer adalah ceviche.

Rocoto Chile

cabai pedas rocoto chile

Rocoto chile (Capsicum pubescens) adalah jenis cabai berukuran dua hingga tiga inci yang berasal dari kawasan Andes di Peru dan Bolivia. Cabai ini memiliki bentuk dan tampilan yang khas, yaitu bentuk menyerupai apel berukuran kecil dan dengan tampilan yang mirip paprika. Ciri khas lain yang juga membuat cabai ini mudah dikenali adalah warna bijinya yang cenderung gelap.

Cabai ini memiliki skala kepedasan yang dapat mencapai 30.000 – 100.000 SHU. Karena tingkat kepedasannya yang tinggi, cabai ini biasanya hanya digunakan dalam jumlah yang sedikit pada suatu masakan. Uniknya, cabai ini dikatakan memiliki rasa yang segar dan manis hampir seperti tomat.

Madame Jeanette

cabai pedas madame jeanette

Cabai satu ini adalah cabai yang berasal dari Suriname. Bernama ilmiah Capsicum chinense, cabai yang sering disebut sebagai Madame Jeanette ini merupakan cabai yang memiliki tingkat kepedasan yang sangat tinggi, yaitu sekitar 100.000 – 350.000 SHU atau setara dengan tingkat kepedasan cabai habanero.

Cabai ini diketahui berukuran tiga hingga empat inci dengan warna kuning kemerahan ketika matang. Dari segi rasa, cabai ini disinyalir memiliki sedikit rasa buah yang cenderung seperti nanas dan mangga. Cabai ini banyak digunakan dalam masakan-masakan khas Suriname.

Malagueta Pepper

cabai pedas malagueta pepper

Jenis cabai keempat yang juga populer di Amerika Selatan adalah cabai malagueta atau malagueta pepper. Cabai yang disinyalir berasal dari Brazil ini bahkan telah banyak digunakan di negara-negara luar Amerika Selatan, seperti Angola, Mozambik, Portugal, serta Sao Tome dan Príncipe. Walaupun ukurannya yang tak lebih dari 5 cm, cabai ini ternyata memiliki tingkat kepedasan yang tinggi.

Cabai bernama ilmiah Capsicum frutescens ini diperkirakan memiliki tingkat kepedasan rata-rata 75.000 SHU dengan skala terpedas dapat mencapai 100.000 SHU. Di negara asalnya, cabai jenis ini digunakan dalam banyak masakan, khususnya hidangan sejenis stew dan sup.

Aji Amarillo

cabai pedas aji amarillo

Aji amarillo (Capsicum baccatum) merupakan salah satu cabai yang sangat populer di Peru dengan warna oranye cerah. Cabai ini diperkirakan dapat tumbuh hingga berukuran empat hingga lima inci. Aji amarillo memiliki tingkat kepedasan yang setara dengan aji límo, yaitu sekitar 30.000 hingga 50.000 SHU. S

Selain digunakan sebagai campuran ceviche, cabai ini juga biasanya dibuat menjadi pasta yang dapat digunakan sebagai pelengkap berbagai hidangan. Selain dapat memperkaya rasa, cabai ini juga dapat membuat tampilan makanan menjadi lebih menarik dengan warnanya yang mencolok.

Cabai memang banyak sekali jenis dan rupanya. 5 jenis cabai di atas hanyalah sebagian kecil dari sekian banyak jenis cabai yang ada di dunia. Nah, jadi itulah penjelasan tentang 5 cabai pedas yang paling populer di Amerika Selatan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles