35 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Gempa Magnitudo 5,2 Mengguncang Mentawai Sumatera Barat

Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,2 magnitudo mengguncang wilayah Pantai Barat Laut Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Gempa terkini hari ini, Senin (29/8/2022) pukul 05.34 WIB, berasal dari aktivitas subduksi zona megathrust Lempeng Mentawai-Siberut.

Analisis gempa Mentawai hari ini, Plt. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan, hasil analisis menunjukkan gempa hari ini mempunyai parameter update dengan magnitudo 5,2.

Pusat gempa bumi di wilayah Mentawai ini bermagnitudo cukup signifikan ini berada di laut dengan kedalaman 16 km. Meski begitu, hasil pemodelan tidak menunjukkan gempa bumi memicu gelombang tsunami.

“Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,04 derajat LS dan 98,55 derajat BT. Atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 3 km arah barat Laut Siberut Barat, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada kedalaman 16 km,” ujar dia saat dihubungi, pada Senin (29/8/2022).

Ia menambahkan, gempa bumi hari ini di Mentawai akibat subduksi di zona megathrust yang terjadi tersebut berjenis gempa dangkal. Hal tersebut berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.

Adapun gempa terjadi akibat adanya aktivitas subduksi lempeng segmen megathrust Mentawai-Siberut.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” jelas Daryono.

Hasil monitoring gempa terkini BMKG hingga pukul 06.20 WIB. Terkait gempa Mentawai akibat subduksi megathrust Mentawai-Siberut ini menunjukkan adanya satu gempa susulan dengan kekuatan 3,8 magnitudo.

Dampak gempa bumi Mentawai

Gempa Mentawai yang terjadi dirasakan oleh sejumlah masyarakat di berbagai daerah, seperti:

  • Daerah Siberut Utara dengan skala intensitas IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah)
  • Daerah Tuapejat dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu)
  • Daerah Pasaman Barat, Padang, Painan, dan Nias Selatan dengan skala intensitas II-III MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)
  • Daerah Padang Panjang, Bukittinggi, Kabupaten Solok, Solok Selatan dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Terkait gempa Mentawai Daryono mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu, masyarakat diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” pungkas Daryono.

Sebagai tambahan informasi, informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang dapat diakses masyarakat melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Nah, itulah penjelasan mengenai Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,2 magnitudo mengguncang wilayah Pantai Barat Laut Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Pusat gempa bumi di wilayah Mentawai ini bermagnitudo cukup signifikan ini berada di laut dengan kedalaman 16 km.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles