26.7 C
Jakarta
Saturday, May 25, 2024

5 Destinasi Air Terjun Memukau di Sri Lanka

Wilayah Sri Lanka yang luas menyimpan banyak sekali air terjun memukau yang dapat dijadikan sebagai destinasi wisata alam yang seru. Namun, sebagian besar dari air terjun tersebut terletak di daerah terpencil dengan akses yang cukup sulit dijangkau oleh para wisatawan sehingga membutuhkan usaha ekstra untuk menuju lokasi air terjun.

Tersebar di beberapa wilayah di Sri Lanka mulai dari Badulla, Maskeliya hingga Nuwala Eriya. Inilah lima air terjun paling populer yang terdapat di Sri Lanka, sebagai berikut

Air terjun Bambarakanda

ilustrasi Air terjun Bambarakanda

Air terjun Bambarakanda dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di negara Sri Lanka yang tinggi alirannya mencapai 263 meter. Dilansir dari laman Trip101, lokasi air terjun ini terletak di daerah Badulla dan menjadi objek wisata alam paling terkenal di wilayah tersebut. Yang menariknya dari air terjun Bambarakanda adalah letaknya yang berada di ujung sungai Kuda Oya.

Dengan alirannya airnya yang jatuh cukup deras, air terjun Bambarakanda terlihat sangat memukau jika dilihat dari kejauhan. Di dasar air terjun, pengunjung dapat berenang atau sekadar menikmati pesona alam sekitar yang indah.

Air terjun Baker’s

ilustrasi Air terjun Baker’s

Air terjun Baker’s dinamai sesuai nama penemunya yaitu Sir Simon Baker yang merupakan seorang penjelajah asal Inggris. Tempat ini ditemukan pada akhir tahun 1800-an yang lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Horton Plains. Walaupun air terjun Baker’s hanya mempunyai tinggi 20 meter namun aliran airnya terlihat sangat indah menuruni tebing bebatuan.

Di sekitar air terjun kamu dapat menemukan berbagai macam jenis tumbuh-tumbuhan eksotis. Tempat ini juga dapat dijadikan sebagai jalur tracking yang seru bagi para pecinta alam.

Air terjun Bopath Ella

ilustrasi Air terjun Bopath Ella

Suasana damai dan tenang akan langsung terasa saat tiba di lokasi air terjun Bopath Ella yang letaknya jauh dari pusat keramaian. Hal inilah yang membuat tempat ini cocok dijadikan sebagai destinasi wisata alam untuk merilekskan pikiran. Air terjun Bopath Ella terletak di daerah Ratnapura dan selalu ramai dikunjungi oleh penduduk setempat ketika akhir pekan.

Di samping menyuguhkan pemandangan alam yang memukau, aliran airnya sangat jernih dan dingin sehingga akan membuat badanmu terasa segar setelah berendam di dasar air terjun.

Air terjun Dunhinda

ilustrasi Air terjun Dunhinda

Dalam bahasa Sinhala “dun” memiliki arti kabut yang merujuk pada pesona dari air terjun Dunhinda yang sering dikelilingi kabut cukup tebal sehingga menciptakan suasana yang indah sekaligus mistis. Hal inilah yang menjadi daya tarik utama dari tempat ini sehingga banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Namun, kebanyakan penduduk lokal enggan untuk berenang di dasar air terjun dikarenakan ada sebuah legenda yang menceritakan bahwa di dasar air terjun Dunhinda hidup seekor ikan misterius yang sedang menjaga harta karun yang terpendam.

Air terjun Gartmore

ilustrasi Air terjun Gartmore

Air terjun Gartmore juga dikenal dengan sebutan air terjun Sri Pada dan sering dijadikan sebagai destinasi hiking paling terkenal di wilayah Sri Lanka. Dilansir dari laman Introtravel, air terjun Gartmore terletak di dekat gunung Sri Pada yang aliran airnya jatuh langsung ke waduk Maskeliya.

Tak jauh dari lokasi air terjun Gartmore juga terdapat air terjun Moraway yang memiliki aliran air yang tak kalah indah. Agar kamu dapat melihat air terjun Gartmore secara keseluruhan, kamu disarankan untuk mendaki puncak Adam.

Nah, itulah beberapa destinasi air terjun memukau di Sri Lanka. Dengan keindahan alam sekitar yang memesona akan membuat suasana hati dan pikiranmu menjadi tenang dan damai.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles