26.2 C
Jakarta
Saturday, May 25, 2024

5 Hewan yang Berumur Jutaan Hingga Masih Hidup Sampai Sekarang

Dunia mengalami banyak sekali perubahan selama beberapa ratus tahun terakhir. Bukan hanya bentuk daratan dan laut yang berubah, tetapi juga mahluk hidup di dalamnya. Jika membahas tentang makhluk prasejarah, yang ada di pikiran kebanyakan orang adalah fosil hewan-hewan zaman dahulu yang saat ini sudah tidak ada lagi.

Namun kenyataannya, ada beberapa hewan zaman prasejarah yang masih dapat kita temui hingga kini. Terdapat sejumlah hewan yang sudah ada jutaan tahun lalu dan tidak banyak berevolusi hingga kini. Banyak di antaranya yang hidup di lautan luas. Di sini, kita akan membahas apa saja makhluk laut purba yang masih hidup hingga kini.

Kepiting Tapal Kuda

Gambar hewan Kepiting tapal kuda

Kepiting tapal kuda tidak hanya hidup lebih lama dari dinosaurus, tetapi juga selamat dari lima kepunahan massal. Diperkirakan, makhluk ini telah ada sejak 450 juta tahun lalu tanpa ada perubahan signifikan.

Sayangnya, kepiting tapal kuda menghadapi ancaman kepunahan untuk pertama kalinya. Dijelaskan laman American Oceans, para ilmuwan percaya bahwa ini adalah akibat dari perubahan iklim, hilangnya habitat, dan pengambilan oleh manusia.

Coelacanth

Ilustrasi hewan Coelacanth

Coelacanth diperkirakan telah punah 65 juta tahun yang lalu bersama dengan kepunahan massal dinosaurus. Namun, ternyata coelacanth ditemukan kembali pada tahun 1938. Dengan demikian, coelacanth sudah bertahan selama 360 juta tahun.

Coelacanth tumbuh hingga 2 meter atau lebih dan dapat hidup lebih dari 60 tahun. Hewan ini dianggap sebagai anggota kelompok taksonomi Osteichthyes atau ikan bertulang yang memakan cumi dan ikan lainnya.

Dengan adanya karakteristik yang membedakan coelacanth dari ikan modern. Misalnya, coelacanth memiliki empat sirip berdaging memanjang dari tubuh dan mendorong mereka dengan cara yang menyerupai gerakan bergantian kaki depan dan belakang.

Selain itu, coelacanth memiliki sendi berengsel di tengkorak yang memungkinkan mereka membuka mulut lebih lebar. Hingga organ rostral yang memungkinkan mereka mendeteksi mangsa. Semua karakteristik ini tidak lagi ditemukan pada vertebrata modern.

Ubur-Ubur

Gambar hewan prasejarah Ubur-ubur

Hewan ini adalah makhluk laut yang diperkirakan sudah ada sejak 500 juta tahun lalu. Ubur-ubur berkembang di lautan yang tidak seharusnya berisi kehidupan karena mereka terlalu sederhana dan rentan diganggu.

Namun, faktanya, ketika predator perlahan-lahan berkurang akibat perubahan iklim, ubur-ubur masih bertahan hingga kini. Diperkirakan, populasi ubur-ubur akan terus meningkat dan menguasai lautan di masa depan.

Hiu Berjumbai

Ilustrasi hewan Hiu berjumbai

Hiu berjumbai hidup di jurang gelap laut dalam dan telah ada sejak 80 juta tahun yang lalu. Selama 80 tahun, ikan ini tidak banyak berubah. Dilansir laman idntimes.com, ikan ini dijuluki hiu berjumbai karena memiliki enam insang yang tampak berbulu.

Hiu berjumbai juga memiliki karakteristik unik yang lebih mirip ular daripada hiu. Dengan gigi tajam berjumlah 300 dan rahang berengsel. Hiu berjumbai diyakini mampu melahap mangsanya yang berupa ikan laut dalam dan cumi-cumi dengan cepat.

Lamprey

Ilustrasi dari hewan Lamprey

Lamprey adalah ikan parasit yang sudah menghuni bumi dalam 360 tahun terakhir, menurut laman Ocean Concervancy. Ikan purba ini telah selamat dari empat kepunahan evolusioner, meskipun saat ini keberadaannya terbatas di Samudra Atlantik.

Lamprey memiliki struktur yang mirip dengan lintah atau belut. Mereka tidak memiliki tulang, melainkan kerangka tulang rawan dengan sirip ekor tunggal. Lamprey juga makan dengan mengisap nutrisi dari aliran darah ikan lain.

Sayangnya, karena gangguan manusia yang meningkat, populasi Lamprey sangat menurun, yang berpotensi mempengaruhi seluruh ekosistem.

Nah, Itulah pembahasan tentang 5 hewan yang Prasejarah yang masih hiduo hingga sekarang. Semua hewan ini memang berhasil melewati beberapa kepunahan massal. Sayangnya, perubahan iklim dan ancaman di lautan dikhawatirkan dapat memusnahkan spesies purba ini.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles