34 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Sepeda dan Motor Listrik

Sudah mulai banyak merek sepeda motor listrik dengan model beragam yang bisa dipilih oleh konsumen. Mulai dari desain yang terinspirasi motor Jepang hingga bergaya Eropa. Motor listrik juga memiliki sejumlah kelebihan yang menarik untuk dilirik.

Misalnya efisiensi tinggi, akselerasi yang spontan, suara mesin lebih halus, serta perawatan yang mudah dan terjangkau. Tak hanya itu, motor listrik juga dikenal lebih ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan emisi gas yang menyebabkan pencemaran udara di jalanan.

Berbagai alasan di atas membuat penggunaan motor listrik menjadi kian masif di Indonesia. Lalu bagaimana dengan perawatannya?

Meskipun diklaim mempunyai kemudahan dalam perawatannya, motor listrik tetap saja membutuhkan perawatan seperti motor pada umumnya. Berikut adalah beberapa cara merawat motor listrik:

Mencabut Baterai dan Rutin Ganti Van Belt

ilustrasi motor listrik

Hal ini sebaiknya dilakukan, terlebih jika motor tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama karena baterai akan mengalami self discharge ketika motor dalam keadaan mati. Namun pastikan bahwa baterai dalam keadaan penuh terlebih dahulu. Selain itu, dicharge selama sekitar 10 menit setidaknya satu minggu sekali, agar baterai tidak mudah drop.

Van belt adalah komponen penting bagi motor listrik karena bertugas untuk menyalurkan tenaga menuju roda belakang sehingga kendaraan dapat melaju. Ketahanan umur dari van belt ini sendiri adalah 3000 km dan harus selalu diganti jika sudah melewatinya.

Memilih Cover Motor

ilustrasi motor listrik

Pemilik motor listrik dapat memilih cover motor dengan bahan polyester WP yang tahan lama meskipun terkena ancaman dari cuaca jahat, knalpot, maupun besi plat.

Dengan UV protector dan coating bening dapat menahan terpaan sinar matahari dan air sehingga tetap menjaga kualitas cat bodi motor dari kusam dan lecet.  Selain itu, cover motor juga dapat membuat motor listrik Anda tetap aman dari tangan-tangan jahat.

Perhatikan Sistem Rem Hindari Kompresor Saat Mencuci

Seperti pada motor konvensional, sistem pengereman juga menjadi perhatian khusus. Pastikan pengecekan  setiap 2 atau 3 bulan sekali pada bagian kampas rem.

Motor listrik memiliki semacam kisi-kisi udara yang bisa membuat celah air menyusup ke sistem kelistrikan di bagian kolongnya dan memungkinkan merusak sistem kelistrikan tersebut.

Perhatikan Garansi

ilustrasi motor listrik

Produk sepeda dan motor listrik yang memiliki garansi komponen patut Anda lirik untuk dijadikan pilihan. Cek dulu garansi produk demi kenyamanan. Untuk diketahui tidak sedikit komponen sepeda listrik dan motor listrik yang mungkin rentan mengalami kerusakan.

Utamanya adalah mesin motor dan baterai. Tidak sembarang ahli kelistrikan dapat menangani permasalahan tersebut. Sehingga dengan adanya garansi produk membuat Anda tidak terbebani apabila ada kerusakan komponen setelah pembelian.

Layanan Produk

ilustrasi motor listrik

Sepeda dan motor listrik adalah moda transportasi yang baru dan tidak banyak dimiliki orang. Sehingga, Anda akan membutuhkan informasi dan bantuan jika ada permasalahan pada sepeda atau motor listik Anda. Pilihlah produk yang memberikan pelayanan pascajual. Mulai dari penanganan masalah kecil hingga arahan bila terjadi kerusakan.

Itulah tadi empat hal yang bisa menjadi pertimbangan sebelum memilih produk sepeda listrik dan motor listrik. Kini anda bisa memilih sepeda listrik yang sesuai kebutuhan Anda. Sementara untuk motor listrik, Anda bisa memilih produk dari motor listrik Viar.

Nah, itulah hal-hal yang perlu diketahui sebelum membeli sepeda dan motor listrik. Sudah mulai banyak merek sepeda motor listrik dengan model beragam yang bisa dipilih oleh konsumen. Mulai dari desain yang terinspirasi motor Jepang hingga bergaya Eropa. Motor listrik juga memiliki sejumlah kelebihan yang menarik untuk dilirik.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles