29.3 C
Jakarta
Monday, June 17, 2024

6 Manfaat Flaxseed untuk Tubuh

Bukan hanya untuk mengurangi kolesterol, flaxseed memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti misalnya, mencegah penyakit kanker hingga mengatasi sembelit. Flaxseed atau biji rami adalah salah satu biji-bijian yang memiliki rasa serupa dengan kacang dengan konsistensi yang renyah. Selain itu, flaxseed juga dapat memberikan rasa dan tekstur yang berbeda ketika dicampurkan dengan makanan yang akan kamu konsumsi.

Umumnya, biji-bijian ini bisa digunakan untuk campuran smoothie buah dan sayur, overnight oats, hingga topping untuk burger. Flaxseed memiliki beragam kandungan di dalamnya yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Yuk, simak berbagai manfaat flaxseed yang bisa kamu rasakan untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Flaxseed bagi Tubuh

Flaxseed dikenal sebagai biji-bijian yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Berikut ini kandungan nutrisi yang terdapat dalam flaxseed:

  • Kalori.
  • Karbohidrat.
  • Lemak.
  • Serat.
  • Protein.
  • Tiamin.
  • Tembaga.
  • Mangan.
  • Magnesium.
  • Fosfor.
  • Zinc.
  • Vitamin B6.
  • Zat besi.
  • Folat.
  • Asam lemak omega-3

Beragam kandungan nutrisi inilah yang membuat flaxseed memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Nah, manfaat flaxseed untuk kesehatan antara lain:

Mencegah Penyakit Kanker

Ilustrasi flaxseed

Flaxseed memiliki kandungan lignan yang cukup tinggi. Senyawa ini dipercaya mampu mencegah perkembangan penyakit kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa flaxseed mampu mencegah penyakit kanker payudara, khususnya pada wanita yang telah mengalami menopause.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Ilustrasi flaxseed

Flaxseed juga bisa membantu kamu menurunkan kadar kolesterol. Hal ini karena kandungan serat dalam flaxseed cukup tinggi. Dalam satu penelitian di Biomedical Journal yang dilakukan pada orang dengan kolesterol tinggi, mengonsumsi 3 sendok makan (30 gram) bubuk biji rami setiap hari selama tiga bulan menurunkan kolesterol total sebesar 17 persen dan kolesterol LDL “jahat” hampir 20 persen.

Studi lain terhadap pengidap diabetes menemukan bahwa mengonsumsi 1 sendok makan (10 gram) bubuk biji rami setiap hari selama satu bulan menghasilkan peningkatan 12 persen kolesterol HDL “baik”.

Efek ini tampaknya disebabkan oleh serat dalam biji rami, karena mengikat garam empedu dan kemudian dikeluarkan oleh tubuh. Untuk mengisi kembali garam empedu ini, kolesterol ditarik dari darah ke hati. Proses ini pun akan menurunkan kadar kolesterol darah.

Menurunkan Tekanan Darah

Ilustrasi flaxseed

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan berbagai komplikasi yang berbahaya untuk kesehatan. Selain menerapkan pola makan yang sehat, pastikan kamu mengonsumsi berbagai makanan yang bisa membantu kamu menurunkan tekanan darah, salah satunya yaitu flaxseed.

Sebuah penelitian pada jurnal Clinical Nutrition menemukan fakta menarik pada 15 orang yang mengikuti uji coba konsumsi suplemen berbentuk bubuk flaxseed. Ternyata setelah konsumsi selama periode waktu tertentu, mereka berhasil menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Membantu Mengontrol Berat Badan

Ilustrasi flaxseed

Bagi kamu yang sedang menurunkan atau mengontrol berat badan, mengonsumsi flaxseed menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan. Kandungan serat dalam flaxseed membuat kamu akan merasakan kenyang lebih lama. Serat juga dinilai mampu membantu untuk menurunkan nafsu makan, sehingga lebih mudah untuk mengontrol jumlah porsi makanan yang kamu konsumsi.

Mengurangi Peradangan

Ilustrasi flaxseed

Flaxseed diketahui memiliki kandungan lignan yang dapat mengurangi peradangan. Kondisi ini terkait langsung dengan penurunan risiko serangan jantung dan stroke.

Nah, itulah beberapa manfaat flaxseed pada tubuh. Tentunya flaxseed bukanlah pengobatan utama yang bisa kamu lakukan. Mengonsumsi flaxseed menjadi salah satu perawatan yang bisa dijalankan setelah pengobatan utama terhadap penyakit yang kamu alami.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles