26.2 C
Jakarta
Wednesday, June 12, 2024

Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Terhadap Brigadir J

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian Djajadi mengatakan, rekonstruksi kasus pembunuhan berencana Brigadir J akan memperagakan 78 adegan. Adegan itu dimulai dari peristiwa di Magelang, rumah pribadi Sambo di Saguling dan rumah dinas Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan.

“Kegiatan yang di reka ulang meliputi peristiwa yang terjadi di rumah Magelang, rumah Saguling dan rumah Duren Tiga meliputi 78 Adegan,” kata Andi saat dihubungi.

Adapun rincian adegan peristiwa Magelang sebanyak 16 adegan yang meliputi peristiwa pada 4, 7 dan 8 Juli 2022. Di rumah Saguling sebanyak 35 adegan dengan meliputi peristiwa pada 8 Juli dan pasca pembunuhan Brigadir J.

“Di rumah Kompleks Polri Duren Tiga sebanyak 27 adegan (peristiwa pembunuhan Brigpol Joshua),” ujarnya.

Tiga Rantis Tambahan Siaga di Rumah Pribadi Ferdy Sambo

Tiga kendaraan taktis (rantis) tambahan bersiaga di rumah pribadi tersangka pembunuhan Brigadir J, eks Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo. Pantauan IDN Times pukul 09.30 WIB, rantis itu berisi personel Brimob berseragam lengkap dengan senjata laras panjang.

Tim forensik juga tiba di rumah pribadi Ferdy Sambo bersamaan dengan kedatangan rantis tersebut. Sebagai informasi, Polri akan melakukan rekonstruksi ulang kasus pembunuhan Brigadir J, di dua titik.

Kedua titik lokasi itu adalah rumah pribadi Ferdy Sambo di Jalan Saguling III dan rumah dinasnya di Duren Tiga. Dalam rekonstruksi ulang tersebut, Polri akan menghadirkan kelima tersangka pembunuhan Brigadir J, yaitu Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Bharada E, Brigadir RR, dan Kuat Maruf. Selain itu, Komnas HAM, Kompolnas serta Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan hadir dalam rekonstruksi ulang pembunuhan berencana Brigadir J.

Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J

Timsus akan menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J pada hari ini, Selasa (30/8). Rekonstruksi akan menghadirkan kelima tersangka, yakni Putri Candrawathi, Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E, Bripka Ricky Rizal atau Bripka RR, dan asisten rumah tangga yang juga sopir, Kuat Ma’ruf.

Rekonstruksi kasus pembunuhan berencana itu bakal dilakukan di dua Tempat Kejadian Perkara (TKP).

“Informasi terakhir dari penyidik, rekonstruksi di dua tempat, Duren Tiga dan Saguling,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (29/8).

Rumah pribadi Ferdy Sambo di Jalan Saguling III, Duren Tiga, Jakarta Selatan, merupakan TKP “rapat” perencanaan pembunuhan terhadap Brigadir J.

Rapat dihadiri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Bripka Ricky Rizal alias Bripka RR, dan Bharada Richard Eliezer alias Bharada E. Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto pernah menjelaskan, di rumah pribadi tersebut, Ferdy Sambo bertanya kepada Bripka RR dan Bharada E, sanggup tidak untuk mengeksekusi Brigadir J.

“(Keberadaan Putri, red) ada di lantai tiga saat Ricky dan Richard saat ditanya kesanggupan untuk menembak almarhum Yosua,” kata Agus saat dikonfirmasi, Sabtu (20/8).

Jenderal polisi bintang tiga itu mengatakan dari Saguling, Putri Candrawathi mengajak Brigadir Josua, Bripka RR, Bharada E, dan KM ke lokasi kejadian, Kompleks Polri, Duren Tiga, Pancoran Jakarta Selatan pada Jumat (8/7).

“Mengajak berangkat ke Duren tiga bersama RE, RR, KM, almarhum J. Mengikuti skenario yang dibangun oleh FS (Ferdy Sambo, red),” tutur Komjen Agus.

Kompleks Polri Duren Tiga Nomor 46, Jakarta Selatan, merupakan TKP penembakan terhadap anggota Brimob asal Jambi itu.

Ferdy Sambo menembak dinding-dinding rumah dinasnya merupakan bagian skenario seolah-olah terjadi baku tembak antara Bharada E dan Brigadir J. Irjen Dedi mengatakan, proses rekonstruksi diupayakan selesai dalam satu hari. Dijelaskan, rekonstruksi pembunuhan berencana ini akan dilaksanakan secara berurutan mulai dari lokasi perencanaan di Sanguling, kemudian di TKP penembakan di Duren Tiga.

“Ya dari Saguling ke TKP penembakan,” kata Irjen Dedi.

Nah, itulah penjelasan mengenai rekonstruksi pembunuhan Brigadir J dan tiga rantis tambahan siaga di rumah pribadi Ferdy Sambo. Serta, adapun rincian adegan peristiwa Magelang sebanyak 16 adegan yang meliputi peristiwa pada 4, 7 dan 8 Juli 2022. Di rumah Saguling sebanyak 35 adegan dengan meliputi peristiwa pada 8 Juli dan pasca pembunuhan Brigadir J.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles