30.2 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

1 September Hari Polwan, Inilah Sejarah dan Arti Logo Polisi Wanita

Hari Polwan diperingati setiap tanggal 1 September. Peringatan ini pertama kali diadakan pada tanggal 1 September 1938 sesuai dengan berdirinya Polwan di Indonesia.

Polisi Wanita (Polwan) merupakan satuan polisi khusus perempuan yang menangani berbagai masalah perempuan dan anak-anak. Munculnya polwan di Indonesia tak terjadi dengan begitu saja. Berdirinya Polwan memiliki sejarah yang cukup menarik. Penasaran? Yuk langsung saja disimak artikel berikut dibawah ini:

Sejarah Terbentuknya Polwan

awal terbentuknya polisi wanita di indonesia

Berdirinya Polisi wanita (Polwan) di Indonesia diawali dari kesulitan polisi untuk memeriksa fisik korban, tersangka, atau saksi perempuan saat menangani kasus. Polisi sering meminta bantuan istri polisi dan PNS perempuan untuk melakukan pemeriksaan.

Akibat kendala tersebut, organisasi perempuan di Bukittinggi mengusulkan pemerintah agar perempuan ikut serta dalam pendidikan kepolisian. Usulan tersebut disetujui oleh Cabang Djawatan Kepolisian Negara untuk Sumatera.

Terpilihlah enam perempuan yang menjadi polisi pada 1 September 1948, yakni Mariana Saanin, Nelly Pauna, Rosmalina Loekman, Dahniar Sukotjo, Djasmainar, dann Rosnalia Taher. Setelah itu, mereka mengikuti pendidikan inspektur polisi di SPN Bukittinggi.

Mereka dinyatakan lulus pendidikan polisi pada 1 Mei 1951 dan mulai bertugas di Djawatan Kepolisian Negara dan Komisariat Polisi Jakarta Raya. Hari penetapan para polwan tersebut dijadikan sebagai Hari Polwan yang diperingati setiap 1 September.

Tugas Polwan

tugas dari seorang polwan

Polwan memiliki beberapa tugas khusus yang menyangkut masalah perempuan dan anak-anak. Berikut ini merupakan tugas dari seorang polwan:

  • Mengusut, memberantas dan mencegah kejahatan yang dilakukan oleh atau terhadap wanita dan anak-anak.
  • Memberi bantuan kepada polisi umum dalam pengusutan dan pemeriksaan perkara terhadap terdakwa atau saksi khusus untuk memeriksa fisik kaum wanita yang tersangkut atau terdakwa dalam suatu perkara.
  • Mengawasi dan memberantas pelacuran, perdagangan perempuan dan anak-anak.

Peresmian Polwan Menjadi Bagian dari Polri

polwan diresmikan menjadi bagian dari polri

Polwan dinyatakan sebagai bagian angkatan bersenjata pada 1965 saat dikeluarkannya TAP MPR No. II Tahun 1960. Pendidikan calon perwira diintegrasikan bersama calon perwira polisi laki-laki untuk bersama-sama dididik di AAK (Akademi Angkatan Kepolisian) di Yogyakarta.

Perekrutan Polwan di AAK hanya berjalan satu angkatan, selanjutnya perekrutan Polwan dilaksanakan melalui jalur perwira karier setingkat sarjananya melalui SEPAMILWA (Sekolah Perwira Militer Wajib). Setelah itu, muncul juga sekolah polwan yang bernama Sekolah Polisi Wanita (Sepolwan).

Melalui Surat Keputusan No. Pol.: Skep/480/XI/1986 pada 29 November 1986, Jenderal Polisi Drs. Mochammad Sanoesi secara resmi mengesahkan lambang polisi wanita.

Arti dari Logo Polwan

logo daari polwan

Memiliki warna dominan kuning dan hijau dengan tulisan Esthi Bhakti Warapsari, berikut ini makna logo polwan.

  • Bunga Matahari yang bermakna sifat wanita.
  • Tujuh helai dan empat helai bunga melambangkan pedoman hidup Polri Tribrata dan pedoman kerja Polri Catur Prasetya Polri.
  • Perisai dan obor melambangkan Polwan adalah anggota kepolisian Republik Indonesia yang turut melaksanakan tugas dan fungsi kepolisian Republik Indonesia.
  • Tiga bintang emas bermakna Tribrata sebagai pedoman hidup bagi tiap anggota Polri.
  • 1948 melambangkan saat pertama kali adanya Polwan di kepolisian Republik Indonesia.
  • Esthi Bhakti Warapsari bermakna pengabdian putri-putri pilihan menuju kearah tercapainya cita-cita luhur yaitu terciptanya masyarakat Tata Tentram Kerta Raharja kepada negara dan bangsa.

Nah, itulah sejarah lengkap pembentukan polwan di Indonesia, beserta dengan tugas-tugasnya, dan arti dari logo Polwan yang menarik untuk kalian ketahui. Selamat Hari Polwan!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles