32.7 C
Jakarta
Monday, May 27, 2024

5 Permen Karamel yang Sudah Populer Sejak Dulu

Permen karamel adalah makanan yang sangat disukai oleh para sweet tooth sejak dulu. Bahkan, makanan ini punya sejarah panjang hingga memiliki ragam sajian tradisional yang masih bertahan sampai saat ini.

Selain itu, kamu bisa menikmati 5 macam permen karamel populer yang sangat seru untuk dijadikan teman ngemil, sewaktu ingin menikmati hidangan manis. Yuk langsung saja disimak artikel berikut ini tentang 5 permen karamel yang sudah menjadi favorit sejak dulu:

Permen Chewy

karamel chewy

Permen karamel yang satu ini sangat populer sejak dahulu di berbagai negara, termasuk Indonesia. Ciri khas permen tersebut terletak pada teksturnya yang chewy dan memiliki sensasi manis menarik hati.

Hal tersebut tak mengherankan, lantaran bahan-bahan yang digunakan terdiri dari sirup jagung, gula pasir, heavy cream, mentega, hingga air. Perasanya terdiri dari ekstrak vanila dan garam yang membuat permen memiliki perpaduan antara manis dan asin.

Karamel Kacang

permen karaamel kacang

Permen kacang karamel sering kali ditemui dalam bentuk bulat atau memanjang. Makanan ini sudah populer di beberapa wilayah sejak dahulu, serta memiliki kombinasi rasa yang manis dan asin, terutama karena penggunaan kacang asli di dalamnya.

Kacang yang digunakan pada makanan ini berupa kacang tanah yang dipanggang. Kemudian dibalut menggunakan karamel yang terbuat dari gula, sirup jagung, heavy cream, dan mentega. Makanan pun bisa dinikmati bersama tambahan saus cokelat yang sedap.

Apple Caramel

permen apple caramel

Permen yang satu ini terbilang unik, tetapi sangat sukses di pasaran. Hal itu karena permen akan membalut buah apel utuh, sehingga rasanya jadi jauh lebih segar dan manis. Sajian ini biasanya ditemukan dalam berbagai perayaan, salah satunya adalah halloween.

Cara pembuatan permen karamel apel sangat mudah, karena kamu bisa membuat adonan karamel dari heavy cream, gula cokelat, sirup jagung, mentega, garam dan ekstrak vanila. Nantinya buah apel yang sudah ditusuk, tinggal dicelupkan ke dalam adonan permen.

Karamel Wijen Jahe

permen karamel wijen jahe

Tidak dapat dipungkiri bahwa kombinasi antara karamel dan wijen sangatlah menggugah selera. Makanya tidak heran jika dua bahan utama itu dipertemukan dalam permen legendaris yang satu ini. Terlebih rasanya bukan cuma manis, tetapi hangat yang khas dari rempah-rempah.

Sebagaimana pembuatan permen karamel pada umumnya, bahan-bahan yang digunakan pada sajian ini pun terdiri dari heavy cream, gula, sirup jagung, mentega, dan garam. Serta tambahkan biji wijen putih dan candied ginger sebagai perasa utama untuk membuat permen yang lebih nano-nano.

Tanghulu

permen tanghulu

Permen karamel yang satu ini juga tidak kalah unik, karena bahan-bahan yang digunakan sangat simpel tetapi mampu membuat makanan semakin manis dan hits. Santapan tersebut bisa dibuat memakai macam-macam buah, baik itu strawberry, ceri, dan lain sebagainya.

Buah yang dipersiapkan haruslah segar. Kemudian tusuk menggunakan tusukan satai dan buat adonan karamel dari gula pasir dan air. Bedanya gula tidak dimasak sampai berwarna keemasan, melainkan hanya sampai larut. Lalu celupkan buah-buahan ke dalamnya dan biarkan lapisan permen mengeras.

Nah, itulah perpaduan karamel yang dibuat menjadi permen memang tidak pernah mengecewakan. Terlebih kalian bisa membuat aneka hidangan dengan berbagai tekstur dan bahan baku, seperti 5 olahan populer di atas.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles