35 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

3 Negara Paling Bahagia di Dunia 2022

World Happiness Report tahun ini bertemakan Happiness, Benevolence, and Trust During COVID-19 and Beyond. Berdasarkan data yang mencakup 2019-2021, gak ada perubahan yang cukup signifikan pada peringkat teratas.

Meskipun kebahagiaan merupakan suatu hal yang sulit untuk diukur, dari data yang dikumpulkan ada beberapa faktor yang menjadi penilaian penting pada laporan tahun ini. Beberapa di antaranya seperti tingkat kepercayaan masyarakat pada pemerintah dan orang lain, dukungan sosial, kemurahan hati, kebebasan membuat pilihan hidup, hingga emosi positif dan negatif yang sering kali mereka rasakan.

Dari 156 negara, Indonesia menduduki peringkat ke-87 sebagai negara paling bahagia di dunia. Sementara itu, beberapa dari kita mungkin membayangkan bagaimana rasanya hidup di negara dengan peringkat teratas sebagai negara paling bahagia di dunia.

Masih dipimpin oleh Finlandia, berikut tiga negara paling bahagia di dunia 2022 yang bikin kamu pengin merasakannya sendiri. Selain Finlandia ada negara mana saja, ya?

Finlandia

finlandia

Menduduki peringkat pertama sejak 2018, Finlandia berhasil mempertahankan kedudukannya di urutan pertama sebagai negara paling bahagia di dunia selama 5 tahun berturut-turut. Dengan evaluasi hidup rata-rata, Finlandia memperoleh skor sebesar 7,8.

Berawal dari kebiasaan orang Finlandia yang sangat menghargai pekerjaan seorang guru, di sana guru diberikan fasilitas, pelatihan, dan pendapatan sangat baik. Karena itu, pendidikan di Finlandia juga sangat berkualitas dan jadi negara yang paling melek huruf.

Berangkat dari kualitas pendidikan yang sangat baik, Finlandia juga berhasil menekan angka kemiskinan, kejahatan, dan mengedepankan kejujuran. Uniknya, di Finlandia juga terdapat peraturan yang memberlakukan jam kerja fleksibel di beberapa bidang pekerjaan.

Orang Finlandia bisa bekerja hanya dalam 3,8 jam dalam sehari, lho. Walaupun bekerja hanya dalam 3,8 jam, orang Finlandia akan menghabiskan waktunya setiap hari untuk mengunjungi wisata lokal atau mengambil pekerjaan tanpa bayaran.

Denmark

denmark

Dikenal memiliki sistem pemerintahan monarki tertua di dunia gak membuat Denmark kalah bersaing dengan negara lainnya. Jika pada 2021 Denmark menduduki peringkat ke-3, di 2022 ini Denmark berhasil menduduki peringkat ke-2. Dengan tingkat kepercayaan yang tinggi pada pemerintahan, Denmark berhasil memperoleh skor sebanyak 7,6.

Melalui gaya hidup yang menekankan pada pendidikan, budaya, dan program sosial yang berlaku, Denmark berhasil memperoleh standar hidup tinggi. Setiap orang yang tinggal di Denmark dikenakan kewajiban pajak penuh hingga 52,07 persen dari penghasilan mereka.

Walaupun memiliki kewajiban pajak yang terbilang tinggi, setiap warganya akan memperoleh akses kesehatan berkualitas. Bahkan, fasilitasnya dipercaya jauh lebih berkualitas dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya, seperti Amerika Serikat, Swiss, Kanada, Jepang, dan Jerman.

Selain fasilitas kesehatan, setiap warga Denmark juga akan memperoleh fasilitas pendidikan gratis, tunjangan anak hingga berusia 18 tahun, biaya persalinan, angkutan umum, fasilitas publik dan ruang publik, serta wahana rekreasi yang terpelihara dengan baik.

Islandia

islandia

Turun ke peringkat ke-3 pada 2022 ini gak membuat Islandia menjadi salah satu negara yang gak bahagia, kok. Jika pada tahun sebelumnya Islandia memperoleh skor 7,575, pada tahun ini negara Islandia memperoleh skor sebanyak 7,557.

Selain memiliki lanskap gletser dan laut yang memukau, Islandia dikenal sebagai negara yang damai dan aman dengan tingkat kepercayaan yang tinggi pada pemerintahannya. Namun, siapa sangka jika Islandia gak memiliki angkatan militer?

Yap, Islandia adalah salah satu negara yang gak memiliki angkatan militer. Setiap warga negaranya diwajibkan untuk menjaga perdamaian dan memiliki toleransi tinggi. Karena itu, di negara ini jarang terdengar unjuk rasa besar-besaran, kejahatan, atau pun konflik.

Nah, Meskipun ada banyak faktor yang mempengaruhi tingkat kebahagiaan di negara paling bahagia dengan peringkat 3 teratas ini, mereka terbilang cukup loyal untuk membayar pajak dan memiliki standar hidup yang tinggi. Secara gak langsung kebahagiaan dan rasa puas mereka juga akan meningkat.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles