30.2 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

5 Olahan Salad Mi yang Populer dari Berbagai Negara

Mi selama ini dikenal sebagai salah satu hidangan yang dimasak dan disajikan bersama kuah atau aneka macam toping yang dimasak. Namun, ternyata mi juga bisa disulap menjadi bahan penunjang untuk olahan salad.

Di beberapa negara, mi menjadi salah satu bahan utama yang kerap kali dibuat sebagai kreasi salad menyegarkan. Ada olahan apa saja? Yuk, langsung disimak artikel dibawah ini  tentang 5 varian salad mi yang bisa kalian cicipi dengan aneka macam dressing unik:

Harusame Salad

Ilustrasi Harusame Salad

Jepang memiliki salah satu olahan salad mi yang cukup populer dan dinamai dengan harusama salad. Hidangan ini terdiri dari mi berbentuk tipis, transparan berwarna putih, serta macam-macam sayuran yang nantinya akan dilengkapi menggunakan dressing.

Umumnya olahan salad ini dibuat menggunakan mi harusama. Kemudian nantinya akan direbus dan dinikmati bersama potongan timun, wakame, dan wortel. Untuk dressing nya sendiri terdiri dari kecap asin, cuka beras, minyak wijen, dan aneka macam perasa.

Yum Woon Sen

Ilustrasi Yum Woon Sen

Salah satu negara di Asia, yakni Thailand juga memiliki kreasi salad mi andalan yang dinamai yum woon sen. Makanan ini merupakan gabungan antara glass noodle dan akan dinikmati bersama aneka macam isian, lalu dibumbui memakai dressing kacang.

Pada olahan otentiknya yum woon sen ini dibuat memakai glass noodles, daging babi atau bisa diganti menggunakan tofu dan udang. Lalu dressingnya akan dilengkapi memakai kacang, jeruk nipis, jahe, kecap asin, dan aneka macam bumbu perasa lainnya yang membuat olahan terasa menyegarkan.

Bun Chay

Ilustrasi Bun Chay

Masih menggunakan bahan utama berupa rice noodle. Kali ini olahan salad mi datang dari wilayah Vietnam dan dikenal sebagai bun chay. Olahan tersebut terdiri dari aneka macam isian yang memiliki dressing unik bercita rasa gurih, asam, dan pedas.

Selain glass noodle, isian yang ada di dalam salad pun tergolong ramai. Mulai dari mentimun, wortel, dan aneka macam rempah-rempah. Kalian juga dapat menambahkan tofu dan disiram memakai dressing dari jahe, cabai, kecap asin, cuka beras, dan lain-lain.

Bibim Guksu

Ilustrasi Bibim Guksu

Bibim guksu seringkali dijadikan sebagai alternatif salad mi yang berasal dari Korea Selatan. Isian dari sajian itu dibuat menjadi lebih dingin, sehingga memiliki cara penyajian yang terbilang unik dibandingkan olahan mi lainnya.

Selain mengandalkan keberadaan mi yang terbuat dari gandum atau biji-bijian, ada juga isian dari wortel, timun, selada, kimchi, telur, hingga kol merah. Kemudian nantinya seluruh bahan tersebut akan dicampur menjadi satu dan dinikmati bersama bumbu dari saus gochujang.

Khauk Swe Thoke

Ilustrasi Khauk Swe Thoke

Jika makanan yang satu ini dikenal sebagai khauk swe thoke dan merupakan olahan yang berasal dari tradisi Myanmar. Sajian ini pun dijadikan sebagai olahan salad mi yang memiliki kombinasi rasa unik, karena dilengkapi menggunakan saus asam.

Isian dari khauk swe thoke sangat kompleks, karena kamu bisa menggunakan mi telur yang akan digabungkan bersama daun bawang, udang, kol, dan lain sebagainya. Sementara itu, saus pendampingnya terdiri dari garlic oil dan tamarind sauce yang kaya rasa.

Salad mi merupakan salah satu makanan unik yang bisa dijadikan alternatif untuk membuat hidangan utama. Cara penyajian dan dressing yang unik dari setiap negara, membuat ragam makanan tersebut patut untuk dicicipi.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles