27.9 C
Jakarta
Monday, February 26, 2024

5 Tempat Wisata di Salatiga yang Wajib Masuk Bucket List Liburanmu

Dikenal sebagai salah satu provinsi terpadat di Indonesia, Jawa Tengah menyimpan harta karun berupa destinasi wisata yang mengagumkan. Meski bukan kota besar, bukan berarti Salatiga tidak mampu menonjol dibandingkan dengan kota-kota wisata lainnya.

Berbatasan langsung dengan Kabupaten Semarang, Salatiga memiliki destinasi wisata yang potensial banget. Supaya ada gambaran, berikut beberapa tempat wisata di Salatiga yang wajib dan bisa kamu kunjungi selama berlibur dikota tersebut.

Pendakian Gunung Merbabu

ilustrasi Pendakian Gunung Merbabu

Kalau suka mendaki, Gunung Merbabu bisa jadi pilihanmu. Pemandangan dari atas puncak salah satu gunung terindah di Indonesia akan membuatmu terpana. Dari puncaknya, kamu bisa menikmati keindahan Kota Salatiga, Danau Rawa Pening, bahkan Kota Semarang.

Sebelum mendaki, siapkan stamina yang benar-benar fit, karena gunung dengan ketinggian 3.000 meter di atas permukaan laut ini memiliki medan yang tidak mudah. Namun, pemandangan di atas puncak bakal membayar lunas perjuanganmu.

Lokasi: Jawa Tengah, Indonesia.

Jam operasional: setiap hari, 24 jam.

Harga: WNI Rp5.000 untuk hari biasa dan Rp7.500 untuk akhir pekan, sedangkan WNA Rp150 ribu untuk hari biasa dan Rp225 ribu untuk akhir pekan.

Taman Wisata Kopeng

ilustrasi Taman Wisata Kopeng

Wisata Kopeng berada di lereng Gunung Merbabu. Meski tidak sepenuhnya berada di Salatiga, tempat wisata ini berjarak delapan kilometer dari Salatiga. Kopeng merupakan wisata alam yang menyajikan keindahan hutan pinus dengan udara yang sejuk.

Di Kopeng, kamu bisa menikmati berbagai jenis bunga cantik dan membelinya. Tak hanya itu, bisa juga dijadikan lokasi outbound dan kemah bersama teman-teman. Asyik lagi kalau kamu menjelajah pedesaan dan hutan pinus dengan menunggang kuda.

Lokasi: Jalan Raya Salatiga – Magelang KM 15, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-16.30 WIB

Harga: Rp10 ribu

Agrowisata Salib Putih

ilustrasi Agrowisata Salib Putih

Jika kamu menginginkan hawa udara yang sejuk dan masih asri, Agrowisata Salib Putih bisa jadi jawabannya. Berada di dataran tinggi, tempat wisata ini sangat cocok jadi tempat berkemah, karena ada camping ground yang cukup luas.

Agrowisata Salib Putih merupakan ecopark hotel yang dilengkapi berbagai fasilitas, seperti taman bermain, perkebunan, hingga tempat outbound.

Lokasinya pun sangat strategis. Jarak dari Agrowisata Salib Putih menuju Kopeng hanya empat kilometer.

Lokasi: Desa Salib Putih, Salatiga, Jawa Tengah.

Jam operasional: setiap hari, 24 jam.

Harga: Gratis kalau hanya masuk. Paket berkemah Rp120 ribu untuk 50 orang. Paket outbound seharga Rp85 ribu hingga Rp825 ribu.

Danau Rawa Pening

ilustrasi Danau Rawa Pening

Danau Rawa Pening dipercaya berasal dari sebatang lidi yang ditarik dari tanah, kemudian mengeluarkan air dan menenggelamkan sebuah desa. Terlepas dari itu semua, keindahan alam Danau Rawa Pening memang sangat memesona.

Kamu bisa menjelajahi danau dengan menyewa sampan. Danau yang dikelilingi perbukitan ini bisa jadi latar foto yang kece. Kalau sudah lelah menjelajah, kamu bisa mengisi energi dengan menikmati kuliner khas Salatiga yang disajikan warung di pinggir danau.

Lokasi: Jalan Lingkar Selatan KM 3 Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-21.00 WIB.

Harga: Rp3.000 saat hari biasa dan Rp3.500 di akhir pekan.

Bukit Cinta

ilustrasi bukit cinta

Lokasinya berdekatan dengan Rawa Pening, sehingga cukup strategis dengan tempat wisata lainnya. Suasananya sejuk dengan pemandangan menawan.

Bukit Cinta terdiri dari sebuah taman yang cocok untuk bersantai atau piknik. Terdapat beberapa arena bermain seperti seluncuran, ayunan, dan lainnya. Cocok buat liburan bareng keluarga, apalagi anak-anak.

Lokasi: Salatiga-Ambarawa, Desa Kebondowo, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-18.00 WIB.

Harga: Rp6.000 untuk hari biasa dan Rp7.500 saat akhir pekan.

Nah, berbatasan langsung dengan Kabupaten Semarang, Salatiga memiliki destinasi wisata yang potensial banget. Supaya ada gambaran itulah 5 Tempat Wisata di Salatiga yang Wajib Masuk Bucket List Liburanmu.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles