29.3 C
Jakarta
Monday, June 17, 2024

5 Hewan dengan Jumlah Kaki Terbanyak di Dunia

Kaki adalah bagian tubuh yang berfungsi untuk menopang tubuh dan memungkinkannya bergerak. Manusia dan hewan mamalia memiliki struktur dasar yang sama. Sendi lutut menghubungkan segmen atas dan bawah kaki. Kaki juga disertai dengan otot yang memungkinkan kaki bergerak sementara tulang membuat kaki kuat untuk menopang tubuh.

Bedanya, jika manusia memiliki dua kaki, hewan memiliki jumlah kaki yang beragam. Beberapa hewan tidak memiliki kaki, beberapa lainnya memiliki kaki yang sangat banyak, bahkan hingga ratusan pasang.

Membahas seputar jumlah kaki hewan yang bermacam-macam, kamu pasti sangat penasaran, hewan apa saja yang memiliki kaki dalam jumlah terbanyak dan kenapa hewan ini memiliki banyak kaki? kalian penasaran?simak aritkel di bawah ini!

Lipan

Ilustrasi dari hewan Lipan

Lipan adalah artropoda predator dengan tubuh yang panjang, pipih, dan terdiri dari banyak segmen. Lipan memiliki sepasang kaki pada setiap segmen tubuhnya. Dilansir idntimes.com, ada hampir 3.000 spesies lipan yang diketahui. Mereka termasuk hewan dengan kaki terbanyak, yang jumlahnya antara 14 hingga 177 pasang kaki.

Banyak orang masih salah memahami antara lipan dan kaki seribu. Perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa kaki seribu memiliki dua pasang kaki per segmen yang diposisikan langsung di bawah tubuh mereka, sementara lipan memiliki satu set kaki per segmen yang diposisikan di sisi tubuh mereka.

Ilustrasi dari Citheronia regalis

 

Citheronia regalis adalah ulat yang termasuk dalam genus Citheronia, famili Saturniidae, dan ditemukan di Massachusetts, New Jersey, Texas, dan Florida. Menurut laman Animal TriangleCitheronia regalis adalah spesies ulat terpanjang di dunia yang bisa mencapai panjang 30 cm dan memiliki 8 pasang kaki yang digunakan untuk bergerak.

Citheronia regalis memiliki ciri fisik berupa sisi atas sayap depan berwarna abu-abu dengan urat merah-oranye dan bintik-bintik kuning krem. Sementara, sisi atas sayap belakang berwarna oranye dengan kuning krem pada costa dan margin dalam. Menariknya, Citheronia regalis betina lebih besar dari jantan.

Kepiting Kelapa

Ilustrasi dari Kepiting Kelapa

Hewan ini adalah kelomang darat dan saat ini dikenal sebagai artropoda terestrial terbesar di dunia. Menurut laman idntimes, kepiting ini dapat ditemukan di Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan pesisir Afrika, Kepulauan Gambier.

Ciri menonjol dari hewan ini adalah dapat memiliki berat hingga 4 kg dan memiliki kaki panjang yang menghasilkan rentang kaki sekitar 1 meter. Kepiting kelapa memiliki 10 kaki. Beberapa dimaksudkan untuk berjalan dan memanjat. Sementara itu, sepasang kaki lainnya memiliki fungsi yang berbeda. Pada betina digunakan untuk bertelur, sedangkan jantan digunakan untuk kawin.

Kaki Seribu

Ilustrasi dari Kaki Seribu

Kaki seribu adalah hewan yang memiliki kaki terbanyak. Menurut laman World Atlas, kaki seribu terbagi menjadi sekitar 2.000 spesies dan rata-rata kaki seribu memiliki antara puluhan hingga ratusan pasang kaki.

Ada dua pasang kaki di setiap segmen tubuh kaki seribu. Kaki seribu jantan memiliki anggota badan yang lebih panjang daripada betina. Sejauh ini, diketahui bahwa kaki seribu Illacme Plenipes yang berasal dari California Utara adalah spesies kaki seribu yang memiliki kaki terbanyak, yaitu 750 kaki.

Bintang Laut Bunga Matahari

Ilustrasi dari Bintang Laut Bunga Matahari

Bintang laut bunga matahari adalah bintang laut berukuran besar yang dapat ditemukan di Samudra Pasifik bagian timur, Alaska, California, dan Teluk Monterey. Ini adalah bintang laut terbesar yang diketahui saat ini di dunia dan juga yang tercepat.

Hewan ini memiliki 16 hingga 24 anggota badan atau lengan yang panjangnya menghasilkan rentang lengan sekitar 1 meter. Saat masih muda, bintang laut bunga matahari hanya memiliki lima lengan yang kemudian berkembang menjadi 24 lengan setelah mereka dewasa. Mereka juga memiliki sekitar 15.000 kaki yang membantu mereka bergerak cepat.

Nah, Inilah pembahasan 5 hewan dengan kaki terbanyak di dunia. Maka dari itu Kaki adalah bagian tubuh yang berfungsi untuk menopang tubuh dan memungkinkannya bergerak.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles