28.4 C
Jakarta
Monday, February 26, 2024

Inilah 5 Kiper Kebangsaan Portugal yang Berkarier di LaLiga

Spanyol dan Portugal merupakan dua negara bertetangga. Keduanya memiliki kekuatan besar dalam dunia olahraga, khususnya sepak bola. Namun, LaLiga Spanyol jauh lebih dikenal publik ketimbang Liga Nos Portugal.

Sehingga tak heran jika banyak pesepak bola Portugal yang berkarier di LaLiga. Dari sekian banyak pemain, terdapat lima kiper asal Portugal yang pernah merasakan atmosfer sepak bola Spanyol. Siapa sajakah mereka?

Vitor Baia

Vitor Baia

Vitor Baia merupakan kiper legendaris Portugal yang sangat melekat dengan FC Porto. Selain sukses membawa FC Porto menjadi juara UCL pada 2004, Baia juga menghabiskan 16 tahun kariernya di sana. Dalam kariernya, Baia hanya pernah membela dua klub.

Selain FC Porto, Barcelona juga pernah diperkuat oleh Baia. Momen tersebut terjadi selama tiga musim, tepatnya dari 1996—1999. Baia pernah menjadi kiper utama Barcelona pada awal kedatangannya.

Namun, posisinya tergantikan pada musim kedua dan ketiga. Alhasil, Baia hanya mampu mencatatkan 39 laga dengan catatan 14 nirbobol yang kebanyakkan ia torehkan pada musim pertamanya.

Ricardo

Ricardo

Kemenangan Timnas Portugal pada laga adu penalti kontra Timnas Inggris di gelaran Euro 2004 menjadi salah satu momen yang paling diingat dalam karier Ricardo. Pasalnya, Ricardo melakukan penyelamatan tersebut tanpa menggunakan sarung tangan.

Dalam kariernya, Ricardo pernah bermain di LaLIga untuk Real Betis selama 2,5 musim (2007—2010). Dalam kurun waktu tersebut, Ricardo sukses mencatatkan 8 nirbobol dari 46 laga di ajang LaLiga.

Beto

Beto

Beto merupakan kiper utama Sevilla ketika menjadi juara Europa League pada tahun 2014, 2015, dan 2016. Dengan kehebatannya tersebut, ia sempat menempati posisi utama kiper Timnas Portugal sebelum akhirnya digeser oleh Rui Patricio.

Beto pertama kali datang ke Sevilla sebagai pemain pinjaman dari Braga pada musim 2012/2013. Permainan apiknya membuat ia dipermanenkan hingga akhirnya bermain selama tiga musim untuk tim tersebut. Ia sukses catatkan 20 nirbobol dari 69 laga di LaLiga.

Rui Silva

Rui Silva

Nama yang selanjutnya ialah Rui Silva, kiper berusia 28 tahun yang pada LaLiga 2022/2023 bermain untuk Real Betis. Karier Rui Silva di Spanyol dimulai pada awal tahun 2017 saat ia bergabung dengan Granada dari Nacional.

Setelah bermain selama 4,5 musim, Rui Silva pindah ke Real Betis yang masih menjadi timnya hingga sekarang. Sejauh ini, Rui Silva telah mencatatkan 29 nirbobol dari 92 laga di LaLiga. Angka tersebut diprediksi akan terus bertambah mengingat peran vital Rui Silva sebagai kiper utama Real Betis.

Luis Maximiano

Luis Maximiano</center

Gagal menampilkan permainan terbaiknya bersama Sporting Lisbon, Luis Maximiano justru tampil bersinar kala membela Granada. Oleh karena itu, Maximiano akhirnya diboyong Lazio pada bursa transfer musim panas 2022.

Maximiano hanya mencatat 8 nirbobol dari 35 laga selama semusim jadi bagian dari Granada. Kendati demikian, potensi Maximiano sebagai kiper muda sangat layak diperhitungkan. Tak salah jika Lazio memilihnya untuk menggantikan sosok Thomas Strakosha yang hengkang ke Premier League.

Portugal memang banyak dihuni oleh pemain berbakat di segala posisi. Namun, jika dibandingkan dengan posisi lain, posisi kiper Portugal bukanlah area terbaik yang dimiliki oleh negara yang dibela Cristiano Ronaldo tersebut. Posisi winger atau bek asal Portugal lebih banyak menampilkan nama-nama bintang ketimbang penjaga gawang.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles