26.7 C
Jakarta
Saturday, May 25, 2024

Javier Roca Resmi Akan Gantikan Almedia Pelatih Arema FC

Arema FC resmi memperkenalkan Javier Roca sebagai pemimpin baru Dendi Santoso dkk untuk melanjutkan kompetisi Liga 1 2022-2023. Javier Roca mengisi kursi pelatih Arema FC selepas kepergian Eduardo Almeida yang diistirahatkan oleh manajemen tim beralias Singo Edan.

Perekrutan Javier Roca sebagai pelatih baru Arema FC ini juga diiringi tanda tanya besar. Sebab, sejauh ini Javier Roca belum punya prestasi yang menonjol, apabila dibandingkan dengan figur pelatih tim sebelumnya, Eduardo Almeida.

Pada kompetisi Liga 1 musim lalu, Persik Kediri besutan Javier Roca hanya finis di papan tengah, persisnya posisi 11. Seperti diketahui, musim ini Javier Roca cuma bisa menemani Persik Kediri sampai pekan keempat saja.

Manajer Arema FC Ali Rifki

Ilustrasi dari Manajer Arema FC Ali Rifki

Manajer Arema FC Ali Rifki mengungkapkan, dia dan Roca sempat berkomunikasi pasca Arema FC mengevaluasi kinerja pelatih Eduardo Almeida. Bahkan Ali langsung terbang ke Jakarta dari Banjarmasin usai laga Arema FC melawan tuan rumah Barito Putera di Liga 1 2022/2023 .

“Saya sampaikan ke Javier Roca kamu ngerti nggak tuntutan suporter seperti apa. Aremania menginginkan permainan gaya Malangan,” ucap Ali Rifki saat menirukan ucapannya ke Roca, pada Selasa petang (6/9/2022).

Dari sanalah akhirnya pelatih asal Cile itu menjawab kesediaan dan kesiapannya memainkan filosofi Malangan dengan gaya determinasi tinggi, permainan indah, dan menghasilkan kemenangan. Bahkan Roca mengaku filosofi permainan Malangan yang diinginkan Aremania ke tim kebanggaannya sesuai dengan filosofi permainan darinya.

“Roca bilang itu ada di jiwa saya, saya bisa mewujudkan. Saya bisa mewujudkan itu karena itu karakter saya, Dengan pemain yang ada, saya bisa mewujudkan gaya Malangan yang diinginkan Aremania,” kata Ali kembali.

Javier Roca Menemani Persik Kediri sampai Pekan Keempat

Ilustrasi dari Javier Roca menemani Persik

Ia diberhentikan Persik setelah hanya mampu memetik sebuah poin, hasil dari satu hasil seri dan tiga kekalahan. Selain itu, Persik asuhan Javier Roca kemasukan enam gol dan mencetak dua gol saja pada empat pekan awal Liga 1 2022-2023.

Keputusan memberhentikan Javier Roca merupakan puncak gunung es dari kekecewaan internal, setelah sebelumnya Persik juga meraih hasil minor di masa pramusim. Pada Piala Presiden 2022, Persik gagal lolos dari fase grup. Mereka mencetak masing-masing satu kemenangan, seri, dan kalah.

Macan Putih pun hanya mampu mencetak satu gol saja dari tiga laga. Selain itu, pada pertandingan pramusim lainnya, Persik bermain imbang 1-1 melawan tim Liga 2 Nusantara United dan tertahan tanpa gol kala melawan Persis Solo.

Manajer Arema FC, M, Ali Rifki, pun kini coba menepis keraguan soal kualitas Javier Roca. Ia menegaskan Javier Roca bukanlah pelatih gagal dan sejauh ini memang belum gagal menjalankan kewajibannya. “Jadi, Javier Roca ini belum membawa Persik dalam keadaan degradasi. Di akhir musim kemarin dia finis di posisi yang baik,” ujar pria asal Pasuruan tersebut.

“Kami cek kemarin saat dia masuk Persik berada di posisi 15, dan dia berhasil mengantarkan Persik berakhir di posisi 11,“ kata M. Ali Rifki lagi.

Adapun mengenai penurunan prestasi Persik di awal musim ini, ia mengungkapkan ada faktor non-teknis yang dialami Javier Roca. Hal tersebut dinilai memengaruhi kinerja Javier Roca dalam memimpin tim.

“Di awal musim ini dia punya masalah dengan internal Persik. Jadi, bukan karena dia jelek atau apa. Jadi saya rasa citra dia sebagai pelatih tim degradasi itu tidak ada,” ujarnya.

Nah, Itulah pembahasan tentang Javier Roca Resmi Gantikan Almedia Pelatih Arema FC. Maka dari itu Javier Roca mengisi kursi pelatih Arema FC selepas kepergian Eduardo Almeida yang diistirahatkan oleh manajemen tim beralias Singo Edan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles