25.6 C
Jakarta
Friday, April 12, 2024

4 Pengganti Tepung Maizena yang Mudah Didapat

Tepung jagung atau maizena adalah bahan memasak yang sudah amat dikenal dengan sebagai kelebihannya. Terbuat dari pati murni biji jagung, tepung maizena dapat membuat masakan menjadi lebih lezat. Bahkan, tepung ini juga menjadi salah satu bahan penting untuk membuat sup menjadi kental.

Tepung maizena juga berguna untuk perenyah gorengan, memanggang kue kering, serta dapat digunakan sebagai pelunak daging dalam bumbu rendaman. Namun, jika kehabisan atau tidak memiliki tepung maizena, ternyata ada banyak bahan yang dapat dijadikan sebagai penggantinya.

Berdasarkan rekomendasi dari Chef Rich Hudson dari Datz Restaurant Group di Amerika Serikat, ada sederet bahan pengganti tepung maizena yang dapat kita gunakan.

Pengganti tepung maizena terbaik untuk pengental

Tepung serbaguna

Ilustrasi tepung serbaguna

Tidak seperti tepung maizena, tepung serbaguna bukanlah tepung murni, juga tidak bebas gluten. Ini bisa menjadi pengental yang efektif, tetapi diperlukan jumlah lebih banyak untuk mendapatkan efek yang sama seperti tepung maizena. Guna menghindari gumpalan saat mengentalkan masakan dengan tepung ini, Hudson menyarankan mencampurnya dengan sedikit air terlebih dahulu untuk membentuk pasta.

Apabila kita ingin memasak saus, rebusan, dan lainnya, diperlukan waktu ekstra selama dua hingga tiga menit untuk menghilangkan rasa tepung “mentah”. Tepung serba guna adalah pengganti tepung jagung yang populer untuk pai buah. Namun, Hudson mengatakan bahwa tepung maizena menghasilkan kilau yang mengkilap, sedangkan tepung serbaguna akan menghasilkan hasil akhir yang matte.

Rasio substitusi: 2 sendok makan tepung serbaguna sama dengan 1 sendok makan tepung maizena.

Tepung beras

Ilustrasi tepung serbaguna

Salah satu keuntungan menggunakan tepung beras dibandingkan tepung serbaguna adalah seperti tepung maizena, tepung ini bebas gluten. Tepung ini juga tidak berwarna, yang berguna saat kita mencampurnya dengan air untuk mengentalkan cairan bening. “Kita akan membutuhkan tepung beras dua kali lebih banyak untuk menggantikan tepung jagung, dan itu akan menghasilkan produk yang buram,” kata Hudson.

Namun, pengental bebas gluten ini bekerja sangat baik dalam puding karena tahan panas yang tinggi. Tepung beras dapat dicampur air untuk membuat adonan seperti lem, tetapi juga dapat dicampur dengan mentega atau minyak untuk membuat roux atau sebagai pengental.

Rasio substitusi: 2 sendok makan tepung beras sama dengan 1 sendok makan tepung maizena.

Tepung garut

Ilustrasi tepung garut

Tepung garut merupakan tepung yang terbuat dari garut, umbi bertepung dengan nama latin Maranta arundinacae. Bahan ini sebenarnya jarang terdapat di dapur kita, namun bisa menjadi alternatif untuk yang kehabisan tepung maizena. Hudson mengatakan tepung garut menghasilkan efek pengentalan yang sama dan hasil akhir yang mengkilap seperti tepung maizena. Sebagai bonus tambahan, tepung ini juga mengandung lebih banyak serat daripada tepung maizena.

Garut dapat digunakan untuk mengentalkan hampir semua jenis masakan tetapi hindari menggunakannya dalam resep yang memakai susu, karena kombinasi keduanya menghasilkan tekstur berlendir. Hudson merekomendasikan untuk mencampurkan 2 sendok makan garut dalam 1/2 gelas air untuk membuat tekstur seperti bubur terlebih dahulu sebelum menuangkannya ke dalam cairan yang ingin kita kentalkan.

Rasio substitusi: 1 sendok makan tepung garut sama dengan 1 sendok makan tepung maizena.

Tepung tapioka

Ilustrasi tepung tapioka

Tepung bebas gluten ini terbuat dari bubur singkong yang dihancurkan,dan merupakan pengental yang sangat baik dengan rasa netral dan konsistensi yang sangat halus. Namun, jika kita berencana untuk membekukan sisa makanan, perlu diingat bahwa tepung tapioka tidak tahan seperti tepung garut saat dibekukan. Juga, merebus tepung tapioka terkadang bisa menghasilkan tekstur yang berserabut.

Rasio substitusi : 2 sendok makan tepung tapioka sama dengan 1 sendok makan tepung maizena.

Nah, itulah penjelasan mengenai tepung maizena yang juga berguna untuk perenyah gorengan, memanggang kue kering, serta dapat digunakan sebagai pelunak daging dalam bumbu rendaman. Namun, jika kehabisan atau tidak memiliki tepung maizena anda bisa menggunakan 4 tepung pengganti diatas.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles