27.9 C
Jakarta
Monday, February 26, 2024

5 Fakta Unik Hewan Bebek yang Jarang diketahui!

Bebek merupakan salah satu hewan ternak yang keberadaanya sudah sangat umum ditemui. Apalagi di beberapa area perkampungan justru cukup mudah untuk menemukan bebek, sebab masih banyak orang yang memeliharanya.

Bebek bukan hanya dimanfaatkan dagingnya saja, namun telur dan bulunya juga kerap dimanfaatkan oleh banyak orang. Meski demikian ternyata masih banyak orang yang belum memahami beberapa fakta mengenai bebek berikut ini. Simak artikel di bawah ini!

Ilustrasi tentang Pandai mengapung dan tidak mudah basah

Tempat umum untuk menemukan bebek memang di kawasan persawahan atau bahkan danau. Secara umum bebek sangat gemar berdiam diri di atas air, sebab kemampuan hebatnya untuk mengapung. Namun, pernahkah kamu memperhatikan bahwa bebek rasanya tidak mudah basah meski sudah menghabiskan waktu lama di atas air?

Mengutip Pitara, bebek memiliki lapisan alami pada bulunya yang membuat ia tidak mudah kebasahan. Sebetulnya bebek tetap basah pada saat berdiam diri di atas air, namun justru sangat cepat keringnya sebab lapisan tersebut.

Fungsi dari paruh pipihnya

Ilustrasi Fungsi dari paruh pipihnya

Bila diperhatikan lebih lanjut tentunya bebek memiliki bentuk paruh yang jelas berbeda dari hewan lainnya. Bentuk paruh yang dimiliki bebek justru cenderung pipih dan tak seperti jenis paruh burung atau hewan lainnya. Sebenarnya, bentuk paruh bebek ini tentu memiliki fungsinya tersendiri.

Bentuk paruh bebek yang pipih secara umum memang digunakan untuk memilih mana benda yang dapat dikonsumsi dan mana yang tidak, termasuk air atau pun saat mencari makanan di tempat berlumpur, seperti dilansir Animals Mom. Hal inilah yang kemudian membuat paruh bebek memiliki keunikan yang sudah sesuai dengan fungsinya.

Bebek tak bisa berkeringat

Ilustrasi Bebek tak bisa berkeringat

Saat berada di cuaca panas, hampir kebanyakan makhluk hidup akan merasakan panas dan suhu tubuhnya pun meningkat. Hal ini pun akan direspon dengan keluarnya keringat sebagai upaya untuk menstabilkan kondisi panas tubuh.

Berbeda halnya dengan kondisi alami tersebut, bebek justru tidaklah demikian. Bebek bahkan memiliki kemampuan khusus, yaitu tidak mudah berkeringat dalam cuaca panas.

Melansir Poultry DVM, di cuaca panas ternyata bebek mampu menstabilkan suhu tubuhnya dan juga tidak ada kelenjar keringat yang memproduksi hal tersebut. Inilah yang membuat bebek pun jadi tidak mudah berkeringat meski merasa kepanasan.

Tidak mengerami telur-telurnya

Ilustrasi Tidak mengerami telur-telurnya

Bebek sama halnya dengan ayam yang bereproduksi melalui cara bertelur. Namun, ternyata ada perbedaan dari perlakuan setiap induk terhadap telur-telur yang dimilikinya.

Melansir idntimes.com, induk bebek bisa tidak mengerami telurnya dan tidak ada berdampak apa pun, selama posisi telurnya jauh dari jangkauan predator. Hal inilah yang kemudian membuat induk bebek cenderung tidak rajin dalam mengerami telurnya.

Gemar meniru

Ilustrasi Tidak mengerami telur-telurnya

Kamu mungkin akan merasa gemas saat memperhatikan pola tingkah bebek yang lucu. Dari mulai berbaris untuk menyebrang hingga tingkah lainnya yang ternyata bukanlah sifat asli dari bebek.

Bahkan ada pula bebek yang dapat menirukan gaya intonasi berbicara manusia, sebab hobinya yang memang seperti itu, seperti dilansir Phys Org. Itulah yang kemudian membuat bebek menjadi hewan lucu yang penuh dengan hal menarik.

Nah, Inilah pembahasan tentang 5 Fakta Unik Hewan Bebek yang Jarang diketahui. Maka dari itu ada beberapa area perkampungan justru cukup mudah untuk menemukan bebek, sebab masih banyak orang yang memeliharanya. Bebek bukan hanya dimanfaatkan dagingnya saja, namun telur dan bulunya juga kerap dimanfaatkan oleh banyak orang.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles