32.9 C
Jakarta
Friday, March 1, 2024

4 Film Indonesia yang pernah Wakili Indonesia di Piala Oscar

Academy Award atau yang biasa dikenal Piala Oscar merupakan ajang penghargaan film Amerika dan internasional. Acara ini sudah ada sejak tahun 1929 dan sampai saat ini masih terus dilaksanakan. Beberapa judul film pernah menjadi wakil Indonesia untuk ajang penghargaan ini. Berikut beberapa film Indonesia yang pernah mewakili Indonesia di Piala Oscar.

Ngeri-Ngeri Sedap

Ilustrasi ngeri ngeri sedap

Film yang baru rilis pada 2 Juni lalu ini terpilih menjadi wakil Indonesia untuk ajang Piala Oscar 2023.  Karya dari Bene Dion ini masuk ke dalam kategori Best International Feature Film. Ngeri-Ngeri Sedap juga menjadi film bergenre komedi kedua yang ikut ajang ini setelah Nagabonar di tahun 1986.

Yang bersinopsis mengisahkan tentang Pak Domu (Arswendy Beningswara) dan Mak Domu (Tika Panggabean) yang tinggal bersama Sarma (Gita Bhebhita) anak perempuan satu-satunya. Pasangan suami istri tersebut yang menginginkan ketiga anak laki-lakinya yang telah lama merantau pulang untuk menghadiri acara adat

Yuni

Ilustrasi yuni

Film ini juga masuk ke dalam kategori Best International Feature Film pada ajang Piala Oscar 2022. Garapan dari Kamila Andini ini dinilai cukup kuat untuk mewakili Indonesia karena pernah meraih Platform Prize di Toronto International Film Festival 2021. Namun hal tersebut belum cukup untuk meloloskan film Yuni menjadi nominasi dalam ajang ini.

Film ini berkisah tentang kehidupan Yuni, seorang gadis yang tergolong cerdas di sekolahnya. Yuni memiliki sebuah cita-cita untuk bisa mengenyam pendidikan setinggi-tingginya. Cita-cita untuk bisa berkuliah itu mungkin sederhana, namun keinginannya tersebut juga menjadi hal tabu bagi sebagian orang di kampungnya

Perempuan Tanah Jahanam

ilustrasi Perempuan Tanah Jahanam

Film bergenre horor, Perempuan Tanah Jahanam mewakili Indonesia dalam Academy Award atau yang dikenal Piala Oscar 2021. Disutradarai oleh Joko Anwar dan dibintangi oleh Tara Basro dan artis papan atas lainnya.

Maya, yang diperankan Tara Basro, mengalami masalah di tempat kerja dan memutuskan untuk istirahat sejenak dari kantornya ia kemudian memutuskan berkunjung ke tanah leluhurnya untuk mencari ketenangan.

Ia juga mendapat kabar bahwa jika ia pulang ke tanah leluhurnya ini akan terdapat warisan yang menantinya. Maya kemudian berangkat bersama Dini, yang diperankan oleh Marissa Anita.

Maya yang tak mengenal bagaimana keluarga dan tanah leluhurnya hanya bermodalkan rasa ingin tahu dan mulai menyelidiki asal-usul dirinya. Namun sambutan warga sekitar begitu dingin, dan terkesan tak bersahabat.

Bahkan terdapat kecenderungan masyarakat tanah leluhurnya tersebut memiliki dendam, dan ingin menghabisi Maya.

Singkat cerita ia berhasil bermalam di kampung halamannya tersebut. Namun ia dikagetkan dengan fakta membingungkan mengenai keluarga dan sejarah keturunannya di tanah tersebut, dan mengerti mengapa warga sekitar ingin sekali menghabisinya.

Ia dan Dini kemudian berusaha bertahan hidup dari upaya-upaya pembunuhan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar. Usaha bertahan hidup sekaligus menyingkap tabir masa lalu, jadi cerita yang seru dan sangat menegangkan. Apakah Maya akhirnya bisa bertahan hidup, dan mengungkap ada apa dengan sejarah keluarganya?

Marlina, Si Pembunuh dalam Empat Babak

Ilustrasi Marlina, Si Pembunuh dalam Empat Babak

Mengusung genre thriller, film ini didistribusikan ke 18 negara termasuk Amerika dan negara lain di benua Eropa dan Asia Tenggara. Dibintangi oleh Marsha Timothy dan disutradarai Mouly Surya. Film ini banyak menyabet kemenangan ajang penghargaan nasional, bahkan mewakili Indonesia dalam piala Oscar tahun 2019.

Film ini menceritakan kisah Marlina (Marsha Timothy) yang hidup sendirian di tanah Sumba semenjak suaminya meninggal. Masalah datang ketika gerombolan perampok datang ke rumahnya untuk merenggut apa yang dimiliki Marlina. Tak hanya harta, mereka juga menginginkan kehormatan Marlina.
Nah, itulah beberapa judul film yang pernah masuk academy Award atau yang biasa dikenal Piala Oscar merupakan ajang penghargaan film Amerika dan internasional. Acara ini sudah ada sejak tahun 1929 dan sampai saat ini masih terus dilaksanakan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles