27.9 C
Jakarta
Monday, February 26, 2024

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Bayern Munich

Penggemar sepak bola Eropa pasti mengetahui keperkasaan Bayern Munich di tanah Jerman. Klub asal Bavaria ini merupakan klub dengan jumlah trofi terbanyak di antara tim Jerman lain, baik di ajang Bundesliga maupun Champions League.

Sehingga tak heran jika klub ini sangat besar dan melegenda. Ratusan pemain bintang pernah berkarier di sini. Ada yang hanya singgah, ada pula yang menuntaskannya hingga pensiun bersama Bayern Munich. Penasaran dengan lima pemain terakhir yang pensiun bersama Bayern Munich? Yuk, langsung saja disimak artikel dibawah ini:

Tom Starke

Ilustrasi Tom Starke

Diboyong dari Hoffenheim pada 2012, Tom Starke didatangkan sebagai pesaing dari Manuel Neuer yang kala itu baru semusim berseragam Bayern Munich. Namun, penampilan Manuel Neuer memang sangat luar biasa.

Hingga akhirnya, Tom Starke harus puas menunggu lama sebagai penghangat bangku cadangan. Selama enam tahun membela Die Bayern, Starke hanya tampi dala 12 laga dengan torehan 8 nirbobol. Ia pensiun di klub tersebut pada akhir musim 2017/2018.

Xabi Alonso

Ilustrasi Xabi Alonso

Xabi Alonso merupakan sosok maestro di lapangan tengah sepak bola. Setelah hengkang dari klub masa kecilnya, Real Sociedad pada 2004, Xabi Alonso selalu membela klub besar. Satu dari tiga klub tersebut adalah Bayern Munich, tim yang ia bela selama 3 musim (2014—2017).

Alonso bermain sangat impresif ketika menjadi bagian Bayern Munich, persis seperti kala ia membela Liverpool dan Real Madrid. Selamam membela Die Bayern, Alonso sukses mencetak 9 gol dan 12 assist, sebelum akhirnya pensiun pada akhir musim 2016/2017.

Phillip Lahm

Ilustrasi Phillip Lahm

Bayern Munich kehilangan sosok besar yang menjadi panutan pada waktu yang bersamaan dengan pensiunnya Xabi Alonso. Sosok tersebut adalah Phillip Lahm, bek kanan yang selama bertahun-tahun dikenal sebagai pemain sportif dan jadi pemimpin bagi tim yang ia bela.

Lahm bermain selama 13 tahun (2002—2003 & 2005—2017) untuk Bayern Munich yang juga jadi tim masa kecilnya. Dalam kurun waktu yang panjang tersebut, Lahm sukses mencatatkan 517 laga dengan sumbangan 16 gol dan 70 assist.

Daniel van Buyten

Ilustrasi Daniel van Buyten

Meski kiprahnya tak sebesar Phillip Lahm ataupun Xabi Alonso, Daniel van Buyten pantas disebut sebagai legenda Bayern Munich. Bek kuat asal Belgia ini bermain selama tujuh musim (2007—2014) bersama Bayern Munich.

Dalam kurun waktu tersebut, Van Buyten sukses mencetak 28 gol dan 12 assist dari 239 pertandingan. Selain jumlah pertandingan yang banyak, Van Buyten juga sukses hadirkan banyak gelar sebelum pensiun pada akhir musim 2013/2014.

Hans Jorg Butt

Ilustrasi Hans Jorg Butt

Hans Jorg Butt merupakan salah satu kiper utama Bayern Munich ketika masa peralihan dari Oliver Kahn menuju Manuel Neuer. Butt bergabung dengan Bayern Munich pada 2008 dari Benfica secara gratis.

Kedatangannya Butt bertujuan untuk mengiis posisi kiper utama Bayern Munich yang sempat tak stabil akibat pensiunnya Oliver Kahn. Dari empat tahun kariernya di Bayern Munich, Butt memiliki tanggug jawab sebagai kiper utama Bayern Munich selama dua musim (2009—2011).

Setelah Bayern Munich menemukan sosok Manuel Neuer pada 2012, Butt perlahan menyingkir ke bangku cadangan. Ia pun akhirnya pensiun pada akhir musim 2011/2012 dengan catatan 91 penampilan untuk Bayern Munich.

Nah, itulah penjelasan mengenai lima pemain yang memutuskan pensiun bersama Bayern Munich. Tak mengherankan jika banyak pemain Jerman berlomba untuk membela tim ini. Selain karena prestasi, pemain yang bermain di Bayern Munich nampaknya lebih mudah untuk dilirik dan dipanggil oleh Timnas Jerman.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles