29 C
Jakarta
Wednesday, June 12, 2024

5 Varian Cheesecake yang Menjadi Favorit di Toko Kue

Tak dapat dipungkiri bahwa kepopuleran cheesecake saat ini sudah mendunia. Bahkan banyak yang membuka peluang usaha baru lagi bagi para pegiat kuliner untuk mempersembahkan kudapan terbaik bagi para pencinta keju.

Walau begitu, cheesecake juga tak hanya terdiri dari satu jenis saja. Melainkan banyak sekali varian kue serupa yang terkadang datang dari berbagai bahan baku dan cara pembuatannya.

Oleh sebab itu, kalian dapat mengenal lima jenis cheesecake best-seller yang biasa dijual di toko kue dan dinikmati oleh para pencinta keju. Pensaran? Yuk, langsung saja disimak artikel dibawah ini:

No Bake Cheesecake

Ilustrasi No Bake Cheesecake

No bake cheesecake adalah salah satu pilihan makanan penutup yang begitu laris manis di berbagai toko kue. Hal ini karena kudapan tersebut memiliki kombinasi rasa unik sekaligus teksturnya yang super lembut, sehingga mudah saat dikunyah.

Kelebihan dari no bake cheesecake ini adalah proses pembuatannya yang tidak melibatkan tahap pemanggangan sama sekali. Hal itu yang membuat kudapan ini lebih unggul dibanding beberapa kue keju lain. Belum lagi rasanya juga ringan dan tidak ada telur di dalamnya.

Walau demikian, komponen yang diperlukan untuk menunjang cheesecake ini biasanya didominasi oleh cream cheese dengan sour cream, susu kental manis, atau whipping cream sebagai pengganti telur. Setelah itu, makanan juga akan diolah dengan cara dimasukkan ke dalam lemari es sebelum disajikan.

Burnt Basque

Ilustrasi Burnt Basque

Burnt basque atau dikenal juga dengan basque cheesecake adalah makanan yang terkenal di Spanyol. Sajian tersebut juga sampai ke Indonesia dan saat ini sedang digandrungi, karena menjadi alternatif cheesecake yang unik dan enak.

Karakteristik dari cheesecake ini sangat menonjol karena dapat dibedakan berdasarkan bagian luarnya saja. Burnt basque terkenal karena bagian luarnya yang agak sedikit kecokelatan mirip seperti kue gosong.

Bahan utama pembuatan cheesecake ini juga didominasi oleh penggunaan cream cheese serta telur. Proses pemanggangan dengan suhu tinggi membuat bagian luarnya seakan-akan terbakar. Namun, bagian dalamnya cenderung seperti adonan yang belum matang tetapi enak untuk dinikmati.

Cotton Cheesecake

Ilustrasi Cotton Cheesecake

Cotton cheesecake atau dikenal juga dengan Japanese cheesecake merupakan makanan yang berasal dari Negeri Sakura. Makanan ini sering kali menduduki jajaran hidangan penutup best-seller di berbagai toko kue dan roti, termasuk di Indonesia.

Ciri khas dari cotton cheesecake terletak pada teksturnya yang jiggly namun tidak selembut cheesecake yang lain. Hal itu karena di dalam proses pembuatan makanan ini, terdapat tambahan bahan baku dari tepung dan adonan meringue.

Walau begitu, kelembutan dan kekenyalan kue ini menjadi ciri khas tersendiri. Bahkan sensasi krim keju yang ditambahkan ke dalamnya tak akan hilang, justru semakin nikmat terutama jika makanan tersebut disajikan dalam kondisi hangat.

Baked Cheesecake

Ilustrasi Baked Cheesecake

Baked cheesecake atau sering juga disebut sebagai regular cheesecake merupakan makanan mengandung krim keju dan punya tekstur super lembut. Hidangan dilengkapi memakai crust yang renyah, dari biskuit atau komponen lainnya.

Perbedaan makanan ini terletak pada proses akhir, di mana baked cheesecake akan melalui tahap pemanggangan untuk mematangkan bagian adonan keju. Hal ini dilakukan supaya teksturnya terasa lebih nikmat dan juga lembut maksimal.

Hal tersebut juga perlu dilakukan mengingat bahan utama yang digunakan sebagai isian bukan hanya terdiri dari krim keju. Tetapi, ada juga telur dan biasanya ditambah dengan sedikit tepung supaya lebih set.

Savory Cheesecake

Ilustrasi Savory Cheesecake

Jika kalian beranggapan bahwa rasa cheesecake hanya manis, maka kalian salah. Hal itu karena di dalam dunia cake and bakery, terdapat variasi savory cheesecake atau makanan yang memiliki sensasi asin dan kerap dikombinasikan bersama aneka daging hingga sayur-mayur.

Makanan ini menjadi sangat diincar di beberapa wikayah, terutama para pencinta keju. Hidangan tersebut biasanya disajikan sebagai penunda lapar saat menuju sarapan dan makan siang atau dapat pula dijadikan pelengkap untuk minum teh.

Jenis keju yang digunakan dalam savory cheesecake biasanya cream cheese atau ada yang menggantinya dengan hard cheese maupun feta. Kemudian ada juga yang membuat crust kue memakai biskuit asin dengan berbagai topping gurih lainnya.

Nah, itulah penjelasan mengenai kreasi cheesecake yang menjadi salah satu makanan paling ditunggu-tunggu oleh para pencinta keju. Belum lagi dengan variatifnya pilihan yang ada, membuat sajian tersebut tidak gampang bosan untuk dikonsumsi.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles