32.4 C
Jakarta
Thursday, April 18, 2024

BSU Tahap 2 Cair, Cara Cek Penerima BSU 2022

Info BSU atau BLT Subsidi Gaji tahap 2 kapan bakal cair ke pekerja tanggal berapa berdasarkan penjelasan Kemnaker lengkap dengan cara cek penerima yang dapat dilakukan. Sesuai dengan peraturannya, program bantuan BSU atau BLT Subsidi Gaji akan dilakukan proses penyaluran atau cair kepada pekerja dalam berbagai tahap nantinya.

Penyaluran BSU atau BLT Subsidi Gaji yang cair kepada pekerja per tahap pada tahun 2022 ini berdasarkan pada data penerima yang sebelumnya telah masuk dan dimiliki oleh Kemnaker.

Proses Penyaluran Dana Bantuan BSU atau BLT

Ilustrasi dari Proses penyaluran dana bantuan BSU atau BLT

Proses penyaluran dana bantuan BSU atau BLT Subsidi Gaji telah mulai cair kepada pekerja pada tahap 1 yang dilakukan pada awal September 2022 beberapa waktu yang lalu. Untuk proses penyaluran tahap 1 diketahui bahwa Kemnaker telah menyalurkan dana bantuan BSU tersebut untuk 4.112.052 pekerja atau buruh yang telah menjadi penerima.

Sedangkan untuk penyaluran BSU tahap 2 yag akan dilakukan sendiri diketahui bahwa akan disalurkan kepada 2.406.915 data pekerja yang didapatkan Kemnaker berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan.

Secara keseluruhan hadirnya program BSU tahun 2022 ini sendiri rencananya akan dilakukan penyaluran kepada 16 juta penerima sesuai dengan yang diujarkan oleh Menkeu beberapa waktu lalu.

Sebelum nantinya dapat melakukan proses ambil dana bantuan BSU tahap 2 sendiri, bagi para pekerja dapat terlebih dahulu mengetahui apakah dirinya telah masuk sebagai penerima.

Langkah Mengetahui Penerima BSU Tahap 2

Ilustrasi Langkah Mengetahui Penerima BSU Tahap 2

Langkah atau cara yang dapat ditempuh untuk mengetahui apakah dirinya telah masuk sebagai penerima BSU tahap 2 atau tidak dapat dilakukan dengan menggunakan link dari Kemnaker.

Berikut merupakan cara cek penerima BSU tahap 2 tahun 2022 yang dapat dilakukan secara online:

  •  Masuk ke dalam laman resmi menggunakan link KLIK LINK DI SINI.
  • Kemudian dapat memilih menu agar masuk ke dalam laman Kemnaker.
  • Selanjutnya buat atau daftar akun jika belum memiliki.
  • Lalu dapat melakukan login dengan menggunakan akun yang dimilik.
  • Berikutnya Anda akan diminta untuk melakukan proses isi profil berupa data diri penerima.
  • Scroll ke bawah untuk mengecek notifikasi yang muncul.
Mengenai kapan jadwal tanggal penyaluran BSU tahap 2, disebutkan bahwa hingga kini Kemnaker sedang melakukan proses verifikasi dan validasi data yang telah masuk.Dimungkinkan nantinay BSU tahap 2 baru akan cair setelah selesainya tahapan atau proses tersebut. Sama seperti tahap sebelumnya, dana bantuan juga dapat dilakukan pengambilan di berbagai bank Himbara.

Cara Cek Penerima BSU 2022

Ilustrasi dari Cara cek penerima BSU 2022

Menurut Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Kemnaker sudah menerima 2,4 juta data penerima BSU 2022 tahap 2 dari BPJS Ketenagakerjaan. Untuk itu, cek penerima BSU 2022 di kemnaker.go.id

“Setelah itu, seperti biasa pada minggu depan (pekan ini), setelah selesai verifikasi, validasi, maka BSU 2022 tahap kedua akan kami salurkan,” katanya, dalam siaran pers, Jumat (17/9) pekan lalu.

Pemerintah memberikan Bantuan Subsidi Gaji/Upah atau BSU 2022 sebanyak satu kali, yang bisa pekerja atau buruh cek di website kemnaker.go.id. Nilai BSU 2020 untuk pekerja atau buruh yang memenuhi persyaratan sebesar Rp 600.000. Salah satunya bisa cek penerima BSU 2022 di website kemnaker.go.id.

Ketentuan mengenai BSU 2022 tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor Tahun 2022.

Syarat Mendapatkan BSU 2022

Ilustrasi Syarat mendapatkan BSU 2022

Mengutip laman bsu.kemnaker.go.id, syarat mendapatkan BSU 2022:

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Peserta aktif program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan hingga Juli 2022.
  • Gaji/upah paling banyak Rp 3,5 juta. Pekerja/buruh yang bekerja di wilayah dengan UMP/UMK lebih besar dari Rp 3,5 juta. Maka persyaratan gaji menjadi paling banyak sebesar UMP/UMK dibulatkan ke atas hingga ratusan ribu penuh.
  • Bukan PNS, TNI, dan Polri.
  • Belum menerima Program Kartu Prakerja, Program Keluarga Harapan dan Bantuan Produktif untuk Usaha Mikro.

Bila di kemudian hari ditemukan penerima BSU 2022 ternyata tidak memenuhi persyaratan. Maka yang bersangkutan wajib mengembalikan dana yang diterima ke kas negara.

Nah, Inilah pembahasan tentang BSU Tahap 2 Cair, Cara Cek Penerima BSU 2022. Ternyata program bantuan BSU atau BLT Subsidi Gaji akan dilakukan proses penyaluran atau cair kepada pekerja dalam berbagai tahap nantinya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles