25.6 C
Jakarta
Friday, April 12, 2024

Anak Rizky Billar Jalani Operasi, Waspadai 2 Jenis Hernia pada Anak

Melalui unggahan di Instagram, Rizky Billar meminta doa untuk kelancaran operasi hernia yang akan dijalani anaknya, Muhammad Leslar Al-Fatih Billar. Namun, belum ada keterangan langsung dari pihak Rizky Billar dan Lesti Kejora mengenai kabar operasi yang akan dijalani oleh anak mereka.

“Mohon doanya agar operasi hernia Fatih dilancarkan,” tulis Rizky Billar dalam Instagram pribadinya, pada Selasa (20/9/2022).

Apa itu Hernia?

Dikutip dari laman resmi Stanford Medicine Children’s Health, hernia merupakan kondisi ketika bagian dari usus mendorong melalui titik lemah di otot perut. Hernia menciptakan benjolan lunak atau tonjolan di bawah kulit.

Hernia pada bayi biasanya bersifat penyakit bawaan, yang mana penyakit sudah ada sejak lahir. Namun, mungkin tidak terlihat di awal. Sampai akhirnya saat bertambahnya usia si anak, hernia itu muncul di kemudian hari.

Mayoritas hernia pada anak-anak adalah hernia jenis inguinalis yang berarti hernia berada di bagian bawah perut, dekat selangkangan. Pada anak laki-laki, bagian usus yang menonjol dapat memasuki skrotum yang dapat menyebabkan pembengkakan dan nyeri.

Sedangkan, pada anak perempuan, pembengkakan biasanya di labia atau selangkangan. Daerah yang paling umum munculnya hernia pada anak-anak adalah perut, selangkangan, dan pusar.

Pada anak-anak biasanya ada dua jenis hernia yang dapat terjadi yakni hernia inguinalis yang biasanya muncul di selangkangan anak dan hernia umbilikalis yang muncul di pusar.

Hernia Inguinalis

Jenis hernia ini lebih sering terjadi di daerah selangkangan kanan daripada di kiri. Tapi juga bisa terjadi di kedua sisi. Hernia ini dapat terjadi pada anak-anak yang memiliki:

  • Riwayat keluarga hernia inguinalis
  • Masalah kemih atau reproduksi lainnya

Hernia Umbilikalis

Biasanya terjadi pada bayi yang lahir prematur. Dalam banyak kasus, hernia umbilikalis menutup dengan sendirinya pada saat anak berusia 1 tahun. Hampir semua hernia umbilikalis menutup tanpa operasi pada saat anak berusia 5 tahun.

Sedangkan operasi lebih sering dibutuhkan pada hernia inguinalis. Dalam banyak kasus, pembedahan dilakukan segera setelah hernia ditemukan. Hal, itu karena usus bisa tersangkut di kanalis inguinalis. Bila ini terjadi, suplai darah ke usus bisa terputus dan usus bisa rusak.

Gejala Hernia Sendiri Meliputi:

  1. Muncul benjolan di selangkangan dekat paha.
  2. Bayi menangis terus menerus tanpa sebab.
  3. Ada benjolan yang lebih besar saat anak berdiri atau mengejan, tapi benjolan menghilang saat anak berbaring.
  4. Rasa sakit dan nyeri ketika ditekan.

Pada kasus hernia yang lebih serius, bayi mungkin akan mengalami mual dan muntah, perut kembung, serta benjolan terus membesar, memerah, dan nyeri saat disentuh.

Nah, itulah penjelasan mengenai Rizky Billar meminta doa untuk kelancaran operasi hernia yang akan dijalani anaknya, Muhammad Leslar Al-Fatih Billar. Namun, belum ada keterangan mengenai kabar operasi yang akan dijalani oleh anak mereka.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles