25.6 C
Jakarta
Friday, April 12, 2024

5 Fakta Menarik Royal Vault, Pemakaman Misterius Kerajaan Inggris

Jenazah Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip sempat disemayamkan di Royal Vault sebelum dipindahkan ke Kapel Memorial Raja George IV di Windsor, Inggris. Selama proses pemindahan itu, tak ada warga biasa yang bisa melihat. Royal Vault memang merupakan ruang pemakaman keluarga Kerajaan Inggris yang sakral dan tak bisa dikunjungi sembarang orang.

Hingga kini, Royal Vault pun menjadi salah satu tempat yang masih menjadi misteri bagi sebagian besar warga Inggris. Hanya sedikit fakta mengenai Royal Vault di berbagai media. Berikut beberapa di antaranya.

Dibangun Abad Ke-17

Dibangun antara 1804-1810 atas perintah Raja George III, Royal Vault pertama kali digunakan untuk memakamkan anaknya, Putri Amelia.

Satu dekade kemudian, Raja George III wafat dan juga dimakamkan di Royal Vault. Setelah itu, raja-raja lain, seperti George IV dan William IV, dimakamkan di Royal Vault.

Tampung 24 anggota Kerajaan Inggris

Seiring waktu, Royal Vault semakin jarang digunakan untuk memakamkan anggota keluarga Kerajaan Inggris karena keterbatasan tempat. Jasad yang pernah disemayamkan di sana pun beberapa sudah dipindahkan ke pemakaman lain. Kini, hanya ada 24 jenazah yang disemayamkan di Royal Vault, termasuk tiga raja, beberapa ratu, 15 pangeran, dan sejumlah putri Kerajaan Inggris.

Di bawah Kapel St. George, Windsor

Royal Vault berada di ruang bawah tanah Kapel St. George. Sejumlah media Inggris mengungkap area ini berbentuk lorong dengan panjang 21 meter dan lebar 8 meter.
Area itu bisa menampung 44 peti. Menurut laporan Firstpost, sebanyak 32 peti mati ditempatkan di rak-rak berbatu, sementara 12 lainnya ditaruh di tengah ruangan.

Misterius

Warga biasa tak bisa mengakses Royal Vault. Selama ini, publik hanya bisa melihat satu akses menuju Royal Vault, yaitu di tengah ruang kebaktian Kapel St. George.
Di lantai kapel, bisa terlihat sebilah tegel yang terpisah. Bilah tegel tersebut berbentuk persegi panjang.

Ketika seorang anggota keluarga Kerajaan Inggris meninggal, petinya akan ditempatkan di atas tegel itu. Di bawah tegel itu tersembunyi lift yang dapat naik turun membawa peti ke ruang Royal Vault.

Warga sempat lihat makam Royal Vault

Seorang reporter The Times of London mengaku sempat melihat sekilas Royal Vault sebelum pemakaman Raja George IV pada 1830. Sang jurnalis bercerita bahwa ia sempat melihat peti Raja George III dan Putri Charlotte. Menurutnya, peti kedua anggota keluarga kerajaan itu lebih sederhana ketimbang yang lain.

Dalam laporannya, ia menuliskan bahwa di balik gerbang menuju Royal Vault, “terlihat beberapa peti dengan ornamen mewah untuk keluarga kerajaan yang diletakkan di rak di antara kolom berbentuk oktagon bergaya gothic.”

“Pendar cahaya lampu di atas peti-peti itu membuat tempat nisan-nisan itu terlihat sendu,” tulis reporter The Times of London saat itu.

Nah, itulah penjelasan mengenai 5 fakta yang menarik royal vault, pemakaman misterius kerajaan inggris. Jenazah Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip sempat disemayamkan di Royal Vault sebelum dipindahkan ke Kapel Memorial Raja George IV di Windsor, Inggris.

Selama proses pemindahan itu, tak ada warga biasa yang bisa melihat. Royal Vault memang merupakan ruang pemakaman keluarga Kerajaan Inggris yang sakral dan tak bisa dikunjungi sembarang orang.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles