27.3 C
Jakarta
Monday, June 17, 2024

Taman Mini Indonesia Indah Akan Segera Dibuka!

Pasca resmi diambil alih oleh pemerintah melalui BUMN PT Taman Wisata Candi (TWC), Taman Mini Indonesia Indah tengah dilakukan revitalisasi. Progres revitalisasi yang dimulai Januari 2022 itu, saat ini sudah mencapai 99%. Rencananya TMII akan mulai dibuka untuk umum pada Oktober 2022 mendatang.

Taman rekreasi yang diprakarsai oleh almarhum Ibu Tien Soeharto ini sebenarnya juga sengaja dipugar untuk menyambut Presidensi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Sebagai penanggung jawab proyek. PT TWC dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapuk sosok arsitek Yori Antar Awal untuk membuat desain dan konsep dari wajah baru TMII. Penasaran? Yuk, langsung saja kita intip sedikit pembahasan mengenai progres revitalisasi TMII:

Lebih Banyak Ruang Terbuka Hijau

Ilustrasi Taman Mini Indonesia Indah

Arsitek Yori Antar ingin membuka lebih banyak ruang terbuka hijau. Merujuk pada kata ‘taman’ dalam nama TMII dan berkaca pada konsep TMII di awal tahun 80-an. Oleh karena itu, wajah baru TMII bakal memiliki 70% ruang hijau dan 30% bangunan.

Nantinya, para pengunjung dapat menggunakan berbagai fasilitas di ruang terbuka hijau ini untuk bersantai atau berolahraga. Sebut saja ada taman yang luas, trotoar yang lebih lebar dan ramah disabilitas, zebra cross, jogging track, hingga jalur sepeda.

Kawasan Keong Mas

Ilustrasi Keong Mas

Apakah kalian masih ingat bagaimana penampakan Keong Mas zaman dulu? Saat ini, nuansa bangunan tua dari Keong Mas telah bertransformasi menjadi lebih segar dan kekinian.

Kawasan Keong Mas terbaru dikelilingi oleh taman yang ditumbuhi rumput-rumput rapi, dihiasi tiang-tiang lampu dengan ornamen daerah, serta dilengkapi petunjuk arah yang jelas.

Plaza Tugu Api Pancasila

Ilustrasi Tugu Api

Salah satu monumen ikonik di TMII ini juga termasuk area yang direvitalisasi. Melalui Instagram resmi @media_tmii. Wajah baru Plaza Tugu Api Pancasila kini menjadi lebih segar setelah lantainya diganti dengan rerumputan, diberi lampu-lampu, dan tugunya dicat ulang. Tak hanya sedap dipandang di siang hari, Plaza Tugu Api Pancasila pun akan kelihatan bersinar dan luar biasa di kegelapan malam.

Danau Archipelago yang Instagramable

Ilustrasi Danau Archipelago

Pemandangan Danau Archipelago sekarang sudah lebih bersih dan terawat. Sebab, miniatur kepulauan Indonesia yang ada di tengah-tengah danau ini bentuknya sudah tak seperti endapan lumpur lagi. Selain itu, di sekeliling danau juga sudah ada jalan setapak. Sangat cocok untuk jogging atau sekadar jalan-jalan sore bersama keluarga,teman, atau pasangan kalian.

Menara Pandang Saujana

Ilustrasi Taman Mini Indonesia Indah

Menara pandang yang kini bernama Menara Pandang Saujana bangunannya begitu mencolok, tapi sekaligus menjadi lebih estetik dan kekinian. Di sekitarnya pun terbentang taman yang cocok untuk duduk-duduk dan bersantai.

Dihilangkannya Snowbay Waterpark

Ilustrasi Snowbay Waterpark

Snowbay Waterpark kini telah disulap menjadi bangunan elevated parking. Bangunan parkir eco green yang terdiri dari 1 basement dan 3 lantai ini dibangun agar TMII minim polusi dan ramah pejalan kaki. Di sisi lain, taman wisata air itu terpaksa dibongkar lantaran dinilai tidak sejalan dengan nilai dan harga diri TMII sebagai etalase premium Indonesia.

Fasilitas Menarik Lainnya di TMII

Ilustrasi Taman Mini Indonesia Indah

Saat berkunjung ke TMII, kalian tak perlu ragu untuk pergi ke toilet umum karena takut jorok. Malahan, kalian akan disambut dengan toilet umum yang memiliki desain modern dan sangat estetik, bak toilet yang berada di mal. Dari luar, bangunan toiletnya bahkan tak terlihat seperti toilet.

Tidak hanya itu saja fasilitas baru hasil revitalisasi TMII. Lantaran di dalam area TMII bebas kendaraan bermotor, di sana akan disediakan fasilitas transportasi wisata berupa skuter, mobil wisata keliling elektrik, dan tram over bagi yang ingin berkeliling area TMII tanpa takut capek.

Nah, itulah penjelasan mengenai progres revitalisasi TMII yang sudah dimulai sejak Januari 2022, saat ini sudah mencapai 99%. Rencananya TMII akan mulai dibuka untuk umum pada Oktober 2022 mendatang.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles