30.6 C
Jakarta
Wednesday, April 10, 2024

5 Sekolah Penerbangan di Indonesia untuk Menjadi Pilot

Sekolah penerbangan menjadi salah satu sekolah yang diminati oleh kaum muda, khususnya mereka yang ingin terjun ke dunia penerbangan. Sekolah penerbangan pada umumnya akan mencetak lulusan yang mampu untuk terjun di dunia kerja. Khususnya di bidang penerbangan, seperti pilot pesawat terbang, mekanik atau teknisi pesawat terbang, petugas lalu lintas, petugas bandara atau manajemen penerbangan.

Bagi kalian yang tertarik ingin menimba pendidikan di sekolah penerbangan. Ada beberapa sekolah penerbangan di Indonesia yang dapat menjadi rekomendasi untuk kalian. Penasaran dengan rekomendasi sekolah penerbangan yang bisa dipilih putra-putri terbaik Indonesia? Yuk, langsung saja disimak artikel dibawah ini:

Bali International Flight Academy (BIFA)

Ilustrasi BIFA

Sekolah ini memiliki visi untuk memberikan pelatihan penerbangan berkualitas untuk menghasilkan profesional penerbangan kelas dunia sambil memenuhi persyaratan keselamatan penerbangan ICAO yang ketat. Dilansir dari laman resmi BIFA, kampus Bali BIFA terletak di Buleleng, Bali ini telah meluluskan sebanyak 787 siswa.

Siswa tersebut berasal dari berbagai program BIFA dan lebih dari 650 alumnus telah berhasil bekerja di berbagai maskapai. Seperti Garuda Indonesia, Air Aisa, Sriwijaya Air, Citilink, dan Lion Group. Ada juga yang menjadi air charter operators di TransNusa, Susi Air, Travira Air, dan lainnya.

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug Tangerang

Ilustrasi STPI

STPI disebut juga dengan Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) memiliki visi menjadi pusat unggulan pendidikan penerbangan yang mandiri. Sekolah ini telah berstandar nasional dan internasional.

Sekolah yang berlokasi di Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Kampus tersebut merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah Kementerian Perhubungan Indonesia.

Sejak awal, tujuan pendirian untuk mendidik putra-putri terbaik bangsa Indonesia agar menjadi sumber daya manusia yang ahli dan terampil di bidang penerbangan, yang diakui secara nasional maupun internasional.

STPI Curug sendiri menawarkan empat program pendidikan yaitu jurusan Teknik Mekanikal Bandara, Teknik Bangunan dan Landasan, Penerangan Aeronautica, Pertolongan Kecelakaan Pesawat, Operasi Bandar Udara, Penerbang, Pemandu Lalu Lintas Udara, Teknik Listrik Bandara, Teknik Pesawat Udara, dan Teknik Navigasi Udara.

Aero Flyer Institute Tangerang

Ilustrasi Aero Flyer Institute Tangerang

Sekolah penerbangan ini berlokasi di Serdang Wetan, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, Banten. Sejak awal telah ditentukan visi yang jelas yakni untuk menjadi sekolah pilot yang terpercaya dan berkualitas. Agar lulusannya mampu menjadi pilot yang berkualitas tinggi dan memiliki profesionalisme yang sangat baik.

Aero Flight Institute ini menyediakan pelatihan terbaik guna menghasilkan pilot yang berkualitas. Hal tersebut didukung dengan penyediaan perlengkapan yang modern dengan teknologi canggih.

Genesa Flight Academy Cilacap

Ilustrasi Ganesa Flight Academy Cilacap

Sekolah Genesa Flight Academy ini merupakan salah satu sekolah penerbangan swasta yang berlokasi di Cilacap, Jawa Tengah. Sekolah penerbangan ini didirikan oleh Capt. Rubyanto Adisarwono, seorang pilot yang berpengalaman dan memiliki semangat untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia.

Sejak awal pendirian sekolah tersebut bertujuan untuk menghasilkan lulusan pilot profesional yang terampil. Beberapa program pelatihan yang disediakan yakni Lisensi Pilot Pribadi (PPL), Lisensi Pilot Komersial (CPL), CPL-Multi Mesin, Instrumen Rating (IR), Lisensi Helikopter, dan Kursus Instruktur Penerbangan (FIC).

Bandung Pilot Academy (BPA)

Ilustrasi BPA

Sekolah penerbangan BPA didirikan pada 2008 berlokasi di Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Sejak awal pendirian, sekolah ini memiliki visi untuk mempersiapkan pilot professional dengan kualitas yang baik, progresif, terlatih, memiliki motivasi dan kemampuan yang tinggi.

Untuk mewujudkan visi tersebut, sekolah ini membuat aturan yang cukup ketat kepada siswa yakni wajib mematuhi aturan dengan disiplin yang disusun BPA. Hidup dan mengikuti aturan asrama, menggunakan seragam harian lengkap dengan atributnya, dan menggunakan seragam pelatihan sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Program pelatihan yang disediakan yakni Private Pilot License (PPL), Commercial Pilot License (CPL) – Instrument Rating (IR), dan Multi Engine Rating (MER). Terdapat tiga lokasi Bandara Husein Sastranegara yang jadi training area yakni Cianjur Area, Sulaiman Area (sebelumnya dikenal sebagai Banjaran Area), dan Majalaya Area (sebelumnya dikenal sebagai Ciparay Area).

Sementara untuk satellite base, berlokasi di Bandara Nusawiru Pangandaran. Kini, BPA memiliki pesawat sebanyak 12 unit terdiri dari 8 unit Cessna 172S, 2 unit Cessna 172R dan 2 unit Tecnam P2006T.

Nah, itulah penjelasan mengenai rekomendasi sekolah penerbangan. Sekolah penerbangan menjadi salah satu sekolah yang diminati oleh kaum muda, khususnya untuk mereka yang ingin terjun ke dunia penerbangan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles