27.9 C
Jakarta
Monday, February 26, 2024

5 Makanan Khas dari Sulawesi Tenggara yang Sayang Untuk Dilewatkan

Terdapat beragam makanan khas di Indonesia yang enak dan patut untuk dicoba. Salah satunya yaitu makanan khas dari Sulawesi Tenggara. Banyak makanan yang jarang kalian temui di kota asalmu dan rasanya juga pas di lidah.

Di Sulawesi Tenggara, kalian dapat menemukan makanan pokok masyarakat asli suku di Sulawesi hingga jajanan fermentasi yang rasanya unik. Penasaran ada makanan apa saja? Yuk, langsung saja disimak penjelasan artikel dibawah ini tentang makanan khas dari Sulawesi Tenggara yang sayang untuk dilewatkan!

Sinonggi

Ilustrasi Sinonggi

Makanan tradisional asal Sulawesi Tenggara ini menjadi makanan yang wajib banget kamu coba ketika berkunjung yaitu sinonggi. Sinonggi ini berasal dari Suku Tolaki. Terbuat dari sari pati sagu, kemudian dituang dengan air panas yang mendidih dan diaduk hingga mengental.

Untuk hidangan pendampingnya dapat menggunakan ikan kuah kuning dan berbagai macam sayur yang direbus. Masyarakat Suku Tolaki biasanya menyantap sinonggi bersama-sama yang disebut dengan tradisi Mosonggi.

Lapa-lapa

Ilustrasi Lapa-lapa

Lapa-lapa merupakan salah satu makanan khas Sulawesi Tenggara, tepatnya dari daerah Buton. Makanan ini memiliki cita rasa gurih dan sering dijumpai pada bulan Ramadhan. Untuk menyantapnya, masyarakat setempat menimati makanan tradisional ini dengan ikan asin atau biasa dinamakan dengan nama Ikan Kaholeonarore oleh masyarakat Sulawesi.

Kabuto

Ilustrasi Kabuto

Kabuto adalah makanan yang wajib untuk kalian coba ketika berkunjung ke Sulawesi Tenggara. Kuliner tradisional ini berasal dari daerah Muda dan Buton. Kabuto dibuat dari bahan yang berbahan dasar ubi dan singkong yang sudah dikeringkan, lalu dibiarkan menjamur.

Biasanya, masyarakat Sulawesi memakannya dengan menaburkan kelapa parut diatasnya. Meskipun terdengar sangat aneh, tetapi makanan ini memiliki cita rasa yang khas dan pastinya wajib untuk kalian coba.

Kasoami

Ilustrasi Kasoami

Kuliner tradisional selanjutnya yang berasal dari Sulawesi Tenggara yaitu Kasoami. Makanan ini juga terbuat dari ubi yang telah ditumbuk, lalu dikukus. Makanan ini berbentuk kerucut. Masyarakat Sulawesi kerap memakannya bersama ikan asin, sayur, dan lauk pauk lainnya.

Sate Gogos Pokea

Ilustrasi Sate Gogos Pokea

Makanan khas satu ini terbuat dari kerang yang diolah menjadi sate. Masyarakat Sulawesi menyebutnya dengan sate pokea. Bumbu utamanya sama seperti dengan sate pada umumnya, yaitu menggunakan bumbu kacang yang telah dihaluskan.

Rasanya sedikit pedas dan manis. Kalian dapat menyantapnya dengan gogos. Gogos merupakan makanan sejenis lemper yang dibakar dan dikukus. Namun, tanpa isian di dalamnya.

Nah, itulah penjelasan mengenai beragam makanan khas di Indonesia yang enak dan patut untuk dicoba. Salah satunya yaitu makanan khas dari Sulawesi Tenggara. Banyak makanan yang jarang kalian temui di kota asalmu dan rasanya juga pas di lidah.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles