26.1 C
Jakarta
Wednesday, April 17, 2024

Inilah 5 Jenis Belut Laut Unik yang Perlu Diketahui

Belut laut merupakan hewan yang termasuk dalam golongan ikan. Ukurannya pun bervariasi, dari 5 cm bahkan ada yang mencapai 4 meter. Meski terlihat sering di air, belut laut adalah kelompok Air Breathing Fishes yaitu ikan yang mengambil oksigen dari udara selama musim kering tanpa air di sekelilingnya.

Hewan ini memiliki alat pernapasan tambahan berupa kulit tipis berlendir yang terdapat di rongga mulut. Kulit tersebut berfungsi menyerap oksigen secara langsung dari udara. Belut laut cenderung berada di perairan yang relatif dangkal.

Mencari lubang tersembunyi di mana bisa menjauh dari cahaya terang. Pada siang hari, kamu hanya akan melihat kepalanya menonjol dari pintu masuk ke tempat perlindungannya.

Jika ingin melihatnya, harus malam hari karena hewan ini aktif di malam hari. Mereka muncul setelah gelap untuk mencari mangsa. Penglihatan hewan ini tidak terlalu bagus, jadi mengandalkan penciuman untuk merasakan apa yang terjadi.

Macrotema caligans merupakan belut laut yang bisa dimakan. Inilah 5 Jenis hewan belut laut yang perlu anda ketahui. Simak artikel di bawah ini!

Echida Nebulosa

Ilustrasi Echida Nebulosa

Jenis yang satu ini memiliki warna kulit pucat yang ditutupi bintik-bintik gelap. Hewan ini memiliki lubang hidung dan moncong berwarna putih. Bintik-bintik hitam dan bintik-bintik di antara bercak menjadi tidak teratur seiring bertambahnya usia.

Gymnothorax Favagineus

Ilustrasi hewan Gymnothorax Favagineus

Gymnothorax Favagineus atau yang juga dikenal sebagai honeycomb moray tersebar luas di seluruh wilayah Indo-Pasifik Barat, dari pantai timur Afrika hingga Papua Nugini. Hewan ini memiliki tubuh yang panjang dan ramping.

Warna dasarnya putih hingga kekuningan dengan banyak bintik. Bintik tersebut bervariasi, tergantung pada individu dan lingkungan di mana hewan itu hidup. Untuk menemukannya, hewan ini biasanya berada di gua, padang lamun, tepian dan lereng luar terumbu karang.

Pada siang hari, mereka akan berlindung di celah-celah yang dalam. Belut laut jenis ini adalah hewan karnivora. Hewan ini adalah pemburu oportunistik dan makan di malam hari. Biasanya spesies jenis ini memakan ikan kecil, moluska, gurita, dan invertebrata.

Gymnothorax thyrsoideus

Ilustrasi Gymnothorax thyrsoideus

Gymnothorax thyrsoideus atau white-eyed moray eel memiliki ukuran sedang. Tubuhnya mirip ular, berbintik-bintik kecil dengan bintik-bintik gelap dan memiliki warna dominan krem dan kepala abu-abu.

Spesies ini menyukai perairan dangkal dan agak keruh di laguna, terumbu karang, dan area dengan puing-puing seperti bangkai kapal di kedalaman sekitar 35 meter.

Hewan ini merupakan karnivora dan berada di tempat persembunyian di siang hari. Mereka meninggalkan sarangnya dan aktif berburu mangsa yaitu ikan kecil dan krustasea di malam hari.

Gymnothorax Zebra

Ilustrasi Gymnothorax Zebra

Gymnothorax Zebra atau zebra moray eel adalah salah satu belut laut yang paling umum ditemui dan salah satu spesies yang paling cocok untuk dipelihara di akuarium.

Spesies ini jinak dan menghabiskan sebagian besar waktunya bersembunyi di gua. Tetapi jika kamu memberikan lingkungan yang sesuai, kamu akan melihatnya keluar. Hewan yang kulitnya mirip zebra ini bergerak relatif lambat.

Selain cocok di lingkungan akuarium, hewan ini beradaptasi dengan sangat baik dan mudah dirawat. Namun perlu diketahui bahwa hewan ini tumbuh besar dari waktu ke waktu yang artinya membutuhkan akuarium lebih besar.

Gymnothorax pictus

Ilustrasi Gymnothorax pictus

Gymnothorax pictus atau peppered moray eel memiliki kulit berwarna putih dengan bintik abu-abu-ungu. Di bawah matanya kita bisa menemukan tempat berbentuk bintang.

Spesies ini memakan ikan, krustasea, dan invertebrata bentik. Selain itu, keberadaannya sering ditemui di laguna dangkal, umumnya di daerah terumbu terlindung dan dataran terumbu.

Saat berburu mangsa di pantai ketika air pasang, hewan ini bisa keluar sepenuhnya dari air. Panjang maksimumnya adalah 47 inci.

Nah, Inilah pembahasan tentang 5 hewan belut di air laut yang perlu anda ketahui. Ternyata belut laut adalah kelompok Air Breathing Fishes yaitu ikan yang mengambil oksigen dari udara selama musim kering tanpa air di sekelilingnya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles