26.7 C
Jakarta
Monday, May 13, 2024

5 Sepatu Brand Lokal yang Sering Dikira Produk Luar Negeri,Apa Sajakah Sepatunya?

Memiliki sepatu yang mempunyai sebuah nilai di mata orang merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Selain itu, kualitas merupakan salah satu hal terpenting dalam sebuah sepatu.

Belakangan ini, industri dalam negeri semakin menggeliat dan unjuk gigi di Pasar Nasional. Beberapa di antaranya juga ada yang dikira brand asing, sebab kualitasnya yang setara brand Internasional

Inilah 5 Sepatu Lokal yang dikira Brand Import

  1. Ventela

    Sepatu Ventela ini sering diketahui sebagai brand Luar Negeri. Ventela  sepatu dengan siluet mirip sepatu Converse ini terus melejit. Bahkan Ventela menjadi merek sepatu yang paling dincar-incar di Indonesia sepanjang 2019 sampai dengan sekarang.

    Ada yang menarik, ternyata Ventela yang diproduksi oleh pabrik besar di Bandung yang sudah bertahan dari tahun 70-an. Di mana awalnya memproduksi merek lokal namanya Dallas, lalu Reborn dan sekarang menjadi Ventela.

    Kelebihan sepatu ini sendiri terdiri dari tiga hal : empuk, memiliki tekstur yang tebal, kuat, dan kaku. Ventela sendiri mulai diperkenalkan pada tahun 2017 oleh William Ventela, dimana ia awalnya adalah seorang pemilik pabrik sepatu vulkanisir sejak tahun 1989 di Bandung, Jawa Barat.

    Hal ini juga salah satu alasan hadirnya Ventela agar bisa dijangkau dan dimiliki oleh semua kalangan dengan kuantitas besar dan kualitas terbaik dengan jaminan harga yang terjangkau.

    Ciri khas sepatu ini adalah Insole yang empuk dan nyaman, jahitan yang rapih serta hasil secara keseluruhan bisa dibilang sangat rapih.

  2. Compass

    Compass bukan lagi pemain baru di dunia sepatu. Brand asal Bandung ini telah didirikan sejak tahun 1998 oleh anak bangsa, yakni Kahar Gunawan.

    Hingga kini, Compass telah berhasil menjadi brand sepatu lokal yang sukses menyaingi produk buatan Luar Negeri, bahkan menjadi incaran oleh banyak orang.Pada tahun 1998, merek Compass sempat alami masa berat.

    Terlebih itu selain bersaing dengan produk sepatu impor, Compass juga mengalami krisis ekonomi.Kebangkitan Compass diawali pada tahun 2017 ketika Aji Handoko sang creative director bergabung dan mengambangkan sisi kreatif dan strategi bisnis.

    Alhasil, banyak penggunanya yang ikut merasa bangga ketika menggunakan sepatu ini. Misalnya saja desain sepatu edisi kemerdekaan yang hadir dengan warna merah putih, cappuccino, dan biru langit yang Indonesia banget!

  3. Saint Brakley

    Meski terdengar seperti nama brand Luar Negeri, namun Saint Barkley merupakan merek sneaker asli Bandung. Merek lokal yang didirikan pada tahun 2012 ini mencoba mematahkan stigma bahwa brand luar selalu lebih bagus daripada merek lokal.

    Merek ini langsung melambung ketika Presiden Jokowi membeli sepasang sneaker ini di acara Jakarta Sneaker Day 2018.

    Ami Muhammad salah satu owner menjelaskan awal mulai Saint Barkley terbentuk, yaitu oleh dua orang anak muda, David Firmansyah dan Alvi Mamun, Ami mengatakan bahwa.Saint Barkley di tahun 2016 menjadi badan usaha PT (PT. Lima Arjuna Kaya Raya).

    Dengan berbekal jaringan pertemanan, Saint Barkley mulai dikenal di scene musik dan scene sk8board Bandung.Sampai akhirnya terus berkembang dan bisa menjadi brand sepatu lokal yang diperhitungkan.

    4.Wakai

    Wakai juga termasuk dalam produk lokal yang disangka keluaran luar negeri. Wakai yang namanya seperti produk Jepang, yang berarti  “muda”.

    Wakai hadir dengan mengusung tema Spirit of Japan, dengan inovasi yang menarik dan berhasil menjadi trend dan dapat diterima di pasaran pertama kali pada tahun 2012.Produk sepatu ini mempunyai konsep Simple Classic Sport Shoes, untuk mendukung konsep  ini Wakai merilis produknya baru yaitu Wakai Shou.

    Di mana produk baru ini menggambarkan design yang classic dengan sentuhan teknologi yang lebih modern pada bagian insole dan outsole nya. Dengan itu sudah pasti akan memberikan rasa percaya diri dan kenyamanan saat menggunakannya

    5.Kodachi

    Sepatu produksi dalam negeri yang satu ini memang nyaman banget dipakai untuk olahraga seperti volley, futsal, lari dan badminton.

    Selain itu, sepatu Kodachi ini juga oke banget buat melengkapi gaya casualmu ketika kumpul atau hangout bersama teman-teman. Tapi tahukah kamu bahwa sepatu Kodachi yang kini terkenal sebagai salah satu brand sepatu lokal ternama di Indonesia ternyata berasal dari Jepang?Sepatu merek Kodachi pertama kali diproduksi oleh Jepang di tahun 1980-an. Sayangnya ketenaran sepatu Kodachi mulai menurun pada tahun 90-an oleh brand-brand sepatu terkenal dari Eropa dan Amerika.

    Akibatnya, pemasaran Kodachi tak berjalan lancar dan akhirnya diambil alih oleh Indonesia di tahun 2000-an. Mulai saat itu hingga kini, Indonesia telah mengambil alih dari proses produksi hingga pemasaran dari brand Kodachi. Dengan mengandalkan desain klasik serta fleksibilitas tinggi, sepatu Kodachi juga menjadi pilihan banyak kaum Adam.

    Nah, itu dia 5 sepatu brand lokal yang sering dikira produk luar negeri. Dari sini terbukti bahwa brand dalam negeri bertahap bisa menyaingi kualitas produk luar.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles