25.8 C
Jakarta
Friday, July 12, 2024

5 Jenis Teh Herbal yang Dapat Meredakan Perut Kembung

Pernah mengalami perut kembung? Tentu masalah pencernaan yang satu ini membuat siapa pun tidak nyaman. Ada banyak cara untuk meredakannya, salah satunya dengan minum teh herbal. Metode ini sudah digunakan sejak dulu untuk mengatasi perut kembung.

Banyak faktor yang dapat memicu kembung, termasuk bakteri usus yang tidak seimbang, intoleransi makanan, penumpukan gas di usus, sembelit, mag, hingga infeksi parasit. Telah teruji dan terbukti sebagai pengobatan tradisional, berikut 5 daftar teh herbal yang mampu meredakan perut kembung. Silahkan pilih dan sediakan di rumah, ya!

Apsintus

Ilustrasi Apsintus

Tanaman apsintus (Artemisia absinthium) merupakan ramuan hijau berdaun yang rasanya pahit. Apsintus kadang digunakan sebagai suplemen untuk membantu mendukung pencernaan karena rasa pahitnya ini.

Ramuan dari tanaman ini juga dapat meningkatkan pelepasan cairan pencernaan sehingga dapat membantu mengurangi kembung serta mengoptimalkan pencernaan. Penelitian telah dilakukan pada hewan dan menemukan bahwa apsintus juga dapat membunuh parasit, yang dapat menjadi penyebab kembung.

Namun, apsintus tidak boleh digunakan selama kehamilan karena beberapa uji coba hewan menunjukkan bahwa tanaman ini bisa berhahaya apalagi jika digunakan dalam dosis tinggi.

Akar Angelica

Ilustrasi Akar Angelica

Teh yang dibuat dari akar tanaman Angelica archangelica ini masih merupakan anggota keluarga seledri. Ekstrak akar dari tanaman ini digunakan dalam produk obat tertentu dan produk pencernaan lainnya. Ramuan ini memiliki rasa pahit, rasanya bisa lebih enak bila direndam dengan teh lemon balm.

Uji coba lampau terhadap hewan mencatat bahwa akar angelica berkhasiat membantu meredakan sembelit yang dapat menyebabkan kembung. Beberapa sumber mengklaim bahwa akar angelica tidak boleh digunakan selama kehamilan dan menyusui, karena tidak ada cukup informasi tentang keamanannya.

Chamomile

Ilustrasi Chamomile

Chamomile masih merupakan anggota keluarga daisy dengan bunga putih kecil. Tanaman ini merupakan salah satu herbal yang banyak digunakan dalam produk kesehatan, dan terbukti mampu mengurangi sakit perut serta mag.

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa chamomile dapat mencegah infeksi bakteri Helicobacter pylori, yang merupakan penyebab infeksi yang berhubungan dengan perut kembung. Namun, masih butuh penelitian lebih dalam lagi tentang manfaat tanaman ini bagi pencernaan.

Jahe

Ilustrasi Jahe

Telah digunakan sejak zaman dahulu kala, teh jahe banyak digunakan untuk penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi 1–1,5 g kapsul jahe setiap hari dalam dosis terbagi dapat meredakan mual.

Selain itu, suplemen yang mengandung jahe dan artichoke telah terbukti meningkatkan pergerakan makanan melalui saluran usus dan mengurangi ketidaknyamanan pada sistem pencernaan.

Peppermint

Ilustrasi Peppermint

Dalam pengobatan tradisional, peppermint dikenal sebagai herbal yang membantu mengatasi masalah pencernaan. Studi menunjukkan bahwa peppermint mampu melemaskan usus sehingga meredakan kejang usus serta kembung dan nyeri. Minyak peppermint juga telah terbukti efektif dalam mengurangi sakit perut dan kembung.

Nah, itulah penjelasan mengenai beberapa jenih teh herbal yang dapat meredakan perut kembung. Apabila mengalami efek samping setelah mencoba herbal tertentu, hentikan konsumsinya dan konsultasikan ke dokter. Temui dokter apabila kondisi kembung tak kunjung membaik atau malah makin parah.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
27,000SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles