28.4 C
Jakarta
Wednesday, May 22, 2024

5 Atlet Olahraga Indonesia yang Mencetak Rekor di SEA Games 2023

Indonesia tidak hanya menguasai sejumlah cabang olahraga di SEA Games 2023. Disaat meraih medali emas, ada beberapa atlet yang mampu mencetak rekor baru di turnamen multievent dua tahunan tersebut.

Tetapi, ada beberapa pemain juga yang mempertahankan supremasi hingga akhirnya menghasilkan rekor yang impresif. Berikut dibawah ini merupakan daftar 5 pejuang olahraga Indonesia yang mencetak rekor:

Eko Yuli Irawan

Ilustrasi Eko Yuli Irawan

Eko Yuli Irawan lifter senior Indonesia pulang dengan membawa medali emas SEA Games 2023 Kamboja. Tidak hanya menjadi yang terbaik tetapi Eko Yuli juga sukses untuk mencetak rekor baru.

Eko Yuli Irawan berhasil memecahkan rekor pribadinya di SEA Games 2019. Waktu itu, Eko mempunyai catatan clean and jerk sebesar 169 kilogram. Disaat SEA games 2023, angkatan clean and jerk Eko Yuli mencapai 170 kilogram dan menjadi rekor baru.

Tim Voli Indonesia

Ilustrasi Tim Voli Indonesia

Squad voli putra Indonesia berhasil mencetak rekor yang tak terkalahkan di SEA Games 2023. Tim voli Indonesia dapat meraih dua medali emas dari cabang olahraga ini yakni dari nomor voli pantai putra dan voli indoor putra. Squad voli pantai putra Indonesia berhak mendapatkan medali emas setelah berhasil menumbangkan Thailand.

Sementara tim voli indoor putra berhasil meraih emas usai mengalahkan tuan rumah, Kamboja. Untuk squad voli indoor juga memiliki rekor hattrick juara yang ditorehkan di SEA Games 2023. Tim voli Indonesia sudah menyabet emas di tiga edisi SEA Games secara berturut-turut.

Rizki Juniansyah

Ilustrasi Rizki Juniansyah

Rizki Junainsyah lifter Indonesia berhasil mencetak bukan hanya satu, tetapi sampai tiga rekor di SEA Games 2023. Rizki sangat dominan di nomor 73 kilogram putra. Rizki berhasil mengangkat 156 kilogram di snatch dan memecahkan rekor kompatriotnya yaitu Rahmat Erwin Abdullah yang dibukukan pada SEA Games tahun 2021.

Rizki juga berhasil mengangkat 191 kilogram pada clean and jerk dan memecahkan rekor 190 kilogram angkatan Rahmat. Secara total, Rizki melakukan angkatan 347 kilogram, melewati angkatan Rahmat sebesar 345 kilogram.

Rahmat Erwin Abdullah

Ilustrasi Rahmat Erwin Abdullah

Disaat rekornya berada di kelas 73 kilogram digeser, Rahmat malah menciptakan catatan lain pada visi yang lebih berat lagi. Bertanding di kelas 81 kilogram, Rahmat mampu mencetak rekor baru, tidak hanya satu tetapi sekaligus tiga.

Secara total Rahmat mengangkat beban sebesar 359 kilogram demi meraih emas di Kamboja. Lebih detailnya, 158 kilogram snatch dan 201 kilogram clean and jerk. Rahmat mengangkat snatch melampaui catatan Rizki (157 kilogram) pada SEA Games 2021.

Felix Viktor Iberle

Ilustrasi Felix Viktor Iberle

Felix Viktor Iberle perenang muda Indonesia tampil impresif dan berhasil membawa pulang medali emas dari SEA Games 2023. Atlet yang berusia 17 tahun ini juga berhasil mencetak rekor dengan catatan waktu 27,56 detik di kualifikasi.

Catatan tersebut melampaui torehan wakil Singapura Chen Yin Lionel Kho pada SEA Games 2019 Filipina yaitu 28,15 detik. Finish Felix menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 27,70 detik di putaran final.

Nah, itulah penjelasan mengenai 5 pejuang olahraga Indonesia yang mencetak rekor di SEA Games 2023, Kamboja. Para pemain juga mempertahankan supremasi hingga akhirnya menghasilkan rekor yang impresif

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles