27.6 C
Jakarta
Monday, May 20, 2024

Inilah Manfaat Bunga Matahari Untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan yang ada didalam bunga matahari atau (Helianthus annuus) yaitu karbohidrat, protein, lemak dan serat. Bunga yang berwarna kuning ini juga dilengkapi oleh beraneka ragam jenis vitamin dan mineral.

Kandungan vitamin yang ada didalam bunga matahari meliputi vitamin E, B1, B3 dan vitamin B6. Sedangkan kandungan mineralnya yaitu asam folat, magnesium, seng (zinc), tembaga, fosfor serta zat besi.

Kandungan vitamin dan mineral yang disebutkan diatas baik untuk menjaga kesehatan mata. Tidak hanya itu, manfaat lainnya dari bunga matahari yaitu untuk mengontrol kadar diabetes hingga menurunkan risiko sakit jantung. Berikut dibawah ini merupakan manfaat dari bunga matahari untuk kesehatan:

Menurunkan Risiko Sakit Jantung

Ilustrasi Nyeri pada Dada

Jika ingin menurunkan risiko sakit jantung, kandungan yang ada pada bunga matahari dapat bekerja dengan memblokir enzim yang akan menyebabkan penyempitan dipembuluh darah. Karena hal itu pembuluh darah bekerja menjadi lebih rileks, sehingga aliran darah dapat berjalan lebih lancar.

Hal tersebut akan menghasilkan tekanan darah tinggi yang menjadi penyebab sakit jantung perlahan akan semakin menurun. Proses dibantu oleh asupan magnesium dan asam lemak tak jenuh.

Dapat Mengontrol Kadar Diabetes

Ilustrasi Diabetes

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Department of Human Nutrition, University of Otago yang menyebutkan bahwa mengonsumsi 1 ons (30 gram) bunga matahari sangat efektif untuk menurunkan kadar gula darah sebanyak 10 persen. Efeknya dapat dirasakan jika dikonsumsi setiap hari dalam waktu enam bulan.

Kandungan protein dan lemak yang terdapat dalam bunga matahari bisa memperlambat proses pengosongan lambung. Kandungan ini akan membantu untuk mengurangi efek peningkatan gula darah dari asupan karbohidrat. Oleh sebab itu, masalah diabetes akan menjadi lebih terkontrol.

Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Ilustrasi Periksa Mata

Berkat kandungan vitamin E yang ada didalam bunga matahari ini dapat meningkatkan kesehatan mata. Vitamin bekerja dengan cara mengurangi radikal bebas yang akan masuk ke dalam mata. Radikal bebas ini merupakan ancaman yang dapat merusak makula dan bagian mata lainnya.

Meningkatkan Kesehatan Otot

Ilustrasi Sakit Pinggang

Bunga matahari mengandung protein yang merupakan nutrisi penting berguna untuk mendukung fungsi dan pengaturan jaringan tubuh. Protein tersebut juga digunakan tubuh untuk membentuk massa otot. Sebanyak 90 persen kandungan protein yang berasal dari makanan akan diserap untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot yang rusak.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ilustrasi Suntik Imun

Dengan memiliki kekebalan tubuh yang baik, kesehatan tubuh secara keseluruhan akan terjaga dengan maksimal. Manfaat ini ada di bunga matahari berkat kandungan vitamin E, seng dan selenium yang ada di dalamnya.

Adanya kekebalan tubuh ini berperan untuk melawan patogen penyebab penyakit seperti kuman, bakteri, virus, parasit atau jamur. Patogen tersebut kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui proses metabolisme.

Nah, itulah penjelasan mengenai manfaat dari bunga matahari untuk kesehatan tubuh. Kandungan vitamin yang ada didalam bunga matahari yaitu meliputi vitamin E, B1, B3 dan vitamin B6.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles