28.1 C
Jakarta
Wednesday, February 21, 2024

ASEAN Akan Mengirim Bantuan untuk Korban Topan Mocha di Myanmar

Sebagai ketua ASEAN 2023, Indonesia bergerak cepat untuk membantu masyarakat Myanmar yang terkena Topan Mocha. Kurang lebih, ada 145 orang tewas akibat terkena Topan Mocha.

Perwakilan dari Indonesia, Brunei Darussalam, Filipina, Singapura, Thailand, AHA Centre (badan kemanusiaan ASEAN) serta Sekretariat ASEAN sudah sampai di Myanmar untuk membantu upaya tanggap darurat, termasuk untuk mengumpulkan informasi di lapangan dan memfasilitasi kebutuhan yang mendesak.

Semua Bantuan Sudah Siap di Malaysia dan Thailand

Dilansir dari keterangan Kementerian Luar Negeri RI, pada Sabtu (20/5/2023) semua bantuan saat ini sudah siap dan berada di gudang Disaster Emergency Logistics System for ASEAN (DELSA) di Subang, Malaysia dan Chainat Thailand.

“Semua penyediaan alat bantuan dengan menggunakan pesawat militer anggota ASEAN telah dilakukan melalui ASEAN Militaries Ready Group on Humanitarian Assistance and Disaster Relief,” itulah keterangan yang ditulis oleh Kementerian Luar Negeri RI.

Bantuan Pertama akan Dilaksanakan Besok

Bantuan darurat tahap pertama yang sesuai dengan rencana akan dilakukan pada tanggal 21 Mei 2023 dengan menggunakan pesawat komersial. Lalu, bantuan selanjutnya akan dikirim pada tanggal 22 dan 23 Mei 2023 dengan menggunakan pesawat militer dari Indonesia, Singapura, dan Thailand.

Dengan melalui pernyataan bersama dengan para Menteri Luar Negeri ASEAN, negara anggota ASEAN telah menyampaikan kesiapan ASEAN untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada Myanmar melalui pendekatan “One ASEAN One Response”.

Topan Mocha Memakan Korban Sampai 145 Jiwa

Kebanyakan dari korban Topan Mocha tersebut merupakan minoritas Rohingya yang tinggal di negara bagian Rakhine. Sampai hari ini, ada 145 orang yang telah dilaporkan tewas.

Sementara itu, ada sekitar 800 ribu orang juga yang terkena dampak Topan Mocha yang memiliki kecepatan angin sampai 209 km/jam. Badai Topan Mocha sudah menghantam negara Myanmar bagian Rakhine, Myanmar barat, wilayah Sagaing dan Magway.

Nah, itulah penjelasan mengenai ASEAN yang akan mengirim bantuan untuk korban Topan Mocha di Myanmar. Sebagai ketua ASEAN 2023, Indonesia bergerak cepat untuk membantu masyarakat Myanmar yang terkena Topan Mocha

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles