28.1 C
Jakarta
Wednesday, February 21, 2024

Inilah 5 Minuman yang Dapat Menyebabkan Dehidrasi

Komposisi tubuh sebagian besar terdiri dari air. Oleh sebab itu, terhidrasi dengan baik adalah aspek penting dari gaya hidup sehat. Ketika kadar cairan tubuh terlalu rendah, kamu dapat mengalami dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi yang berpotensi serius karena dapat merusak kemampuan tubuh untuk berfungsi dengan baik dan menimbulkan berbagai efek buruk bagi tubuh.

Banyak orang yang beranggapan jika minuman apapun dapat menghidrasi tubuh. Namun, sebenarnya, ada beberapa minuman yang justru malah dapat membuatmu mengalami dehidrasi, terlebih jika kamu meminumnya dengan jumlah yang banyak.

Salah satu alasannya adalah karena minuman ini bertindak sebagai diuretik. Diuretik adalah minuman yang menyebabkan tubuh mengeluarkan lebih banyak air dari sistem.

Berikut dibawah ini adalah 5 minuman yang dapat menyebabkan dehidrasi:

Soda

Ilustrasi Soda

Dilansir dari Taste of Home, minuman bersoda biasanya mengandung kafein, gula, dan natrium, yang bukan hanya dapat menyebabkan dehidrasi, tetapi juga buruk untuk tulang dan gigi. Selain itu, minum soda saat kamu sedang haus mungkin tidak banyak membantu.

Jika kamu menginginkan minuman berkarbonasi, kamu dapat memilih sparkling water alih-alih soda. Minuman itu memungkinkanmu untuk menikmati sensasi minuman berkarbonasi tetapi tetap mendapatkan cairan yang dibutuhkan tubuh.

Bir

Ilustrasi Bir

Bir adalah minuman beralkohol yang kandungan alkoholnya lebih rendah daripada minuman beralkohol lainnya. Kandungan alkohol dalam bir sangat bervariasi, tetapi umumnya berkisar antara 2–8 persen alkohol.

Menurut studi yang dimuat dalam jurnal Nutrients tahun 2017, tubuh sebenarnya dapat menoleransi asupan bir dalam jumlah moderat tanpa mengalami dehidrasi. Walaupun demikian, bir tetap mengandung alkohol yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak dikhawatirkan dapat menyebabkan dehidrasi.

Teh

Ilustrasi Teh

Dibandingkan dengan kopi, sebenarnya kandungan kafein yang ada di dalam teh cenderung lebih sedikit. Namun, menurut laman Medical News Today, peningkatan konsumsi teh masih dapat berkontribusi pada jumlah total kafein yang masuk ke tubuh dan dapat menyebabkan dehidrasi.

Selain itu, banyak juga teh yang mengandung gula dalam jumlah yang tinggi, entah itu dari kental manis, gula, atau sirup. Hal tersebut menjadikan teh yang diberi pemanis bukan pilihan yang baik untuk menghidrasi dan memuaskan dahaga.

Kopi

Ilustrasi Kopi

Kopi pada umumnya memiliki sekitar 95–165 mg kafein per cangkir. Menurut studi dalam jurnal Frontiers in Nutrition tahun 2017, kafein yang ada di dalam kopi memiliki efek diuretik atau menarik air dari tubuh, yang selanjutnya dapat memicu dehidrasi.

Minum 2–3 cangkir kopi sehari masih aman dan mungkin tidak akan memicu dehidrasi. Namun, asupan kopi yang lebih banyak dari itu akan dapat menyebabkan efek diuretik yang meningkatkan risiko dehidrasi.

Minuman Manis

Ilustrasi Smoothie Blueberry

Minuman dengan kandungan gula yang tinggi seperti jus buah, smoothie, sirup, dan minuman manis yang lainnya bisa menghambat kemampuan tubuh dalam menyerap air. Terlebih jika dikonsumsi setelah berolahraga, minuman manis ini tidak memiliki cukup natrium untuk menggantikan natrium yang hilang bersama dengan keringat. Menurut laman Insider, kandungan gula dalam minuman manis dapat diencerkan dengan air. Hal tersebut akan membuat minuman ini tidak terlalu manis dan lebih menghidrasi.

Nah, itulah penjelasan mengenai 5 minuman yang dapat menyebabkan dehidrasi. Banyak orang yang beranggapan jika minuman apapun dapat menghidrasi tubuh. Namun, sebenarnya ada beberapa minuman yang justru malah dapat membuatmu mengalami dehidrasi, terlebih jika kamu meminumnya dengan jumlah yang banyak.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles