29.9 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

Jepang Menyumbangkan 100 Kendaraan Militer Untuk Ukraina

Jepang mengonfirmasi akan mengirimkan 100 kendaraan militer untuk Ukraina. Janji ini sebelumnya sudah dikatakan oleh Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida kepada Volodymyr Zelenskyy Presiden Ukraina ketika bertemu di sela KTT G7, Hiroshima, pada pekan lalu.

Dilansir dari Channel News Asia, pada Kamis (25/5/2023) Toshiro Ino selaku Wakil Menteri Pertahanan Jepang telah memberikan dokumen pengiriman kendaraan militer tersebut kepada Duta Besar Ukraina untuk Jepang, Sergiy Korsunsky.

“Kami berharap invasi berakhir secepat mungkin dan dapat kembali ke kehidupan yang damai. Kami akan memberikan dukungan sebanyak yang kami bisa,” ucap Toshiro Ino.

Jepang Mengirim Bahan Makanan Untuk Ukraina

Selain kendaraan militer, Jepang juga mengirimkan 30 ribu bahan makanan untuk Ukraina. Namun, belum diketahui pasti kapan bantuan tersebut akan dikirim oleh Jepang. Jepang juga menawarkan bantuan untuk merawat para tentara Ukraina yang terluka di rumah sakit militer Jepang.

Jumlah Bantuan Jepang Untuk Ukraina

Sementara itu, jumlah total bantuan dari Jepang untuk Ukraina berjumlah 7 miliar dolar Amerika atau setara dengan Rp104 triliun. Jepang juga memutuskan untuk menerima para pengungsi Ukraina dan berniat membantu di bidang pekerjaan dan pendidikan.

Ukraina Mendapat Dukungan dari Negara G7

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy juga mendapatkan dukungan dari negara-negara G7 ketika kunjungannya ke Hiroshima, Jepang. Presiden Ukraina mendapat undangan untuk menghadiri G7 dan menyanggupinya untuk hadir secara fisik.

Presiden Ukraina mengeklaim jika ada sejumlah kemenangan di beberapa medan pertempuran saat berbicara di depan para pemimpin G7.

“Foto-foto di Hiroshima mengingatkan saya pada Bakhmut,” ujar Presiden Ukraina, ketika mengunjungi Hiroshima, kota yang dijatuhi bom atom oleh pasukan Amerika Serikat pada Perang Dunia II 1945.

Bakhmut menjadi pusat pertempuran antara pasukan Ukraina dan Rusia. Pasukan Rusia bahkan mengklaim telah berhasil merebut Bakhmut, tetapi hal ini dibantah oleh Zelenskyy.

Nah, itulah penjelasan mengenai Jepang yang menyumbangkan 100 kendaraan militer untuk Ukraina. Janji ini sebelumnya sudah dikatakan oleh Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida kepada Volodymyr Zelenskyy Presiden Ukraina

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles