27.8 C
Jakarta
Friday, March 29, 2024

5 Menu Sarapan yang Cocok Untuk Penderita Asam Lambung

Memilih menu sarapan yang tepat adalah sesuatu yang menantang untuk orang yang mengalami masalah asam lambung. Masalahnya, jika salah ketika memilih menu sarapan dapat menyebabkan asam lambung naik, sehingga menyebabkan kesulitan disaat menjalani hari.

Jika sering mengalami rasa perih di dada dan gejala asam lambung lainnya setelah sarapan, kamu perlu mempertimbangkan kembali hidangan yang dapat kamu makan ketika sarapan.

Lalu, apa yang dapat kamu makan ketika sarapan agar tidak menimbulkan refluks asam? Berikut dibawah ini merupakan penjelasan mengenai 5 menu sarapan yang cocok untuk penderita asam lambung:

Telur Rebus

Ilustrasi Telur Rebus

Dilansir Verywell Health, belum jelas apakah telur dapat memicu gejala asam lambung atau tidak. Hal itu mungkin tergantung pada individu itu sendiri. Namun, ketika kamu ingin mencoba telur sebagai menu sarapan, sebaiknya hindari telur yang digoreng dengan mentega atau minyak. Karena olahan telur terbaik untuk orang dengan asam lambung adalah telur yang direbus hingga matang.

Jika kamu memperhatikan adanya refluks asam lambung setelah mengonsumsi telur, hal itu mungkin disebabkan karena kuning telur. Jadi, lebih baik sisihkan kuning telurnya dan makan putih telurnya saja. Putih telur yang direbus tidak menimbulkan peningkatan asam lambung.

Buah yang Rendah Asam

Ilustrasi Buah Apel

Buah-buahan dan jus merupakan pilihan sarapan yang praktis dan sehat. Namun, ketika memiliki masalah asam lambung, kamu perlu memilih buah dengan kandungan asam yang rendah. Menurut International Foundation for Gastrointestinal Disorders, beberapa buah yang tinggi asam dan perlu dihindari oleh orang dengan masalah asam lambung adalah nanas, kiwi, dan segala jenis jeruk.

Buah-buahan ini dapat menyebabkan rasa terbakar di dada dan mengaktifkan enzim pencernaan pepsin, yang dapat merusak lapisan kerongkongan. Sebagai gantinya, makanlah buah-buahan yang rendah asam seperti apel, pisang, semangka, blewah, dan pir. Kelima buah tersebut dinilai aman untuk kamu penderita asam lambung.

Oatmeal

Ilustrasi Oatmeal

Dilansir Johns Hopkins Medicine, makan makanan yang berserat dapat membantu kamu merasa kenyang dan berpotensi makan lebih sedikit. Hal tersebut dapat membantu mencegah refluks asam karena makan berlebihan dapat memicu refluks.

Oatmeal adalah makanan tinggi serat yang mudah disajikan, sehingga sangat cocok untuk dijadikan menu sarapan. Kandungan serat dalam oatmeal membantu pergerakan sistem pencernaan yang merupakan hal yang baik. Sebaliknya, diet rendah serat memicu pencernaan yang lebih lambat, yang buruk bagi orang-orang dengan refluks asam.

Kentang

Ilustrasi Kentang Rebus

Kentang dan ubi jalar adalah sumber karbohidrat kompleks, sehingga dapat menjadi pilihan untuk menu sarapan yang ramah untuk lambung seperti yang dilansir dari Livestrong. Namun, perhatikan bagaimana makanan tersebut diproses karena proses yang salah dapat membuat kentang menjadi tidak ramah untuk lambung.

Contohnya, kentang goreng dapat memicu refluks asam karena dimasak dengan banyak lemak. Kentang yang dimasak dengan bawang merah dan bawang putih juga dapat menyebabkan refluks asam lambung untuk sebagian penderita asam lambung.

Salad Sayur

Ilustrasi Salad Sayur

Salad berisi berbagai macam sayuran juga makanan yang aman untuk penderita asam lambung. Pilih sayuran yang kaya air seperti seledri, mentimun, dan selada. Sebab, makanan yang tinggi kandungan airnya dapat dipercaya untuk mengencerkan asam lambung seperti dilansir Johns Hopkins Medicine.

Pertimbangkan untuk menambahkan telur rebus sebagai sumber protein. Selain itu, pastikan kamu menghindari sayuran yang tinggi asam seperti tomat karena dapat memicu asam lambung.

Nah, itulah penjelasan mengenai 5 menu sarapan yang cocok untuk penderita asam lambung. Semua makanan di atas sangat cocok untuk dimakan sebagai menu sarapan atau ketika perut masih dalam keadaan kosong karena tidak akan memicu kenaikan asam lambung.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles