25.6 C
Jakarta
Friday, April 12, 2024

Inilah 5 Sayuran yang Dapat Mencegah Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi terjadi ketika kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah terlalu banyak. Kadar kolesterol normalnya kurang dari 200 mg/dL. Jika kadarnya terlalu tinggi, maka akan menyebabkan penumpukan plak yang dapat menghambat aliran darah.

Aliran darah yang terhambat dapat menimbulkan komplikasi penyakit lain seperti sakit dada, serangan jantung, dan stroke. Untuk mencegah kolesterol tinggi, Anda bisa mengonsumsi sejumlah sayuran. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut dibawah ini 5 sayuran yang dapat mencegah terjadinya kolesterol tinggi:

Bayam

Ilustrasi Bayam

Dilansir dari EatThis bayam kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bayam mengandung serat tinggi yang mampu untuk mengurangi kolesterol di peredaran darah. Hal itu karena serat dapat mengikat kolesterol untuk dikeluarkan dari tubuh dan tidak terserap ke dalam aliran darah.

Asparagus

Ilustrasi Asparagus

Asparagus mampu membantu seseorang untuk mencegah terjadinya peningkatan kadar kolesterol. Sebab, sayuran ini mengandung serat, potasium, dan asam folat untuk mengontrol kadar kolesterol dan menurunkan homosistein. Homosistein merupakan asam amino yang dapat menurunkan kolesterol baik di tubuh.

Brokoli

Ilustrasi Brokoli

Brokoli diketahui dapat meredakan kolesterol karena mengandung serat yang tinggi. Selain itu, brokoli juga mengandung senyawa beta-karoten yang mampu untuk mencegah oksidasi kolesterol jahat.

Kubis

Ilustrasi Kubis

Dikutip dari HealthShots kubis mengandung nutrisi yang bernama lutein. Selain itu, kubis juga mengandung serat, folat, kalium, dan kalsium. Lutein dapat menurunkan kadar kolesterol darah dengan mencegah terjadinya penumpukan di dalam tubuh.

Nah, itulah penjelasan mengenai 5 sayuran yang dapat mencegah kolestrol tinggi. Kolesterol tinggi terjadi ketika kadar kolesterol jahat dalam darah terlalu banyak. Jika kadarnya terlalu tinggi, maka akan menyebabkan penumpukan plak yang dapat menghambat aliran darah.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles