29.7 C
Jakarta
Sunday, September 24, 2023
- Advertisement -

Inilah 5 Hidangan Makanan Khas Kerajaan Inggris

Apa yang terlintas di benak kalian jika berbicara mengenai kerajaan Inggris? Mungkin sebagian dari kalian ada yang teringat negara monarki yang kaya akan sejarah dan tradisi. Namun, tidak hanya dalam politik dan kebudayaan saja, kerajaan Inggris juga memiliki warisan yang berharga dalam hal kuliner.

Sebagai negara yang memiliki sejarah panjang, kerajaan Inggris telah menghasilkan berbagai hidangan yang khas. Beberapa ada yang menjadi warisan untuk dijunjung tinggi sampai hari ini.

Hidangan-hidangan tersebut bukan hanya mencerminkan kekayaan kuliner, tetapi juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari budaya dan identitas negara. Berikut dibawah 5 hidangan makanan khas kerajaan Inggris dan memiliki peranan penting sebagai warisan dari generasi ke generasi.

Beef Wellington

Ilustrasi Beef Wellington

Hidangan ini terdiri dari potongan daging sapi filet yang dilapisi dengan daging cincang, jamur, bawang, dan herba. Kemudian, daging dibungkus dengan adonan puff pastry, lalu dipanggang hingga renyah dan daging matang yang sempurna di dalamnya.

Beef wellington biasanya disajikan sebagai hidangan utama dalam acara makan malam yang istimewa. Cara menghidangkannya pun biasanya disajikan dengan saus demi glace atau saus bernaise, serta dilengkapi dengan sayuran panggang atau kentang tumbuk sebagai pelengkapnya.

Perpaduan antara kelembutan daging sapi, kelezatan jamur dan kelembutan adonan puff pastry yang renyah yang dapat dirasakan sejak suapan pertama. Tak heran, jika hidangan ini dianggap sebagai hidangan mewah dan istimewa yang sering disajikan pada puncak acara makan malam formal.

Shepherd’s Pie

Ilustrasi Shepherd’s Pie

Shepherd’s pie atau biasa dikenal sebagai cottage pie adalah hidangan tradisional khas Inggris. Hidangan ini terdiri dari lapisan daging giling yang diisi dengan sayuran yang dibalut oleh lapisan kentang tumbuk panggang di atasnya.

Baca Juga :  Kreasi Makanan dari Kulit Pangsit yang Serba Kukus

Shepherd’s pie sering disajikan sebagai hidangan utama dan cocok untuk dinikmati saat cuaca dingin. Hidangan ini memberikan kombinasi yang lezat antara daging yang gurih, sayuran segar, serta kentang tumbuk lembut dan kaya rasa.

Shepherd’s pie dapat disesuaikan dengan preferensi pembuatnya. Beberapa versi ada yang menggunakan daging domba, sementara yang lain menggunakan daging sapi. Beberapa juga menambahkan keju parut di atas lapisan kentang. Bahkan, menggunakan kentang manis sebagai pengganti kentang biasa.

Coronation Chicken

Ilustrasi Coronation Chicken

Coronation chicken terdiri dari daging ayam yang dimasak dan dicampur dengan saus krim berbumbu kari. Hidangan ini pertama kali dibuat untuk merayakan penobatan Ratu Elizabeth II pada tahun 1953. Sejak saat itu, hidangan ini menjadi hidangan yang populer di Inggris.

Potongan ayam yang dicampur dengan saus krim berbumbu kari, membuat daging ayam terbalut dengan rasa yang kaya dan lezat. Coronation chicken biasanya disajikan saat dingin sebagai isian sandwichtopping salad, atau sebagai bagian dari sajian prasmanan.

Hidangan ini memiliki kombinasi rasa yang unik. Kelezatan daging ayam yang lembut dan rasa kari yang memberikan sentuhan eksotis. Coronation chicken cocok sebagai santapan untuk pesta, piknik, atau sebagai hidangan ringan namun menyegarkan.

Battenberg Cake

Ilustrasi Battenberg Cake

Battenberg cake merupakan kue tradisional khas Inggris. Penampilannya yang unik dengan motif kotak-kotak berwarna membuat kue ini semakin populer. Kue ini terdiri dari dua lapisan sponge yang disusun secara bergantian. Biasanya dengan warna-warna yang berbeda seperti merah dan kuning atau merah muda dan putih. Lapisan kue tersebut berada di tengah-tengah marzipan yang mengelilinginya.

Battenberg cake biasanya disajikan dalam bentuk potongan-potongan persegi panjang yang terlihat menarik dengan warna-warna yang kontras. Rasanya yang lembut dan manis dengan sentuhan almon dari marzipan membuatnya menjadi pilihan yang sempurna. Apalagi sebagai teman menikmati secangkir teh atau hidangan penutup yang istimewa.

Baca Juga :  Inilah 4 Hidangan dari Prancis yang Menggunakan Susu

Kue ini menjadi warisan kue Inggris dan sering ditemukan dalam acara-acara seperti teh sore, perayaan ulang tahun, atau pesta spesial. Battenberg cake memiliki penampakan visual yang indah dan menggoda secara rasa. Battenberg cake juga menjadi ikon dari kue tradisional khas Inggris yang layak untuk dicoba.

Scotch Eggs

Ilustrasi Scotch Eggs

Scotch egg juga merupakan hidangan tradisional khas Inggris. Hidangan ini terdiri dari telur rebus yang dibungkus dengan daging cincang. Lalu, tepung roti akan membalut daging isi telur sebelum digoreng hingga menjadi renyah dan kecokelatan.

Scotch egg biasanya disajikan dingin dan dapat dinikmati sebagai makanan ringan atau makanan pendamping. Hidangan ini sering dijumpai ketika piknik atau pesta. Selain itu, hidangan ini juga mudah dijumpai di toko roti dan kedai makanan siap saji.

Rasa scotch egg sendiri merupakan kombinasi antara kelembutan telur rebus ditambah daging yang gurih, dan tekstur renyah dari lapisan tepung roti. Sebagai tambahan seperti saus cokelat atau saus tomat akan semakin menyempurnakan hidangan ini serta memberikan sentuhan rasa yang lebih nikmat.

Nah, itulah penjelasan mengenai 5 hidangan makanan khas kerajaan Inggris. Jika berkesempatan untuk mencicipi hidangan-hidangan diatas tak hanya akan memuaskan lidahmu. Namun, juga akan membawamu ke dalam perjalanan melintasi ruang dan waktu.

- Advertisement -

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
25,000SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

X
X